Jumat, 17 Juni 2011

Tips Marketing Seputar Launching Produk

Tips Marketing Seputar Launching Produk 


Momen launching produk bagi para pelaku usaha baru tentu menjadi suatu kegiatan yang mendebarkan. Di balik kebanggaannya akan keberhasilan menciptakan sebuah produk baru dalam memulai bisnis, tentu saja terdapat sebuah kekhawatiran, tantangan besar telah menanti mereka dalam upayanya memasarkan produk-produknya. Persaingan pasar yang sudah padat, kesalahan dalam menentukan potitioning, kesalahan dalam menentukan strategi pasar, hingga rendahnya minat konsumen sehingga produknya belum bisa diterima pasar, menjadi fenomena tersendiri bagi mereka para pelaku usaha yang baru belajar memulai bisnis.

Lalu bagaimana cara kita agar terhindar dari permasalahan tersebut? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir semua resiko tersebut?

Berikut kami sampaikan beberapa tips pemasaran yang bisa Anda lakukan ketika meluncurkan atau melauching sebuah produk baru:


1. Sebelum meluncurkan sebuah produk, Anda harus mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada. Cari tahu seberapa tinggi minat konsumen terhadap produk Anda, dan seberapa padat persaingan pasar yang ada saat ini. Informasi ini akan menjadi modal awal Anda, sebelum akhirnya meluncurkan produk tersebut kepasaran.

2. Tentukan target pasar secara tepat. Sebelum meluncurkan produk ke pasaran, pastikan Anda telah membidik pasar tertentu sebagai lahan yang cukup potensial untuk pemasarkan produk Anda. Setelah target pasar ditetapkan, maka selanjutnya Anda dapat menentukan strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk pasar tersebut.

3. Tambahkan nilai lebih pada produk Anda. Salah satu poin penting yang menjadi kekuatan bagi Anda untuk menghadapi persaingan pasar yaitu dengan memiliki nilai tambah dan pembeda terhadap produk para pesaing. Jika pesaing Anda memasarkan produk yang sudah biasa, maka Anda harus berani meluncurkan produk yang luar biasa dan memiliki nilai lebih dibandingkan produk lainnya yang sudah ada di pasaran.launching produk

4. Untuk menarik para konsumen, Anda dapat merancang event launching produk Anda dengan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Misalnya saja menggunakan strategi promosi “Beli Dua Gratis Satu”, menawarkan diskon khusus selama launching produk berlangsung, atau memberikan hadiah tertentu untuk pembelian produk dalam jumlah yang telah ditentukan.

5. Jika Anda mmiliki dana lebih untuk event ini, Anda bisa libatkan para tenaga pemasar serta para ahli dibidang tersebut, agar proses pengenalan produk baru dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dapat Anda lihat ketika sebuah perusahaan melaunching produk barunya, mereka sering menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG) atau salesman untuk membantu proses pemasaran produk selama acara launching produk berlangsung.

6. Promosikan produk Anda melalui media massa, baik elektronik maupun media cetak. Misalkan promosi melalui iklan di majalah, tabloid, surat kabar, televisi, radio, atau mempromosikannya melalui situs-situs di media online, sehingga produk Anda benar-benar dikenal oleh target pasar Anda.

Dengan beberapa tips marketing seputar launching produk tersebut, semoga para para pelaku usaha dapat meminimalisir resiko yang ada, dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Selamat berkarya dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar