Jumat, 11 Maret 2011

~ Post-Metal ~ | Sludge, Drone & Doom

Banyak yang bertanya Post-Metal itu apa ? musiknya bagaimana ? ciri2nya ? dsb. Disini saya ingin mencoba menjelaskan secara singkat definisi, karakteristik, sejarah, dan perkembangan dari musik Post-Metal.

Yeah, Post-Metal adalah percampuran antara musik post-rock dan heavy metal, dengan elemen musik darishoegaze, industrial metal dan sludge. Dan musik ini bercirikan oleh distorsi gitar, atmospherics, evolusi bertahap struktur lagu dan penekanan minimal pada vokal. Kebanyakan lagu mengikuti format crescendos intens pada urutan akord sederhana namun dapat mencakup bagian riffing kuat.

Istilah term "Post-Metal" pada awalnya dikenalkan oleh Aaron Turner yang tak lain adalah frontman dari Isisserta pemilik Hydra Head Records. Pada awalnya, Turner mengenalkan istilah "thinking's man metal" yang musik lebih berciri avant-garde metal namun mencoba untuk sedikit menjauh dari musik metal yang konvesional. 

- Isis -

Post-Metal adalah salah satu term genre baru yang masih berkembang sampai sekarang, yang namanya juga dikenal sebagai "instro-metal", "postcore", "art metal" "metal-gaze" dan banyak lagi. Salah satu pencetusnya yaitu Isis yang mengkombinasikan ambience dan atmosphere yang menjadi style musik yang unik dari musik metal. Isis menggambarkan musik post-rock tradisional pada musiknya namun mereka lebih menampilkan musik hardcore yang lebih kuat dan influence yg kuat pula dari sludge.

Aaron Turner yang pada awalnya juga menyebut musik Isis sebagai "avant-garde" atau "drone-oriented rock" tetapi berbeda karena suara bass pada musik Isis tidak berat dan malas seperti band drone kebanyakan. Dan fans serta para kritikus musik mencoba memberikan label baru pada musik Isis yaitu Post-Metal. Dan genre musik baru ini sendiri diikuti oleh band lain sejenis dengan Isis seperti Pelican, Cult of Luna dan Rosetta.

- Pelican -

- Cult of Luna -

- Rosetta - 

Namun jauh sebelum Isis dengan rilisan Celestial di tahun 2000, pre Post-Metal (belum bisa dikatakan Post-Metal)jauh terlebih dahulu di kenal kan oleh Helmet dengan album Meantime (1992) dan Betty (1994) yang karakter musiknya mendekati ke struktur musik dari post-metal namun mereka lebih dikenal bergenre alternative metal/ post-hardcore. Sejarah post-metal sendiri juga bisa di dekatkan oleh musik Sludge yang beratmosfir (Atmospheric Sludge) dari beberapa band yang membawakan tekstur musik post-rock dengan sound gitar yang lebih keras.

Term post-metal juga awalnya digunakan di Inggris yang mendeskripsikan genre metal yang lain sebagai post-metal namun merujuk pada nama lain seperti "industrial soundscape music" dan "soundscape metal". Namun kemudian term post-metal dari Inggris ini dikalahkan dari band band dengan term post-metal dari US sana yang lebih efektif dibandingkan dengan band band dari Inggris. Sehingga sekarang term post-metal dari US inilah yang dikenal. 

Dan dari era pertengahan dekade 2000an, genre Post-Metal sudah merambah dunia. Dan akhirnya masuk ke Indonesia pada akhir dekade 2000an dengan satu band yang sangat dipuja para penggemarnya saat ini yaituGhaust.

- Ghaust -

Nah, mari kita membicarakan dari sub-genre Metal yang baru seumuran jagung ini 

btw, untuk mengenal lebih dekat ... 
coba dengerin sampler mxxxtape yg sudah dibuat ini 

pssst "METAL" ttaape
Various Artists


tracklist & download

Genre : Post-Metal, Sludge, Drone, Doom, Post-Hardcore

tracklist

Disc 1
01. Russian Circle - Carpe
02. Long Distance Calling - Fire In The Mountain
03. 5ive - Gulls
04. Karysun - Always Sad
05. Boris - Buzz-IN
06. Lvmen - XVI
07. 35007 - Tsunami
08. Jesu - Opiate Sun
09. Isis - Weight
10. Cult of Luna - Finland

Disc 2
01. Exxasens - Polaris
02. Bongripper - Reefer Sutherland
03. Ghaust - Akasia
04. Gantz - Noircir La Porte De Sa Maison
05. Caldera - Juniper
06. Fen - Exiles Journey
07. Hyatari - Fourth Realm
08. Tomydeepestego - Cicades
09. Pelican - Ephemeral
10. Neurosis - Burn

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar