Selasa, 08 Maret 2011

Mamalia terlangka dibumi (ada dipulau jawa!!)


Kalau ada judul beda yang isinya mirip, ane minta maaf sebelumnya


Memiliki panjang 3,1 – 3,2 m dan tinggi 1,4 – 1,7 m, dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja, adalah anggota famili Rhinocerotidae.
Spesies ini kini statusnya sangat kritis, dengan hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas, dan tidak ada di kebun binatang.
Mamalia ini adalah badak jawa.
badak jawa

Badak jawa atau javan Rhinoceros (Rhinoceros sondaicus) adalah binatang terbesar di Jawa. Beratnya bisa mencapai 1,5 ton, berkulit pucat, Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.

Badak Jawa pernah tersebar di hampir seluruh wilayah gunung di Jawa Barat, seperti gunung Gede-Pangrango, Gunung salak, Gn. Tangkuban Perahu dan gunung Ciremei.

Berkurangnya populasi badak jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya, yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok, dengan harga sebesar $30.000 per kilogram di pasar gelap.


Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat, yang terutama diakibatkan oleh perang, seperti perang Vietnam, di Vietnam, satu-satunya habitat lain, hanya ditemukan empat ekor yang tersisa.sumber
Tempat yang tersisa hanya berada di dua daerah yang dilindungi, tetapi badak jawa masih berada pada risiko diburu, peka terhadap penyakit dan menciutnya keragaman genetik menyebabkannya terganggu dalam berkembangbiak. 

WWF Indonesia mengusahakan untuk mengembangkan kedua bagi badak jawa karena jika terjadi serangan penyakit atau bencana alam seperti tsunami, letusan gunung berapi Krakatau dan gempa bumi, populasi badak jawa akan langsung punah. Selain itu, karena invasi langkap (arenga) dan kompetisi dengan banteng untuk ruang dan sumber, maka populasinya semakin terdesak. 

Kawasan yang diidentifikasikan aman dan relatif dekat adalah Taman Nasional Halimun di Gunung Salak, Jawa Barat yang pernah menjadi habitat badak Jawa. 








*image from mbah gugel


WWF-Indonesia dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) sejak akhir Desember 2008 lalu telah menyelesaikan pemasangan 34 unit video kamera jebak (camera trapping) di 34 blok di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

Dengan demikian hampir semua tempat-tempat yang menjadi lintasan satwa langka bercula satu tersebut dapat dimonitor dan rahasia hidup mamalia besar ini dapat dipelajari secara teliti 24 jam sehari. 

Pemasangan video kamera ini diharapkan akan semakin mengembangkan pengetahuan ilmiah tentang satwa yang terancam punah dan hanya tersisa kurang dari 60 individu di Indonesia dan Vietnam tersebut. Di TN Ujung Kulon diperkirakan terdapat sekitar 50 individu badak Jawa.


Ternyata Negara kita tercinta memiliki salah satu mamalia terlangka dibumi, jumlah badak yang ane buat disini berdasarkan sensus yang dilakukan pada Desember 2009. sumber


SELAMATKAN BADAK JAWA
duta badak indonesia
JAKARTA, 26/9 - DUTA BADAK INDONESIA. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (kiri) bersamaMiss Big 2010 terpilih Ayu Putri Swastika (kanan) usai penobatan di Ancol, Jakarta, Sabtu (25/9) malam. Ayu Putri Swastika terpilih sebagai Miss Big 2010 menyisihkan 18 kontestan lainnya, sekaligus dinobatkan sebagai Duta badak Indonesia.sumber


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar