Minggu, 10 April 2011

Bahaya Malaria pada Anak-Anak dan Perempuan Hamil


Sharing Gan! Tentang penyakit malaria, jelang Hari Malaria Sedunia 25 April.
  • Apa itu malaria?
Malaria adalah penyakit serius yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Penyakit malaria adalah penyakit menular dan menyerang semua golongan umur yaitu bayi, anak-anak dan dewasa. Malaria juga sangat membahayakan ibu hamil, karena mengakibatkan anemia, keguguran, bayi lahir mati, Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR), dan kematian ibu. 

Setiap tahun terdapat 300-500 juta kasus malaria di dunia. Menurut WHO kasus malaria tahun 2006 mencapai 250 juta dan penyebab 1 juta kematian utamanya anak balita.Di daerah yang terjangkit malaria, penyakit tersebut dapat menjadi penyebab utama kematian dan penghambat pertumbuhan anak. 
  • Berapa banyak penderita malaria di Indonesia?
Angka penderita malaria cukup tinggi, mencapai 70 juta atau 35% dari penduduk Indonesia. Di masa yang akan datang, penderita malaria akan terus meningkat akibat mobilitas penduduk yang relatif cepat, perubahan lingkungan antara lain karena pembangunan wilayah (pembukaan hutan, industri, pertambangan, dan lain-lain) yang kurang memperhatikan aspek kualitas lingkungan sehat. 

Lebih lanjut tentang bagaimana penularan malaria dan gejalanya, serta bagaimana Agan-Agan bisa membantu anak-anak yang paling rentan dari malaria klik di sini 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar