Selasa, 05 April 2011

wah PARAH: BHINEKA TUNGGAL IKA di pake BELANDA [NO HOAX]


Pendekatan Bhinneka Tunggal Ika itu juga menjadi semboyan Uni Eropa (UE), Unity in Diversity (kesatuan dalam keragaman, red). 

Hal itu disampaikan oleh mantan Menteri Pertahanan Belanda Dr. Willem Frederik van Eekelen (80 tahun) dalam pidato pembukaan Pasar Malam Indonesia (PMI) 2011 di alun-alun Malieveld, Den Haag, Jumat petang (1/4/2011) waktu setempat.

"Kami masih harus menempuh jalan panjang, tetapi fakta bahwa kami sekarang memiliki Uni Eropa dengan 27 negara anggota itu sudah kontribusi luarbiasa untuk stabilitas dan kemakmuran Eropa," terang Van Eekelen. 

Menyinggung pergolakan yang saat ini terjadi di Timur Tengah dan Afrika Utara, Van Eekelen mengatakan bahwa dasar negara Indonesia yakni Pancasila dapat menjadi model untuk perubahan yang bertanggung jawab.

"Karena mencakup ketuhanan, humanitarianisme, nasionalisme, demokrasi dan keadilan sosial," tandas doktor ilmu hukum Universitas Utrecht ini.

Eropa yang berbeda-beda bangsa dan agama serta sejarahnya diwarnai perpecahan dan peperangan mulai melihat perlunya persatuan dan perdamaian demi kemakmuran bersama. Seusai Perdang Dunia II jalan menuju kesatuan-persatuan mulai dirintis, hingga terwujud Uni Eropa.

Van Eekelen adalah Menteri Pertahanan dalam Kabinet Lubbers II (1986-1988). Sebelumnya dia menjabat sebagai Deputi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Van Agt (1978-1981).
:ilov eindonesia


gan, Ketuhannan, humanitarianisme, nasionalisme, demokrasi dan keadilan sosial adalah pilar pancasila dan dasar bhineka tunggal ika di Indonesia. Indonesia sangat piawai dalam menyusun hukum dan teori, namun di sayangkan Indonesia nampaknya hanya berhenti di area teori bukan "penerapan nya", sedangkan eropa yang notabene tidak punya pancasila dan bhineka tunggal ika namun telah menerapkan nilai2 tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar