Selasa, 29 Maret 2011

Rute Kereta Jabodetabek Akan Dipangkas, Dari 37 Jadi 5


Jakarta - PT KAI akan menyederhanakan rute kereta Jabodetabek pada akhir tahun ini. Rute kereta Jabodetabek akan dipangkas dari 37 rute menjadi 5 rute saja. 

"Dari 37 rute menjadi 5. Penyederhanaan ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Corporate Secretary PT KAI Komuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, kepada detikcom, Selasa (29/3/2011).

Berikut ini 5 rute kereta Jabodetabek yang akan dijalankan pada akhir 2011:

1. Bogor-Manggarai

2. Serpong-Tanah Abang

3. Tangerang-Duri

4. Tanjung Priok-Kota

5. Bekasi-Kota

Makmur menjelaskan, untuk rute dalam kota akan dilayani oleh kereta circle line. Kereta ini akan melayani rute Manggarai-Tanah Abang-Duri-Kota-Jatinegara. "Kereta ini akan berputar terus di rute ini," imbuhnya. 

Makmur menjelaskan, KRL Bogor-Jakarta, nantinya hanya akan berhenti hingga Manggarai saja. Bagi penumpang yang ingin menuju Kota atau Tanah Abang dapat menaiki kereta circle line dari Manggarai. 

"Nanti rutenya Bogor-Manggarai terus bolak-balik," imbuhnya. 

Makmur mengatakan, perubahan lain yang terjadi adalah kereta Serpong akan melayani hingga Tanah Abang, kereta Tangerang akan melayani hingga Duri, Kereta dari Tanjung Priok melayani hingga Kota. 

"Sedangkan untuk Bekasi akan menuju Jatinegara dan Kota," sambungnya. 

Makmur menjelaskan, untuk bisa mewujudkan langkah ini PT KA akan terus melakukan penambahan jumlah kereta. Penambahan jumlah kereta ini dilakukan untuk memperpendek waktu tunggu kereta di masing-masing stasiun. 

"Hingga akhir tahun 2011 diperkirakan kita akan memiliki 616 gerbong kereta," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar