Selasa, 12 April 2011

6 Musisi Indonesia terpopuler versi Facebook


Di era yang semakin maju ini gan, cara mengungkapkan rasa suka pada sesuatu yang kita idolakan semakin beragam, termasuk kesukaan mereka pada musisi yang digemari. Facebook yang kini, mungkin hampir menjangkau semua lini masyrakat mulai bisa dijadikan barometer antusiasme seorang fans pada band pujaanya. Walaupun memang tidak sepenuhnya valid, tapi setidaknya barometer ini relatif netral. Mungkin agan-agan pernah mendengar bahwa kesuksesan Band itu ditentukan oleh jumlah lagu/album/kaset/CD yang berhasil mereka jual, kalau agan masih berpikiran seperti itu, justru akan semakin rumit untuk dijadikan barometer kondisi sekarang. Pembajakan yang merajalela tentunya akan mengubah asumsi bahwa band dengan penjualan album terbanyak, dialah yang menjadi idola. Selain Band mungkin ada juga yang mengkait-kaitkan dengan acara yang menampilkan Chart lagu yang setiap harinya, kalo menurut ane itu jelas gak valid, karena kita gak tau darimana chart itu disususun, dan dari satu acara ke acara lain biasanya beda2…

Maka dari itu ane prefer ke Facebook gan, sebagai gambaran pemilik account facebook sendiri memiliki berbagai macam latar belakang yang berbeda, mulai dari gender, umur, pekerjaan, pendidikan, lokasi, bahkan agama. Jadi saya rasa kevalidanya lumayan bias dipertanggungjawabkan, untuk kondisi sekarang.
Tapi bagaimanapaun juga gan, ane juga tidak puas pada hasil pengamatan ane sendiri. Dari sudut pandang kenetralan ane, kayaknya facebook memang didominasi oleh kalangan 90an ketas, sebagian dari mereka masih dibawah 20tahun, ini yang mungkin akan berpengaruh pada validitas, dimana Band2 yang justru memuncaki tahta di facebook adalah Band2 baru yang sekarang jadi idola para anak kecil…







Tidak ada komentar:

Posting Komentar