Selasa, 29 Maret 2011

Evolusi Mazda RX Series Sports car (pict inside)


Misi Agan-agan Sekalian ane hanya mau sekedar share tentang evolusi mobil sport mazda rx yang melegenda itu lho mulai dari generasi pertama hingga terakhir mudah-mudahan saja gak 


ok langsung aja dah,,


MAZDA RX2
tidak mau kalah dengan merk dunia lainnya, Mazda juga mempunyai secret weapon yang terhitung kompetitif dan mampu membungkam mulut lawan yang sesumbar. Yup, tidak lain adalah Mazda RX Series. Pertama diperkenalkan pada publik 1970 bermesin Rotary dengan kode Mazda RX2 (juga dikenal sebagai Mazda RX1, Capella 616/618). Diproduksi hingga akhir 1978. Dua tip mesin di ciptakan untuk RX2 yaitu 12A, dengan performance 120 hp dan 10 detik untuk 0-100 km/jam serta 12B dengan tenaga optimal 198 hp untuk versi racing. Prestasinya lumayan gemilang khususnya di Amerika dimana pernah menjuarai IMSA dan Road Atlanta.


mazda rx2



MAZDA RX3
Tidak jauh berbeda dengan RX2, Mazda juga memperkenalkan Mazda RX3 pada tahun 1972 yang terus diproduksi hingga 1978. Juga dikenal dengan Mazda Savanna. Basic mesin masih sama dengan RX2 hanya dengan bungkus yang berbeda. RX3 juga cukup berprestasi dimana Mazda mampu merebut gelar Fuji 500, Japanese Grand Prix 1972 dan mengklaim sudah mendapat lebih dari 500 gelar hingga 1976 serta bersaing ketat dengan Nissan Skyline. Di Australia, RX3 sangatlah terkenal di track balap baik itu sirkuit ataupun Grag Race Track. Dalam banyak kelas RX3 sangat mendominasi di negeri kangguru ini.


mazda rx3



MAZDA RX5
Selanjutnya Mazda melanjutkan dinasti RX dengan memperoduksi RX5 yang juga dikenal sebagai Mazda Cosmo. Mesinnya menggunakan Rotary 13B dan diproduksi dari 1975-1980. Bentuknya yang eksotis embuat RX5 menjadi incaran para kolektor. 


mazda rx5



MAZDA RX7
Mazda akhirnya menciptakan RX7 yang legendaries dan fenomenal (nama lain dari RX-7 adalah Mazda Efini). Diperkenalkan dari 1978-2002. Paling tidak rentang waktu yang lama membuktikan kalau RX memang salah satu dari legenda sport car Jepang. RX7 terkenal sangat lincah dam irit bahan bakar. Untuk menempuh 100 km/jam hanya dibutuhkan kurang dari 7 detik (khusus seri awal 1-4) dengan konsumsi bahan bakar 1:12. Pada 1984 RX7 memperkenalkan generasi keduanya dengan kode FC Series. Ini merupakan generasi awal penggunaan turbo. Juga dikenal dengan RX7 Savanna yang mampu digeber hingga 200 hp. Generasi ketiganya dikenal dengan kode FD. Mesin 13B-nya mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 280 hp pada kapasitas daya pada 1300 cc.


RX-7 FC


Dilihat dari kaca mata prestasi, RX7 terbilang handal dan banyak sekali masuk daftar papan atas sport car dunia. Sebut saja Le mans 24 hours, IMSA GTU, Daytona, BTCC, WRC, D1 Grand Prix, Super GT, GT500, Formula Silhouette dengan hitungan masuk podium. Tidak hanya itu, banyak sekali pabrikan yang dibuat takluk, seperti BMW 530i, Ford Capri, Porsche dan lain-lain. Belum lagi kemampuan RX7 masuk layar lebar Holywood seperti Full Throttle, Too Fast Too Fourious 1,2 & 3 dan keberhaslan RX7 masuk podium para gamer seperti Need For Speed, Gran Turismo, GT 2002, Auto Modellista, Battle Gear 3 dan lain-lain.

MAZDA RX7



MAZDA RX8
The latest edition dari RX adalah RX8. Menggunaka mesin Renesis twin Rotary berkapasitas 2 x 650 cc agakanya merupakan dobrakan baru dari kerajaan Mazda RX. Mazda RX8 juga diciptakan dalam bentuk concept dimana mesinnya mengadopsi teknologi bahan bakar hydrogen yang ramah lingkungan. Ini masih ditambah dengan banyaknya pengharaagn yang diraih RX8 seperti 2003 International Engine of the Year, the 2003 Japanese Car of the Year, Australia's Wheels magazine's Car of the Year for 2003, the 2004 Singapore Car of the Year, the 2004 U.S. Best Sports Car, and several UK Best Car Awards. It was named on Car and Driver magazine's Ten Best list for 2004, 2005, dan 2006, Car and Driver's "Four of a Kind" comparison test, Winner of the 2006-2007 Golden Icon Award (presented by Travolta Family Entertainment) for "Best Sports Car".


mazda rx8


Nih ada Tambahan buat nambah ilmu gan:

TS ketinggalan buyut nya wankle / rotary engine

Mazda Eunos Cosmo


Eunos cosmo


Mazda Ini pertama kali di beri sandi 110S merupakan mobil PERTAMAX mazda bernesin twin rotor ROTARY ENGINE. Mobil ini pertama kali di pamerkan sebagai prototype pada tahun 1964 pada ajang tokyo motor show kemudian di produksi massal pada Mei 1967 hingga 1972 dengan rata-rata produksi 1 unit per hari dan muncul pada film Return of Ultraman.

dan cosmo yg TS tampilin itu cosmo seri ke II 1975 - 1981
Second generation Mazda Cosmo 1979 (French)


cosmo II

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar