Rabu, 02 Maret 2011

Mem_posting Article Blog via Email

Teknik penulisan dan pengiriman artikel ke dalam blog tidak hanya melalui halamanpost editor di mana anda membuat akun weblog. banyak software aplikasi dan metode penulisan serta pengiriman article blog yang bisa diterapkan. salah satunya yaitu dengan menggunakan fasilitas email. artikel yang anda tulis melalui halamancompose atau editor e-mail, dapat langsung anda posting dan ditampilkan pada halaman weblog. hal ini dimungkinkan karena secara otomatis akun blog anda di Blogspot terhubung dengan mailbox yang juga dibuat pada saat anda pertama kali melakukan registrasi. Inilah yang bisa anda manfaatkan sebagai "mailblog" penasaran??? MarI simak teknikposting blog menggunakan email seperti berikut ini:

  • Langkah utama Mengatur setting Email

    Proses pengiriman artikel yang ingin anda posting ke dalam blog tidak langsung dapat dilakukan seperti ketika mengirimkan email biasa. terlebih dahulu anda perlu melakukan pengaturan seperti yang saya paparkan di bawah ini:

    1. Pastikan anda sudah mengakses akun blogger terlebih dahulu

    2. Jika sudah, klik link Settings

    3. Kemudian klik opsi Email

    4. Ketikkan teks dalam kotak teks di bagian Mail-to-Blogger Address.

    ini bertujuan untuk menambahkan indeks pada alamat akun email anda di Blogger.com. misalnya, ketikkan "panduansuksesblogger" sehingga alamat email tersebut akan menjadijayaputra.panduansuksesblogger@blogger.com

    Catatan :
    jayaputra = ini adalah nama email sewaktu anda mendaftar di blogger
    panduansuksesblogger = Teks yang anda tambahkan bisa anda ganti dengan teks yang anda inginkan

    5. Sedangkan untuk opsi di bawahnya dapat anda aktifkan berdasarkan kebutuhan. Berikut ini penjelasannya:

    => Publish emails immediately : email yang anda kirimkan akan langsung dipublikasikan ke halaman weblog.
    => Save emails as draft posts : email yang anda kirim akan tersimpan sebagai draft untuk nantinya anda edit melalui post editor Blogspot.

    6. Kemudian Akhiri proses ini dengan menenkan tombol Save Settings.

    7. Setelah pesan Setting were saved successfuly muncul, alamat email tersebut sudah bisa anda gunakan untuk mem-posting artikel ke dalam blog.
    Perlu anda ketahui, bahwa alamat email blog tersebut tidak perlu atau bahkan jangan disebarkan dan diberikan kepada orang lain. karena dengan demikian, orang lain akan dengan mudah mem-posting kedalam blog anda seperti halnya mengirim email. hal ini untuk menghindari tulisan-tulisan yang bukan berasal dari anda dan berisi informasi yang mungkin bisa merusak citra weblog anda.
  • Langkah kedua Mem-Posting via Email

    Setelah pengaturan konfigurasi akun email Blogspot selesai anda buat, tahapan selanjutnya adalah tentang cara memposting artikel blog via email. pada dasarnya, tekniknya sama dengan ketika hendak mengirimkan sebuah email biasa kepada rekan anda. namun, agar lebih jelasnya, mari simak dan lakukan langkah-langkah berikut ini.

    1. Anda login dulu ke situs emial yang anda gunakan.

    disini saya menggunakan Gmail yang juga merupakan layanan google. anda dapat mengaksesnya dengan alamat URL http://www.gmail.com/ atau http://mail.google.com.

    2. Setelah halaman login akun email anda dibuka klik bacaan atau link Compase Mail atau klik tombol ataupun link sesuai dengan akun email anda yang merujuk pada halaman email baru.

    3. Selanjutnya jendela browser akan menampilkan halaman editor untuk posting email.

    4. Mulailah dengan menuliskan alamat email akun Blogger yang sudah anda buat tadi ke dalam kotak teks To:

    5. Lanjutkan dengan menuliskan judul posting pada kotak teks Subject. ini akan otomatis dijadikan sebagai judul artikel di blog anda.

    6. Selanjutnya mulailah menuliskan isi artikel dalam jendela editor email.

    7. setelah itu klik tombol Send atau kirim.

    Sekarang lihat halaman web anda akan terlihat article baru yang anda kirim melalui email tadi.
Selamat mencoba.........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar