Minggu, 03 April 2011

Siswa Pamekasan Gondol Emas International Mathematic Contest


TEMPO Interaktif, Pamekasan -Alyssa Diva Mustika, siswa SMP Negeri 1 Pamekasan, Jawa Timur, berhasil meraih medali emas dalam ajang International Mathematic Contest yang diselenggarakan di Rumania antara 22 sampai 29 Maret 2011.
"Saya berterima kasih pada Diva karena telah mengharumkan nama Indonesia dan Pamekasan di mata international," kata Bupati Pamekasan Kholilurrahman, Kamis (31/3), di pendopo Ronggosukowati.

Kholil berharap pencapaian Diva bisa memacu semangat siswa lain untuk giat belajar dan berprestasi di bidang akademik. "Untuk Diva jangan pernah puas, terus belajar dan raih prestasi lainnya," ujarnya.

Menurut Kholil, selain Diva, prestasi internasional lain pernah ditorehkan Andi Oktavian Latief, siswa SMA Negeri 1 Pamekasan yang berhasil meraih emas olimpiade fisika internasional tahun 2006. Prestasi serupa juga diraih Mohammad Shohibul Maromi juga dari SMA Negeri 1 yang meraih medali emas fisika 2010 lalu. "Terakhir ada Mohammad Salim Ghazali, santri Pamekasan ini menjadi pemenang pertama lomba hafal quran 20 juz tingkat Asia Pasific," ujarnya.

Banyaknya torehan prestasi siswa Pamekasan tersebut yang kemudian membuat Pamekasan ditetapkan sebagai Kota Pendidikan oleh Menteri Pendidikan Mohammad Nuh.

Diva saat diwawancarai wartawan secara singkat mengaku senang bisa meraih medali emas di ajang international. Apalagi, kata dia, jalan menuju medali emas tidak mudah karena persaingan dengan siswa dari negara lain sangat ketat. "Alhamdulilah bisa menang, saya akan lebih giat lagi belajar," ujarnya. Selain Diva, ada sembilan siswa dari daerah lain yang menjadi perwakilan Indonesia dalam International Mathematic Contest.

MUSTHOFA BISRI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar