Minggu, 10 April 2011

[TIPS] Kiat Menjaga Motivasi Untuk Berolah Raga


Kiat Menjaga Motivasi Untuk Berolah Raga
Tidak ada yang menyangkal manfaat olahraga untuk kesehatan. Yang sering menjadi masalah adalah motivasi kita untuk memulai dan agar tetap berolahraga. Pada dasarnya motivasi bisa berasal dari dalam diri (intrinsik) dan dari luar diri kita(ekstrinsik). Jika Anda melakukan kegiatan (olahraga) karena alasan untuk kesehatan, menurunkan berat badan, atau mengurangi stres maka artinya Anda melakukan olahraga karena motivasi internal. Sebaliknya jika Anda melakukan olahraga karena hanya ingin mengikuti gaya hidup teman atau hanya karena harga diri maka itu disebut sebagai motivasi eksternal. Kegiatan yang didasari oleh motivasi internal biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik dan bertahan lama. Dibawah ini ada beberapa cara untuk menjaga motivasi Anda agar tetap berolahraga.

1. Edukasi diri Anda. Buatlah diri Anda mengerti mengapa olahraga penting bagi Anda dan bagaimana Anda mengambil manfaat olah raga yang Anda lakukan. Pengetahuan bisa Anda dapatkan dari buku, majalah atau langsung bertanya pada ahlinya.

2. Temukanlah sebuah model/contoh. Lebih banyak bergaul dengan orang-orang yang selalu berolahraga dan yang memiliki pola hidup sehat. Jika sahabat-sahabat Anda selalu melakukan olahraga dan makan makanan yang sehat maka Andapun pasti akan melakukan hal yang sama juga.

3. Buatlah daftar alasan pribadi Anda mengapa perlu berolahraga. Cobalah luangkan waktu beberapa hari untuk membuat daftar/list alasan yang bisa Anda temukan dari diri Anda sendiri, kenapa olahraga penting untuk Anda lakukan. Misalnya “Saya melakukan olahraga untuk : menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, menguatkan fungsi jantung, membuat Saya lebih kuat jika harus berjalan jauh , Ingin panjang umur agar bisa melihat anak dan cucu tumbuh dewasa, dsb.)

4. Lakukan olahraga dengan sahabat. Latihan yang dilakukan bersama dengan sahabat atau teman dekat akan membuat anda selalu senang dan merasa bahagia selama melakukan latihan.

5. Tentukanlah tujuan . Menentukan tujuan sangat penting karena akan membuat Anda bisa menentukan target latihan. Untuk mengawali tentukanlah target yang ringan (sangat mudah dicapai) misalnya berjalan kaki 2 km mengelilingi rumah, kemudian target ditingkatkan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

6. Buatlah olahraga menyenangkan. Lakukanlah olahraga yang paling Anda sukai. Anda bisa memilih olahraga mana yang paling Anda sukai mungkin saja Anda lebih suka berenang, berjalan kaki, bersepeda, fitnes, atau apa saja yang Anda sukai. Jangan memilih olahraga yang kurang Anda sukai karena Anda tidak akan senang menjalaninya.

7. Gantilah jenis olahraga Anda.Melakukan olahraga yang sama dalam waktu lama mungkin menyebabkan Anda bosan, tidak ada salahnya jika sekali waktu Anda mencoba olahraga yang berbeda agar Anda tetap termotivasi untuk berolahraga

8. Jagalah motivasi Anda. Menjaga motivasi bisa Anda lakukan dengan membaca artikel, majalah tentang kesehatan dimana Anda bisa menemukan banyak pengetahuan tentang manfaat olah raga. Hal ini akan membuat motivasi anda terjaga. Jika Anda suka berselancar didunia maya (internet) Anda boleh mencoba untuk mendaftar pada situs atau blog kesehatan dan anda dengan rutin akan dikirimi news letter (e-mail) yang berisi tentang kesehatan yang akan meningkatkan pengetahuan Anda dan menjaga motivasi Anda.

9. Berilah penghargaan pada diri Anda. Setelah melakukan olahraga yang melelahkan, Anda bisa mengunjungi Spa untuk memanjakan tubuh Anda sebagai penghargaan atas usaha yang telah anda lakukan. Tetapi janganlah menghargai usaha Anda dengan mengunjungi sebuah rumah makan atau restoran setelah berolah raga karena usaha Anda untuk mencapai badan yang sehat akan sia-sia!!!.
Apapun motivasi Anda, baik dari dalam maupun dari luar tidak jadi masalah asalkan Anda tetap bisa berolahraga secara teratur. Selamat mencoba tips diatas dan SELAMAT BEROLAHRAGA…….
Oleh dr. Sugiritama



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar