Selasa, 01 Maret 2011

Memahami bagian-bagian dari Blogspot

Secara garis besar sebuah blog terdiri dari 4 (empat) bagian yakni NavbarHeader,Blog Post, dan Sidebar. ke empat bagian tersebut senantiasa ada dalam sebuah blog yang dibuat dalam Blogspot.com apapun jenis template yang digunakan. Terkait dengan hal tersebut. berikut penjelasan mengenai bagian-bagian nya.

  • Navbar

    Bagian blog ini akan tampak apabila anda menggunakan domain Blogspot.com untuk menampilkan blog anda. bukan custom domain loh. Navbar merupakan bagian blog yang terletak pada posisi paling atas blog. Pada bagian ini, anda bisa menemukan 3 (tiga) menu, yakni New PostCustomize, dan Sign Out. Keberadaan menu tersebut pada navbar berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat anda apabila ingin membuat post baru, mengedit elemen blog, dan keluar dari blog anda.

  • Header

    Merupakan bagian dari blog yang terletak di bawah navbar. Bagian ini menampilkan judul dan deskripsi blog. Anda tidak hanya mengubah warna dan jenis font serta background header saja, tetapi anda bisa memasukkan image atau gambar pada bagian tersebut.

  • Blog Post

    Sesuai dengan namanya. bagian ini menampilkan post-post yang anda publikasikan kedalam blog anda baik berupa artikel, gambar, maupun video. dibandingkan dengan bagian blog lainnya, area untuk bagian ini lebih luas karena blog post merupakan inti dari blog.

  • Sidebar

    Sidebar merupakan bagian dari blog yan bersebelahan dengan blog post. Bagian ini terletak di sisi kanan atau kiri blog post sesuai dengan template yang anda pilih. secara default, elemen dari sidebar yang muncul adalah abaut me dan blog archiv. Meskipun demikian, anda bisa menambahkan elemen lain ke dalam bagian ini, misalnya seperti kalender, polling, slideshow, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar