Selasa, 29 Maret 2011

Berkunjung ke Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome, Greenhouse 3 Kubah di Jepang

YUMENOSHIMA TROPICAL GREENHOUSE DOME

Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome didirikan pada bulan November 1988. Ini adalah tempat dimana warga Tokyo dapat belajar dan mengenal lebih dekat dengan tanaman-tanaman tropis dan subtropis di lingkungan yang menyenangkan. Bangunan ini terletak di pojok Taman Yumenoshima dengan fitur greenhouse 3 kubah dengan ruang video, ruang acara, galeri informasi, dan fasilitas lainnya. Greenhouse tersebut menampung 1000 koleksi tanaman tropis dan subtropis yang bisa dinikmati pengunjung sepanjang tahun. Perahu yang berlayar di pelabuhan juga bisa dilihat dari sisi utara kubah ini.

Sekilas Tentang Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome

Greenhouse ini terdiri dari tiga kubah yang tergabung satu dengan yang lain. Dari luar terlihat seperti layar dari perahu layar. Luas total Greenhouse adalah 1.500 m2, dan tinggi 28 meter . Suhu di dalam dikendalikan oleh komputer untuk menjaga agar konstan pada 15 ยบ C bahkan selama musim dingin. Sumber panas tersebut diambil dari pembakaran sampah pembangkit Shin-Koto. Di sini, seseorang dapat merasakan suasana tanaman tropis dan subtropis dengan semua panca indera sambil berjalan-jalan melalui bangunan ini.

greenhouse









Kubah A : Tanaman Pakis dan Pesisir Pantai

Kubah B : Palem dan Tanaman Lokal

Kubah C : Palem Penjelajah dan Tanaman Ogasawara

Mangrove tumbuh di tepi kolam dimana air terjun mengalir, dan bunga lili raksasa dari Amazon mengapung pada daun teratai besar di permukaan kolam dan tanaman seperti anggrek dan popyrus menciptakan suasana iklim tropis.Palem Royal dan Palem Alexander menjulang ketika greenhouse ini pertama dibuka, karena begitu tingginya tanaman ini. Di sekitar rumah pohon yang beratapkan palem mangrove, tumbuh tanaman seperti pisang, kopi dan mangga serta bunga yang berwarna-warni pada tanaman jahe, ixora Cina, dan lainnya. Anda pasti heran, kenapa disebut palem penjelajah? Palem ini bentuk daunnya lebar sehingga bisa menahan air hujan yang biasa digunakan oleh para penjelajah. Di area greenhouse ini juga terdapat 50 varietas tanaman karnivora dari segala penjuru dunia. Penjelasan tentang tanaman ini memperlihatkan bagaimana cara mereka untuk memakan serangga.

dome












Akses dan Fasilitas

Lokasi = Yumenoshima 2-1-2, Koto Ward (di Taman Yumenoshima) 
Informasi = Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome, Kantor Administrasi tel: 03-3522-0281,2 (2-1-2 Yumenoshima, Koto-ku 136-0081) 
Transportasi = berjalan kaki 15 menit dari Shin-Kiba (JR Keiyo line, Yurakucho line, Rinkai line), 7 menit berjalan kaki dari stasiun bus Yumenoshima di bus Toei untuk Shin-Kiba dari Toyo-cho (Tozai line).
fasilitas parkir Tol tersedia (hanya di Yumenoshima Park). 
Tutup = Senin (hari berikutnya jika Senin adalah hari libur) Tahun Baru dan (29 Desember - 3 Januari) 
Buka = 9:30-4:00 (dekat gerbang pukul 5 sore)
Tiket = Umum: 250 yen, pelajar SMP : 100 yen, Seniors 65 tahun atau lebih: ¥ 120 (Sekolah dasar dan anak-anak muda / pelajar SMP yang tinggal atau belajar di Tokyo: gratis) 
Gratis masuk = Greenery Day (4 Mei), Tokyo Citizens’ Day (1 Oktober)
Fasilitas lainnya = Aula video, rumah tanaman yang besar, rumah tanaman pemangsa serangga, informasi, ruang acara, kafetaria, toko, tanam herbal, lapangan tropis, dinding berbunga, dan 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar