Kamis, 02 Juni 2011

Kupu-Kupu Sayap Burung terbesar di Dunia yg hanya ada di Pulau Papua

Kupu-Kupu Bersaya Burung

Kupu-kupu bersayap burung adalah berbagai jenis spesies kupu-kupu yang endemik di India, Asia Tenggara, dan Australia, dengan konsentrasi tertinggi di Pulau Papua. Kupu-kupu sayap burung mencakup tiga genus, yaitu, Ornithoptera, Trogonoptera, dan Troides. Berbagai spesies kupu-kupu Ornithoptera sp. adalah kupu-kupu terbesar di dan terindah di Indonesia. Pada awal abad ke-18 pelancong Eropa melihat kupu-kupu ini dan mengiranya adalah burung yang tengah terbang melintasi hutan karena ukuran saya yang besar, bentuk sudut sayap dan cara terbangnya.

Peta Persebaran Kupu-Kupu Sayap Burung


Pulau Papua memiliki koleksi keragaman burung terkaya. Kawasan Pegunungan Arfak di kawasan Utara Papua adalah pusat terbesar penyebaran kupu-kupu ini. Adapun di Papua Nugini, pusat sebaran adalah hutan di Provinsi Oro, Papua Nugini Timur. Akibat keindahan dan keunikannya, kupu-kupu sayap burung terancam akibat perburuan untuk dijaidikan koleksi.


Ornithoptera goliath

Kupu-kupu sayap burung goliath (Ornitophtera goliat) berdiameter 28 cm adalah kupu-kupu terbesar kedua di dunia setelah kupu-kupu sayap burung Ratu Aleksandra (Ornithoptera alexandrae) yang berdiameter hampir 33 cm. Keduanya hanya ditemukan di Pulau Papua, tetapi kupu-kupu sayap burung Ratu Aleksandraa di temukan di hutan Provinsi Oro, Papua Nugini Timur.




Ornithoptera alexandrae


Kupu-kupu ini adalah kupu-kupu yang paling langka dari semua kupu-kupu birdwing di dunia yg terletak di hutan hujan Papau New Guinea.
Kupu-kupu ini menjadi incaran para kolektor sama dengan kupu-kupu sayap goliath di atas, para kolektor yg tidak berhati menangkapnya untuk di jadikan koleksi. Alexandrae adalah salah satu dari beberapa spesies kupu-kupu di seluruh dunia yang dilindungi PENUH CITES1. Bagi pelanggar yg menangkap dan menjual secara ilegal akan mendapat hukuman besar termasuk hukuman penjara. Harga Alexandrae saat ini sampai dengan $15.000 atau sama dengan Rp.150juta per pasang.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar