Senin, 11 April 2011

berita baru: robot indonesia juara di amerika


tiga tim mahasiswa dari ITB, UGM, dan Unikom berhasil menjuarai kompetisi robot "Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest" di Hartford, Connecticut, AS, 9-10 April 2011.

Tidak tanggung-tanggung, semua robot yang dikirim tiga kampus tersebut berhasil menggondol gelar juara. "Seluruh robot perwakilan Indonesia juara semua. Membanggakan," tulis Kusprasapta Mutijarsa, pembimbing tim robot dari ITB, dalam akun Twitter miliknya @kusprasapta.
Tim Indonesia berhasil menyingkirkan peserta dari negara lain seperti Amerika Serikat dan China. 

1. Tim robot ITB juara 1 dan 2 divisi Walking Robot
2. Tim robot UGM juara 1 dan 2 divisi Senior Wheeled Robot
3. Tim robot UNIKOM juara 1 dan 2 RoboWaiter Entry Level, dan juara 1 RoboWaiter Advanced





Tujuh robot Indonesia yang diwakili oleh tim dari ITB, UGM dan UNIKOM mengikuti 2011 Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter Competition, 9-10 April 2011, Hartford Connecticut USA.

Hasilnya:
1. Tim robot ITB juara 1 dan 2 divisi Walking Robot
2. Tim robot UGM juara 1 dan 2 divisi Senior Wheeled Robot
3. Tim robot UNIKOM juara 1 dan 2 RoboWaiter Entry Level, dan juara 1 RoboWaiter Advanced

Seluruh robot Indonesia berhasil menjadi juara. Sungguh membanggakan. Tahun depan mari kita kirim robot lebih banyak.

indonesia juara kontes robot 2011
 robot dari unikom

robot contest 2011 in USA
robbot dari ugm

kontes robot 2011
robot ITB


 Rektor ITB Akhmaloka mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih mahasiswa Indonesia dalam kontes robot di Amerika Serikat. "Prestasi para mahasiswa jelas membanggakan karena berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," ujar Akhmaloka di Bandung, Senin (12/4/2011). 

Seperti diberitakan, tiga tim mahasiswa dari ITB, UGM, dan Unikom berhasil menjuarai kompetisi robot "Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest" di Hartford, Connecticut, AS, 9-10 April 2011.

Tidak tanggung-tanggung, semua robot yang dikirim tiga kampus tersebut berhasil menggondol gelar juara. "Seluruh robot perwakilan Indonesia juara semua. Membanggakan," tulis Kusprasapta Mutijarsa, pembimbing tim robot dari ITB, dalam akun Twitter miliknya @kusprasapta.

Tim Indonesia berhasil menyingkirkan peserta dari negara lain seperti Amerika Serikat dan China. Tim ITB yang terdiri dari tiga orang mahasiswa dan dibimbing dosen Kusprasapta Mutijarsa berangkat karena menjadi pemenang Kontes Robot Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang. Sebelum berangkat, robotnya disempurnakan terlebih dahulu.

Kategori yang dimenangi tim ITB adalah divisi berkaki dari robot bernama Zarqun. Selain juara satu, robot milik ITB juga menyabet juara dua. Sementara itu, tim UGM mendapat juara pertama dan kedua untuk divisi beroda tingkat senior. Lomba pemadam kebakaran robot akan menempatkan robot di sebuah labirin, peserta akan mencari sumber api dan memadamkannya tanpa terkecoh sumber panas lain seperti lampu. 

Sehari sebelumnya, tim dari Unikom juga menyabet juara I dan II untuk kategorirobowaiter standard dan kategori robowaiter advanced. Pelaksanaan kategori itu adalah mempertandingkan robot untuk membawa piring dan mengikuti jalur tertentu tanpa menabrak obyek lain.

1 komentar:

  1. sukses buat ITB "INDONESIA" kalo bisa kalahin donk robot doraemON HEHEHEHE.....

    BalasHapus