Kamis, 14 April 2011

Nirwan Bakrie Sumbang AREMA Rp 2,5 Miliar


Nirwan Bakrie Sumbang AREMA Rp 2,5 Miliar
Rabu, 13 April 2011 14:48

SURABAYA – Kucuran sponsor senilai sekitar Rp 2,5 miliar untuk Arema Indonesia, hampir dipastikan tidak ada kaitannya dengan Bakrie Grup. Sebaliknya, sponsor yang disalurkan lewat Surabaya Post (SP) merupakan bantuan keluarga atau pribadi Nirwan Bakrie.

Hal di atas diungkapkan Yudi Rizard, Chief Corporate Affairs Officer PT Bakrieland Development Tbk ketika dihubungi Malang Post, Rabu sore. ‘’Tetapi, bagaimana dan apa saja yang dilakukan lebih dalam soal bantuan atau sponsor itu, terus terang saya tidak tahu,’’ ujar Yudi memastikan.

Seperti diketahui, kelompok bisnis Bakrie Grup telah bersepakat membantu biaya operasional Arema dalam bentuk fresh money senilai Rp 2,5 miliar. Guna memudahkan penyaluran kemudian bantuan atau sponsor tersebut disalurkan melalui SP, salah satu media massa yang berkantor pusat di Surabaya.

Menurut Yudi, manajemen Bakrie Grup memiliki banyak sekali perusahaan dan anak perusahaan. Tetapi, tidak satu pun dari kelompok Bakrie yang secara inti menangani bisnis atau bidang olahraga.

Di sisi lain, lanjut dia, Nirwan Bakrie selama ini cukup dikenal di Indonesia sebagai salah satu penggila sepakbola. Bahkan, Nirwan Bakrie adalah pengurus PSSI, yang sekarang ini, namanya juga banyak diperbincangkan pesepakbola tanah air.

‘’Saya memang di Bakrieland. Tetapi, saya membidangi jalan tol dan property. Jadi tidak tahu persis soal itu. Di Bakrie tidak ada anak perusahaan yang khusus menangani olahraga atau kesenian. Pak Nirwan sendiri sama-sama kita ketahui sangat cinta sepakbola,’’ paparnya.

Ditambahkan dia, bantuan yang dikucurkan Nirwan Bakrie pada kesebelasan yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL), tidak hanya Arema. Tetapi, sponsor sejenis juga dikucurkan untuk Deltras Sidoarjo dan Pelita Jaya, Jakarta.

‘’Beliaunya (Nirwan) memang gila bola. Makanya, saya yakin, sponsor untuk Arema diberikan secara pribadi. Bukan perusahaan,’’ pungkas lelaki, yang mantan Corporate Secretary PT HM Sampoerna ini.

Sementara itu secara terpisah, Bambang Hariawan Pimpinan PT Media Delta Espe menyebutkan, secara spesifik pihaknya tidak mengerti persis dilibatkannya SP dalam penyaluran sponsor untuk Arema.

Karena, lanjut dia, progam sponsor atau bantuan untuk kesebelasan yang berlaga di ISL sepenuhnya adalah progam dari pusat (Bakrie Grup). Bisa saja, karena SP sebagai salah satu bagian dari kelompok Bakrie maka agar lebih mudah sponsor itu disalurkan melalui SP.

‘’Sungguh, saya tidak tahu persis, kenapa dipilih SP yang ada di depan. Tahu-tahu dari pusat SP ditunjuk sebagai lembaga yang menyalurkan sponsor untuk Arema. Jadi, kita ini hanya lewat saja,’’ ungkap mantan Pimpinan Redaksi Harian Nusa Tenggara (Nusra) di Bali ini.

Sementara itu data yang dihimpun Malang Post di lapangan menunjukkan, sejak lama Nirwan Bakrie memiliki progam untuk memberi sponsorship untuk Arema dan Deltras Sidoarjo. Bahkan, adik kandung Aburizal Bakrie ini telah mengalokasikan dana segar senilai Rp 5 miliar.

‘’Dilihat dari jumlah dan banyak kesebelasan yang ada, memang pas. Kalau Arema dikucuri Rp 2,5 miliar, bisa jadi separoh lagi akan dikucurkan untuk Deltras. Jadi keduanya sama-sama terima Rp 2,5 miliar,’’ ungkap sumber Malang Post, yang enggan disebutkan namanya. (has/avi)

================================================== =========
Inilah Pengusaha yang cinta bola dan layak dicontoh oleh Pengusaha yang lain agar sepak bola kita semakin maju dan berkembang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar