Jumat, 29 April 2011

Hari ini perhatian seluruh dunia tertuju pada Royal Wedding



Gereja Kolegial Santo Petrus,Westminster Abbey hari ini akan menjadi pusat perhatian 2,4 miliar pasang mata penghuni dunia. Ditempat sakral berusia 1000 tahun itulah pernikahan agung terbesar abad ini antara pewaris Kerajaan Inggris Pangeran William dan Kate Middleton dilangsungkan. Kerabat kerajaan, tamu kerajaan luar negeri, kepala negara dan selebritas dunia dipastikan datang ke perhelatan akbar total senilai 500 jutapoundsterling itu.

Sejak kemarin malam, di sepanjang lokasi prosesi pernikahan William-Kate berbagai persiapan digelar. Mulai dari tukang kebun hingga aparat kepolisian sibuk berbenah dan bersiap diri. Begitu pula serdadu-serdadu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Kerajaan Inggris. Mereka berlatih baris-berbaris guna mengawal prosesi pernikahan.

Sejumlah undangan resmi telah disebar untuk para petinggi kerajaan, pemerintahan hingga selebritis dunia. Diantara yang diundang adalah ketinggalan Perdana Menteri Australia Julia Gillard, PM New Zealand John Key, PM Inggris David Cameron, Elton John, pesepak bola David Beckham dan Victoria Beckham, termasuk komedian Rowan Atkinson alias Mr. Bean turut diundang.

Faktor keamanan juga menjadi pusat perhatian tersendiri. Kepolisian London dan dinas rahasia spesial Scotland Yard akan menerjunkan lebih dari 5.000 polisi bersenjata lengkap plus 350 polisi sukarelawan. Ini belum termasuk Pasukan Pengamanan Kerajaan, Dinas Kontra Intelijen Inggris (MI5) dan pasukan militer.


JADWAL ACARA PERNIKAHAN


09.45: Sekitar 1.900 undangan memenuhi aula Gereja Santo Petrus Westminster Abbey.
09.50-10.20: Tamu kerajaan asing, kepala negara, dan para politisi senior tiba.
10.10: Pangeran William didampingi Pangeran Harry meninggalkan Clarence House, kediaman resmi Pangeran Charles.
10.20-10.45: Ibu dan adik lelaki mempelai wanita serta para kerabat senior kerajaan tiba disusul Ratu Elizabeth II.
10.51: Calon mempelai Catherine Middleton dan ayahnya, Michael, meninggalkan Hotel Goring dengan sedan Rolls-Royce Phantom VI.
11.00: Acara akad nikah dimulai. Dipimpin Uskup Agung Canterbury Rowan Williams.
12.15: Pengantin baru menuju Istana Buckingham melewati Taman Parlemen, Whitehall, Horse Guard. Parade dan The Mall dengan kereta kuda State Landau 1902.
13.25: Penganti baru dan keluarganya muncul di balkon istana.
13.30: Pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dan Battle of Britain Memorial Flight terbang melintas.
14.00: Ratu Elizabeth II makan siang bersama 600 undangan.
18.00: Pangeran Charles dari Wales menggelar jamuan makan malam yang dihadiri 300 kerabat dan sahabat yang ditutup dengan dansa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar