Rabu, 30 Maret 2011

Industri jepang hijrah ke indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Industri manufaktur Jepang bakal relokasi ke Indonesia. Relokasi sejumlah industri Jepang ini diutamakan untuk industri yang belum mangkrak di Indonesia.

“Mereka punya pikiran untuk relokasi. Khususnya yang belum diproduksi di sini,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat disela acara launching tahun kimia internasional bertajuk “Industri Kimia Nasional Dalam Kebangkitan industri Manufaktur” di Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Menurutnya, relokasi Jepang ke Indonesia ditujukan sebagai upaya percepatan pemulihan perekonomian Jepang setelah digoyang gempa dan terjangan tsunami. “Ada pemahaman dalam situasi seperti ini untuk recovery lebih cepat bagi industri di sana,” ujarnya.

Dia menambahkan, keberadaan industri manufaktur Jepang akan membuat industri penunjang di Tanah Air akan bermunculan. "Kami tentu harus siapkan fasilitasnya. Saya belum berani mengajak mereka bicara serius. Karena mereka masih seperti ini,”ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, MS Hidayat mengaku tengah membujuk Jepang untuk relokasi industri manufakturnya, khususnya industri manufaktur untuk otomotif. Namun, sejauh ini, pemerintah Indonesia masih menantikan waktu yang tepat untuk berbicara serius mengenai hal ini bersama Jepang. (Srihandriatmo Malau)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar