Sabtu, 16 April 2011

AMAZING!!! bangunan dari 1,5 juta limbah botol plastik


Baiklah ane akan menampilkan "bangunan dari 1,5 juta limbah plastik" beserta PIC nya 

monggo diliat



Fasade bangunan disusun sedemikian rupa dengan menggunakan polli-brick yang terbuat dari botol PET bekas. Polli-brick menciptakan bentuk saling mengait dan mengunci (interlocking) serupa susunan geometris pada sarang lebah madu. Seluruh selubung bangunan adalah botol plastik yang diproses ulang hingga berbentuk kontainer plastik yang saling mengikat kuat sehingga memiliki daya tahan terhadap badai dan gempa bumi.

Fungsi bangunan meliputi amphitheater, ruang pamer/museum dan ‘layar’ air yang berfungsi mendinginkan ruang yang terbentuk dari air hujan bila musim hujan tiba. Dinding bangunan yang terdiri dari jutaan botol plastik ini bersifat tembus cahaya sehingga pada siang hari akan menyaring cahaya alami untuk masuk ke dalam bangunan. Para arsiteknya menyebut bangunan ini sebagai keajaiban lingkungan sekaligus sebagai bangunan paling ringan di dunia.

Bangunan berdimensi panjang 130 meter dan tinggi 26 meter ini dibangun selama 3 tahun dan merupakan milik sebuah grup perusahaan Taiwan, Far Eastern Group, yang bergerak di bidang konstruksi dan keuangan. Namun pada bulan Mei 2010 lalu oleh Far Eastern bangunan ini diserahkan kepada pemerintah kota.

Grup Far Eastern, sebuah konglomerat Taiwan yang bergerak dibidang konstruksi dan jasa keuangan, memesannya tiga tahun lalu. Far Eastern akan menyumbangkan bangunan senilai 133 juta Dollar Taiwan pada pemerintah kota Taiwan, digunakan sebagai pavilion bergengsi dalam pameran tanaman pada bulan November mendatang.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar