Sabtu, 18 Juni 2011

Going Merry

Going Merry (ゴーイングメリー号 Gōingu Merī-gō?) dikenal juga dengan nama Merry Go, adalah nama sebuah kapal fiksi dalam serial anime dan manga One Piece

One Piece Ship
Nama:Going Merry
Dipimpin olehMonkey D. Luffy
Senjata:4 kanon
Tipe kapalCaravel




Sejarah Going Merry

Rute East Blue

Going Merry didesain oleh Merry, pelayan kepercayaan Nona Kaya. Kapal ini dilengkapi dengan empat meriam, satu di depan, 2 di setiap sisi kapal, dan satu di bagian buritan kapal. Meskipun memiliki meriam, mereka jarang menggunakannya; mereka memilih untuk kabur jika tidak memiliki kesempatan untuk bertarung dalam jarak dekat (hand-to-hand combat)
Kapal ini diberikan kepada Monkey D. Luffy, Zoro Roronoa, Usopp, dan Nami sebagai balas jasa karena telah berhasil menggagalkan Kapten Kuro dan kelompoknya yang berencana untuk menyerang Desa Syrup dan membunuh Kaya. Setelah berakhirnya kisah Arlong, Nami membuat kebun Jeruk yang bibitnya ia dapatkan dari kebun Belle-Mère di atas kapal.

Dari Gunung Reverse ke Skypiea

Going Merry memiliki ketahanan luar biasa untuk menerima kerusakan parah selama hidupnya. Kepala kambing di depan kapal pernah patah dan dipasang kembali setelah kapal itu bertubrukan dengan paus bernama Laboon. Luffy menghancurkan tiangnya dan menusukkannya ke Laboon. Wapol dari pulau Drum memakan sebagian kapal ini. Di luar pesisir Arabasta kapal ini dibombardir dengan tombak besi selama konfrontasi dengan Hina ketika kru topi jerami akan meninggalkan Arabasta. Beberapa bagian kapal terpotong oleh anak buah Bellamy di pulau Jaya, tetapi setelah itu diperbaiki. Kapal ini sangat parah mendapat kerusakan selama berada di Skypiea, sayap yang baru dipasang hancur, tiangnya terbakar, dan beberapa bagian mendapat kerusakan. Kapal ini juga selamat dari terjun bebas 10.000 meter ketika akan kembali ke Blue Sea dari langit Skypiea.

Cerita Water Seven

Setelah pendaratan mereka di Water Seven, Luffy sang kapten kapal dari bajak laut topi jerami, membuat keputusan untuk mengganti kapal mereka ke kapal yang baru setelah mengetahui kalau kapal mereka sudah tidak mungkin dibetulkan lagi. Walaupun pemenuhan pilihan ini ditinggalkan oleh kru Luffy dan Galley-La katika pertarungan mereka dengan CP9. Keadaan ini membawa konflik antara Luffy dan Usopp. Usopp tidak setuju kalau Going Merry harus diganti (karena kapal itu merupakan hadiah dari Kaya, teman Usopp). Keduanya lalu berdebat dan bertarung, dan diakhiri dengan Usopp meninggalkan kru topi jerami.

Kapal Penerus

Ketika sedang beristirahat setelah tragedi Enies Lobby, Franky, Iceburg, dan tukang kayu dari Galley-La Company membuatkan sebuah kapal untuk Kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang dibuat dengan kayu legendaris Adam. Namanya adalah Thousand Sunny, tapi Iceburg mengartikannya sebagai "raja hewan" karena kepalanya berbentuk seperti singa. Kapal ini bertipe Brigantine, dan menurut Roronoa Zorou kurannya 2 kali lebih besar dari Going Merry. Menurut Franky, Thousand Sunny memiliki jiwa dari Going Merry. Gerbang 2 dari Soldier Dock System Franky, akan mengeluarkan kapal kecil berbentuk Going Merry yang dinamakan Mini Merry. Secara fisik, Thousand Sunny lebih hebat dari Going Merry.

Trivia

  • Going Merry menduduki peringkat 50 pada pemilihan karakter di Jepang.
  • Pada beberapa halaman pembuka setiap cerita, selalu ditampilkan gambar para kelompok bajak laut topi jerami. Anehnya, pada cerita 358, Going Merry muncul daripada mereka, yang menandakan kalau Iming Merry adalah bagian dari mereka.

Referensi

Pranala luar



1 komentar: