Selasa, 29 Maret 2011

►►►►Yuk Mengenal Lebih Jauh Para Ahli Filsafat Terkenal di Dunia!!!◄◄◄◄

Socrates
Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (470 SM - 399 SM) adalah filsuf dari Athena, Yunani dan merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah yang mengajar Plato, dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles.

Nama: Socrates (Σωκράτης) Lahir: k. 469 / 471 SM[1] Meninggal: 399 SM Aliran/tradisi: Yunani Klasik Minat utama: Epistemologi Etika Gagasan penting: Metode Socrates Ironi Socrates Mempengaruhi: Plato Aristoteles Aristippus Antisthenes Filosofi Barat

Aristoteles
Nama: Ἀριστοτέλης, Aristotélēs Lahir: 384 BC Stageira, Chalcidice, {{{birth_place}}} Meninggal: 322 BC (age 61 or 62) Euboea, {{{death_place}}} Aliran/tradisi: Peripatetic school Aristotelianism Minat utama: Physics, Metaphysics, Poetry, Theatre, Music, Rhetoric, Politics, Government, Ethics, Biology, Zoology Gagasan penting: Golden mean, Reason, Logic, Passion Dipengaruhi: Parmenides, Socrates, Plato, Heraclitus, Democritus Mempengaruhi: Alexander the Great, Avicenna, Averroes, Maimonides, Albertus Magnus, Thomas Aquinas, Duns Scotus, Ptolemy, Copernicus, Galileo




Aristoteles lahir di Stagira, kota di wilayah Chalcidice, Thracia, Yunani (dahulunya termasuk wilayah Makedonia tengah) tahun 384 SM. Ayahnya adalah tabib pribadi Raja Amyntas dari Makedonia. Pada usia 17 tahun, Aristoteles menjadi murid Plato.Belakangan ia meningkat menjadi guru di Akademi Plato di Athena selama 20 tahun. Aristoteles meninggalkan akademi tersebut setelah Plato meninggal, dan menjadi guru bagi Alexander dari Makedonia. Saat Alexander berkuasa di tahun 336 SM, ia kembali ke Athena. Dengan dukungan dan bantuan dari Alexander, ia kemudian mendirikan akademinya sendiri yang diberi nama Lyceum, yang dipimpinnya sampai tahun 323 SM.Perubahan politik seiring jatuhnya Alexander menjadikan dirinya harus kembali kabur dari Athena guna menghindari nasib naas sebagaimana dulu dialami Socrates. Aristoteles meninggal tak lama setelah pengungsian tersebut.Aristoteles sangat menekankan empirisme untuk menekankan pengetahuan.

Jean-Jacques Rousseau
Jean-Jacques Rousseau (lahir 28 Juni 1712, wafat 2 Juli 1778) adalah seorang filsuf dan komposer Perancis Era Pencerahan dimana ide-ide politiknya dipengaruhi oleh Revolusi Perancis, perkembangan teori-teori liberal dan sosialis, dan tumbuh berkembangnya nasionalisme. Melalui pengakuan dirinya sendiri dan tulisan-tulisannya, ia praktis menciptakan otobiografi modern dan mendorong perhatian yang baru terhadap pembangunan subjektivitas --- sebuah dasar bagi karya-karya bermacam-macam pemikir hebat nantinya seperti Georg Wilhelm Friedrich Hegel dan Sigmund Freud. Novelnya "Julie, ou la nouvelle Héloïse" adalah salah satu karya fiksi yang sangat banyak terjual di abad ke-18 dan menjadi acuan penting dalam perkembangan karya-karya romantisme. Ia juga memberikan kontribusi penting pada musik, baik sebagai seorang pengembang teori musik maupun sebagai seorang komposer.

Karya-Karya Utama Rousseau * lajoooo sur les sciences et les arts, 1750 * Narcissus, or The Self-Admirer: A Comedy, 1752 * Le Devinda du Village: an opera, 1752, * Discours sur l'origine et les fondements de l'inégalité parmi les hommes), 1754 * Discourse on Political Economy, 1755 * Lettre à d'Alembert sur les spectacles, 1758 * Julie, ou la nouvelle Héloïse, 1761 * The Creed of a Savoyard Priest, 1762 (in Émile) * The Social Contract, or Principles of Political Right (Du contrat social), 1762 * Four Letters to M. de Malesherbes, 1762 * Lettres de la montagne, 1764 * Confessions of Jean-Jacques Rousseau (Les Confessions), 1770, diterbitkan 1782 * Constitutional Project for Corsica, 1772 * Considerations on the Government of Poland, 1772 * Essai sur l'origine des langues, terbit 1781 * Rêveries du promeneur solitaire, (tidak selesai), diterbitkan 1782 * Dialogues: Rousseau Judge of Jean-Jacques, published 1782

Galileo Galilei

Galileo Galilei (lahir di Pisa, Toscana, 15 Februari 1564 – meninggal di Arcetri, Toscana, 8 Januari 1642 pada umur 77 tahun) adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah.

Sumbangannya dalam keilmuan antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai pengamatan astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua (dinamika). Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus mengenai peredaran bumi mengelilingi matahari.

Akibat pandangannya yang disebut terakhir itu ia dianggap merusak iman dan diajukan ke pengadilan gereja Italia tanggal 22 Juni 1633. Pemikirannya tentang matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan ajaran Aristoteles maupun keyakinan gereja bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Ia dihukum dengan pengucilan (tahanan rumah) sampai meninggalnya. Baru pada tahun 1992 Paus Yohanes Paulus II menyatakan secara resmi bahwa keputusan penghukuman itu adalah salah, dan dalam pidato 21 Desember 2008 Paus Ben

Thomas Aquinas
Thomas Aquinas (1225-1274) adalah seorang filsuf dan teolog dari Italia yang sangat berpengaruh pada abad pertengahan. Karya Thomas Aquinas yang terkenal adalah Summa Theologiae (1273). Buku ini merupakan sintesis dari filsafat Aristoteles dan ajaran Gereja Kristen. Pada tahun 1879, ajaran-ajarannya dijadikan sebagai ajaran yang sah dalam Gereja Katolik Roma oleh Paus Leo XIII. Thomas Aquinas juga disebut Thomas dari Aquino (bahasa Italia: Tommaso d’Aquino).

Plato
plato (bahasa yunani: Πλάτων) (lahir sekitar 427 sm - meninggal sekitar 347 sm) adalah seorang filsuf yunani. Ia adalah murid socrates. Pemikiran plato pun banyak dipengaruhi oleh socrates.. Plato adalah guru dari aristoteles.karyanya yang paling terkenal ialah republik (dalam bahasa yunani Πολιτεία atau politeia, "negeri") yang di dalamnya berisi uraian garis besar pandangannya pada keadaan "ideal".[rujukan?] dia juga menulis 'hukum' dan banyak dialog di mana socrates adalah peserta utama.[rujukan?] salah satu perumpamaan plato yang termasyhur adalah perumpaan tentang orang di gua. Cicero mengatakan plato scribend est mortuus (plato meninggal ketika sedang menulis).
ide-ide
sumbangsih plato yang terpenting adalah ilmunya mengenai ide. Pandangan plato terhadap ide-ide dipengaruhi oleh pandangan sokrates tentang definisi. Ide yang dimaksud oleh plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern. Orang-orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada di dalam pemikiran saja. Menurut plato ide tidak diciptakan oleh pemikiran manusia. Ide tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada ide. Ide adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah. Ide sudah ada dan berdiri sendiri di luar pemikiran kita.. Ide-ide ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya.misalnya, ide tentang dua buah lukisan tidak dapat terlepas dari ide dua, ide dua itu sendiri tidak dapat terpisah dengan ide genap.namun, pada akhirnya terdapat puncak yang paling tinggi di antara hubungan ide-ide tersebut.puncak inilah yang disebut ide yang “indah”.ide ini melampaui segala ide yang ada.


John Adam Smith
john adam smith (lahir di kirkcaldy, skotlandia, 5 juni 1723 – meninggal di edinburgh, skotlandia, 17 juli 1790 pada umur 67 tahun), adalah seorang filsuf berkebangsaan skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku an inquiry into the nature and causes of the wealth of nations (disingkat the wealth of nations) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Adam smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di eropa barat dan pada abad 19 mulai terkenal disana.



john adam smith
development
liberalisme
kontribusi ke teori liberalisme
schools
liberalisme klasik
liberalisme konservatif
liberalisme kebudayaan
ertarianisme neolib
liberalisme ekonomi li beralisme ordoliberalisme paleoliberalisme
liberalisme sosial
ide-ide
kebebasan
hak perorangan
individualisme
emokrasi libe
laissez-faire dral netralitas liberal
tif pasar bebas / kapitalis
kebebasan negatif & pos ime ekonomi campuran masyarakat terbuka hak
varian
liberalisme di eropa
liberalisme di amerika serikat
organisasi
partai liberal sedunia
liberal international · iflry
eldr/alde · lymec
l
cald · aln · reli a

John Locke

John Locke (lahir 29 Agustus 1632 – meninggal 28 Oktober 1704 pada umur 72 tahun) adalah seorang filsuf dari Inggris yang menjadi salah satu tokoh utama dari pendekatan empirisme. Selain itu, di dalam bidang filsafat politik, Locke juga dikenal sebagai filsuf negara liberal.Bersama dengan rekannya, Isaac Newton, Locke dipandang sebagai salah satu figur terpenting di era Pencerahan. Selain itu, Locke menandai lahirnya era Modern dan juga era pasca-Descartes (post-Cartesian), karena pendekatan Descartes tidak lagi menjadi satu-satunya pendekatan yang dominan di dalam pendekatan filsafat waktu itu.Kemudian Locke juga menekankan pentingnya pendekatan empiris dan juga pentingnya eksperimen-eksperimen di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Tulisan-tulisan Locke tidak hanya berhubungan dengan filsafat, tetapi juga tentang pendidikan, ekonomi, teologi, dan medis. Karya-karya Locke yang terpenting adalah "Esai tentang Pemahaman Manusia" (Essay Concerning Human Understanding), Tulisan-Tulisan tentang Toleransi" (Letters of Toleration), dan "Dua Tulisan tentang Pemerintahan" (Two Treatises of Government).


Nama: John Locke Lahir: 29 Agustus 1632, Wrington, Somerset, Inggris Meninggal: 29 Agustus 1632, Essex, Inggris Aliran/tradisi: Empirisme Inggris, Kontrak Sosial, Hukum Alam Minat utama: Metafisika, Epistemologi, Filsafat Politik, Pendidikan Gagasan penting: Tabula rasa, keadaan alamiah; hak-hak dasariah, kebebasan and hak milik Dipengaruhi: Plato, Aristoteles, Ibnu Sina, Ibnu Tufail, Aquinas, Grotius, Samuel Rutherford, Descartes, Hooker, Robert Filmer, Hobbes Mempengaruhi: Hume, Kant, Berkeley, Paine, Smith dan banyak filsuf politik setelahnya, termasuk bapak-bapak pendiri Amerika Serikat, Arthur Schopenhauer



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar