Senin, 11 April 2011

3 +1 to Become a Wolfman


Mendaur ulang sebuah film bukanlah perkara mudah, apalagi bila film yang diproduksi ulang tersebut merupakan film klasik. Walaupun didukung dengan dana yang tidak sedikit - bujet THE WOLFMAN mencapai angka $150 juta, namun ternyata film yang sempat berkali-kali harus menjadwal ulang masa perilisannya ini hanya berhasil meraup pendapatan sebesar $139,789,765 saja.
Apabila menilik orang-orang yang terlibat di dalamnya, sulit rasanya membayangkan film yang diremake dari film berjudul sama yang dirilis 70 tahun yang lalu ini akan gagal total secara komersil, bahkan mendapat kritikan pedas dari berbagai kalangan. Bagaimana tidak, posisi sutradara dihuni oleh Joe Johnston yang dikenal melalui JUMANJI (1995) dan JURASSIC PARK III (2001), sedangkan beberapa nama ternama terlibat sebagai pemainnya, sebut saja duo peraih Oscar; Benicio del Toro dan Anthony Hopkins.

Namun ternyata tidak seluruh hal berbau THE WOLFMAN merupakan kegagalan. Akhir Januari lalu, film yang proyeknya telah dicanangkan sejak Maret 2006 ini diumumkan masuk nominasi untuk kategori Best Achievement in Makeup dalam ajang 83rd Academy Awards yang akan dihelat pada akhir Februari nanti. Pencapaian ini tidak terlepas dari tangan dingin sang makeup artist; Rick Baker, yang kemampuan serta kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. THE WOLFMAN memang sulit dilepaskan dari sosok Baker, karena film versi orisinilnya lah yang membuat makeup artist yang telah memenangkan enam Oscar ini menekuni profesinya sekarang.

Untuk THE WOLFMAN yang notabenenya merupakan remake dari film favorit serta inspiratornya tersebut, Baker secara pribadi sejak awal telah mengajukan diri kepada pihak studio dan orang-orang terkait bahwa ia ingin terlibat dalam versi terbaru ini. Ia pun mengerjakan tugasnya dengan sangat serius, dengan tujuan akhir bahwa sosok aktor del Toro yang telah memiliki banyak rambut di tubuhnya ini dapat menjadi manusia serigala yang terlihat nyata.

Tentu saja bukan perkara mudah untuk memvisualisasikan sosok manusia serigala tersebut. Baker yang telah malang melintang di dunia makeup artist sejak 1971 saja membutuhkan waktu setidaknya tiga jam untuk menjadikan del Toro menjadi manusia serigala mengerikan yang terlihat di dalam film. Tidak itu saja, karena untuk menjadi sosoknya seperti semula, del Toro tetap harus bersabar selama satu jam lagi hingga seluruh makeup di tubuhnya lepas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar