Jumat, 01 April 2011

★★[MUST SEE]Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau yg Kurang Dikenal Dimata Nasional★★

Pekanbaru


Pekanbaru adalah ibukota Propinsi Riau di Sumatra, yang terletak di Sungai Siak, yang mengalir ke Selat Malaka. Pekanbaru adalah kota terpadat ketiga di Pulau Sumatera (setelah Medan dan Palembang) dengan penduduk hampir 1 juta. Selain penduduk asli Melayu Riau, kota ini juga diwakili oleh kelompok etnis lain di mana Minangkabau adalah yang terbesar dari mereka, dan kemudian diikuti dengan Jawa, Batak, dan Tionghoa.


Pekanbaru memiliki akses langsung ke Selat sibuk dan dikenal untuk waktu yang panjang sebagai pelabuhan dagang - nama kota berasal dari kata bahasa Indonesia dari 'pasar baru' atau 'kota baru' ("Pekan" berarti 'pasar' atau 'kota ', dan "baru " berarti' baru '). Penyelesaian Sebuah telah ada di situs kota sejak abad ke-17. Pada akhir abad 19, kota ini dikembangkan untuk melayani kopi dan industri batubara, dan jalan dibangun Belanda untuk membantu barang kapal ke Singapura dan Malaka.

Karena Pekanbaru, adalah gerbang utama ke Indonesia dari Singapura, kota ini menjadi berhenti favorit untuk semua jenis wisatawan yang kemudian pergi lebih jauh ke pedalaman di Indonesia. Pasar Pusat, Pasar Pusat, adalah tujuan perjalanan dan makanan dianggap sebagai harta-barang rumah tangga. Pasar Bawah dan Pasar Tengeh di wilayah pelabuhan memiliki barang-barang Cina, termasuk keramik dan karpet.

Di kota inilah ane dilahirkan gan, kota tempat ane dibesarkan, kota tempat ane dididik sampai saat ini gan. Ane gk akan pernah bisa ngelupain ni kota gan. Kota ini mengandung banyak potensi yg sangat indah gan. Dari bangunan yg megah, hasil tambang, dan sumber daya manusianya gan. Anak anak Pekanbaru adalah anak anak yg pintar gan, banyak mendapat presattasi, bukan hanya di tingkat nasional, tapi di tingkat internasional gan. Ane terinspirasi membuat thread ini karena ane miris gan, gk banyak orang Indonesia yg tau dengan Pekanbaru gan. Ane juga miris dengan perkataan mantan Presiden Indonesia, Almarhum Gusdur. Beliau berkata, "Riau gk ada apa apanya". Itu yg membuat ane pengen nunjukin ke mata nasional kalau Pekanbaru itu punya banyak potensi gan. Langsung aja ya gan


Pustaka Wilayah Soeman Hs


Pustaka Wilayah Riau atau dulunya juga dikenal dengan pustaka Soeman HS (mungkin sekarang juga masih itu namanya). Nampaknya di Riau ini ada trend memberi nama suatu lembaga dengan nama pahlawan atau nama orang legendaris. Seperti nama pustaka ini, Soeman Hasibuan (HS) adalah seorang sastrawan legendaris dari Riau. Tak hanya pustaka wilayah, Anjungan Seni Idrus Tintin (nama seniman Riau), UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jembatan Siak yang bernama Sultanah Latifah (semua dari nama pahlawan).


Terlepas dari itu semua Pustaka daerah Riau ini memang sangat megah, mungkin pustaka in akan menjadi salah satu landmark Provinsi Riau yang tentunya harus bersaing dengan bangunan megah lainnya seperti Masjid Agung An-Nur, Anjungan Seni Idrus Tintin dan Gedung Pemerintahan 9 lantai Provinsi Riau yang dibangun dalam waktu bersamaan dengan pustaka ini.

Kabarnya, Pustaka ini adalah Pustaka termegah se-Sumatra gan. Di Pustaka ini tempat ane biasa belaja rkelompok sama teman teman ane selain di sekolah gan. Tempat enak banget gan, nyama, sejuk gan. Berbanding terbalik dengan keadaan diluarnya yg panas gan hehe

Puswil



Arena Purna MTQ XVII Pekanbaru


Purna MTQ XVII berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru, tidak jauh dari kawasan bandar udara Sultan Syarif Kasim II (SSK II). 


Pada pusat lokasi ini berdiri dengan megahnya Anjung Seni Indus Tintin yang kini menjadi salah satu ikon budaya di Pekanbaru. Tempat dibangun untuk penyelenggaraan MTQ Nasional ke XVII, tahun 1994 yang lalu. Di arena ini kita dapat menikmati suasana santai yang mengasyikkan sambil menyantap berbagai macam makanan yang banyak di jual, mulai dari makanan ringan seperti jagung bakar, hingga makanan yang mengenyangkan ada tersedia di sini. Berbagai konser dan pentas seni juga dapat kita saksikan, baik di halaman purna MTQ ini maupun di dalam gedung/hall.

Purna MTQ merupakan pusatnya tempat nongkrong para remaja dan pemuda kota bertuah Pekanbaru, jangan terkejut bila berkunjung pada sore hari banyak anak muda yang menghabiskan waktu mereka disini dengan berbagai hal, dan pada subuh hari-hari libur tempat ini selalu ramai. Selain itu kita dapat pula berkeliling-keliling untuk melihat berbagai rumah adat setiap kabupaten dan kota se-propinsi Riau.

MTQ

Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru


Mesjid Agung An-Nur Riau terletak hampir di pusat kota ini, tepatnya di jalan Hang Tuah merupakan mesjid propinsi dengan bentuk bangunan yang menarik dilengkapi tiang besar dan tinggi melambangkan kebesaran-Nya, terletak di pusat kota Pekanbaru, mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas.


Masjid Agung An-Nur merupakan masjid termegah di Riau Saat ini. Selain berfungsi sebagai fasilitas ibadah masjid ini juga sebagai pusat kegiatan remaja mesjid se-Riau khususnya kota Pekanbaru.

Fasilitas Masjid Agung An-Nur Pekanbaru:
- Lantai bawah masjid merupakan tempat skretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta tempat pelaksanaan pendidikan Islam.

- Masjid ini juga tersedia fasilitas hot spot gratis tanpa bayar dan free user logon tanpa harus meminta password, jadi apabila anda bawa laptop berfasilitas Wifi anda dapat berinternet sepuasnya!.

- Di halaman masjid Agung An-Nur Riau merupakan lapangan luas, bila sore hari akan ramai dikunjungi masyarakat kota untuk berolahraga atau bersantai.

- Lahan Parkir Masjid Agung sangat luas, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat dan enam. Lokasinya juga aman, nyaman.

Mesjid ini pun kabarnya juga mesjid termegah di Sumatra. Di mesjid inilah ane biasa jogging sama teman teman ane gan. Nyaman banget jogging ni mesjid ini, gk cuma jogging, banyak yg main bola, badminton, sepeda, dan banyak lagi. Tapi mayoritas dari penggunanya adalah untuk jogging, karena tempat ini dilengkapi dengan jogging track gan

An-Nur



Anjungan Seni Idrus Tintin


Anjungan Seni Idrus Tintin yang berdiri megah di Arena Purna MTQ yang sekarang berubah namanya menjadi komplek Bandar serai Jalan Sudirman Pekanbaru merupakan salah satu wonder building di Pekanbaru. Dengan bangunan berciri khas melayu Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin ini lebih mirip Istana dari pada tempat pertunjukan seni.


Anjungan Seni ini juga menjadi tempat dilaksanakannya acara puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2008 yang dihadiri hampir seluruh artis perfilman tanah air dan menjadi saksi bisu kejayaan Dedi Mizwar dan Naga Bonar Jadi 2. Bahkan Anjungan Seni Idrus Tintin ini seperti berubah menjadi objek wisata karena selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk sekedar berfoto, melihat atau duduk-duduk santai di sore harinya.

Sebagai pengetahuan tambahan nama Idrus Tintin diambil dari seniman kenaam Riau. Almarhum lahir di rengat dan penerima Anugrah Sagang.

Tintin


Labersa, Hotel Bintang 5 (Lima)


Labersa Grand Hotel & Convention Center merupakan salah satu dari 3 hotel berbintang 5 (Lima) di Pekanbaru. Labersa Grand Hotel merupakan tujuan ekskulif untuk berlibur bagi para jetset, eksekutif muda kota Pekanbaru, Riau maupun para wisatawan. 


Labersa Grand Hotel & Convention Center cukup dekat dengan Bandara Udara Internasioanl Sultan Syarif Kasim II. Sehingga akses dari-menuju pusat kota mudah serta singkat.

Labersa menyediakan tak kurang 245 kamar, kamar suite dengan view hijau dilingkungan sekelilingnya plus sebuah lapangan golf luas (telah lama berdiri) terhampar.

Labersa Grand Hotel & Convention Center merupakan bagian dari pengembangan usaha PT. Hutahean bergerak di bidang jasa kontruksi - perkebunan. Selain keberadaan hotel berbintang 5 (lima) sebagai bagian bisnis utama, di kawasan seluas 350 hektar juga dibangun sejumlah fasilitas penunjang pariwisata bertaraf internasional, seperti lapangan golf dan Water Park. Nantinya juga akan menyokong pelaksanaan PON Riau 2012.

Labersa Grand Hotel & Convention Center dirancang untuk pertemuan dengan fasilitas 'canggih' lengkap sebagai kebutuhan bisnis elit. Tersedia pula telekomunikasi nirkabel, hi-tech serta Laser Disc suara sistem.

Salah satu Ballroomm, Kampar sanggup menampung hingga 2500 tempat duduk. Hal-ini terbesar se-Sumatra untuk Konferensi, Insentif Konvensi, Rapat dan Pameran.

Seperti Hotel Bintang 5 plus lainnya Labersa Grand Hotel & Convention Center juga terdapat pusat hiburan Restoran, Karaoke menampilkan Halls. Hotel Labersa memiliki tiga restoran unik. Intinya Labersa memang dirancang untuk hiburan, bisnis..

Kategori, Spesifikasi kamar Labersa Grand Hotel & Convention Center:
- Deluxe = 72 Kamar
- Deluxe Elite = 127 Kamar
- Executive Suite = 18 Kamar
- Diplomat Suite = 2 Kamar
- Ambasador Suite = 2 Kamar
- Royal Suite = 1 Kamar
- Presidential Suite = 1 Kamar

Amanities & Service Hotel Labersa
- Kamar bebas rokok
- Air Conditioning
- Jubah
- Koran harian
- Akses Internet (nirkabel)
- Dalam-Kamar
- Televisi
- Mini bar
- TV Satelit / Kabel
- Layanan kamar 24 jam
- Lantai Eksekutif
- Bar / Pub
- Restoran
- Gym / Fasilitas
- Spa
- Kolam Renang Luar Ruangan

Labersa ini adalah hotel yg biasa dipakai untuk acara acara penting, termasuk konser konser gan. Konser terakhir yg diadakan di tempat ini adalah konser Maliq and D'Essentials dan Afgan. Ane nonton tu gan hehe  Di Labersa ada juga Water Boom gan. 

Gk cuma hanya Labersa gan, masih banyak hotel hotel berbintang yg megah lain gan. Contohnya Grand Jatra Hotel, Hotel Furaya, Hotel Resty Menara, Hotel Oase, Dyan Graha Hotel, Hotel Grand Zuri, Hotel Ibis, Pangeran Hotel, Hotel Mutiara Merdeka, Hotel Aryaduta, Sri Indrayani (3 stars), Grand Elite Hotel.


labersa



SMA Negeri 8 Pekanbaru (Sekolah Bertaraf Internasional)


Kenapa SMA ini yg ane pilih gan? Karen ane sekolah dimari gan hehe. Mantep banget dah ni sekolah. Murid muridnya istimewa semua gan. Pintar pintar gan, salut ane gan, tapi gk tau yg kalau dengan anenya 


Sekolah ini adalah Sekolah Bertaraf Internasional gan. Banyak yg bisa dibanggain dari sekolah ini gan. Mulai dari murid muridnya yg berprestasi di tingkat Nasional, gk cuma di Tingkat Nasional gan, tapi di Tingkat Internasional gan. Nama anak yg pernah ikut Olimpiade Internasional di Oxford, Inggris bernama Bening Tirta Muhammad. DIa mendapat juara 3 DUNIA dalam bidang KIMIA. Dapat bersekolah gratis di Oxford, dan bisa sekolah atau melanjutkan pendidikannya di tempat lain selain Oxford dengan gratis gan. Dia memilih Nanyang Technological University, Singapore. Giaman gan? Keren kan gan?

Ane sendiri masih kelasi 2 gan, tepatnya XI IPA 7 gan hehe. Nama asli ane Muhammad AD Zikri. Sekolah ini merupakan sekolah terbaik di Pekanbaru gan. Program utama sekolah ini adalah di bidang lingkungan. Kami sedang gencar gencarnya tentang merawat lingkungan gan. Sekolah kami ikut serta dalam Toyota Eco Youth gan. Toyota Eco Youth adalah festival tingkat nasional dalam bidang lingkungan gan.

Sekolah ini adalah sekolah yg sangat disiplin gan. Bel berbunyi jam 6.45, pagar tutupnya sih jam 7 gan, tapi kan was was juga kalau denger bel udah bunyi hehe. Pulang sekolah jam 15.00. Bagi siswa rambut di wajibkan dengan ukuran potongan rambut 1 cm gan. Emang sih SMA 8 terkenal dengan muridnya yg botak botak hehe. Tapi bagi pihak pihak yg agak sedikit nakal, nyuri nyrui juga buat rambut panjang, termasuk ane 

Sebenarnya gk cuma SMA ini yg baertaraf Internasional gan. Setau ane ada 3 sekolah lagi, yaitu SMA Cendana Rummbai, SMAN Plus. Karena ane gk tau menau soal sekolah g itu, jadi ane gk bisa nerangin gan hehe

SMA 8





SUMBER

SUMBER

SUMBER

SUMBER

SUMBER

SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar