Rabu, 01 Juni 2011

Membuat Fire Text Effect {Kobaran Api}


aftereffect
menjadi seperti dalam kobaran api!! Waah..pasti asik! Ya kira2 kaya gambar di samping lah. Memang efeknya kelihatan abstrak sih. Karena memang ada beberapa kreasi tentang fire effect. Dan ini yang saya anggap paling gampang(ciieeeeeee). Dan juga, mungkin trik ini yang paling pendek di antara trik fire text effect lain, padahal trik ini udah cukup panjang(wooow). Langsung aja yah, ga enak kalo lama2, hehe…

1.buat lembar baru dengan background hitam dengan ukuran terserah, yang penting ga kekecilan. Lalu buat text yang akan di beri effect . beri warna putih.

create text

2.putar text kamu seperti gambar di bawah. Bisa gunakan transform[ctrl+t].
rotate text layer

3. seleksi tulisanmu[ctrl+klik pada icon layer textmu(yang bergambar ‘T’)]. Lalu copas[ctrl+c kemudian ctrl+v]. setelah itu akan muncul layer baru(isinya duplikat textmu tadi). Klik pada gambar mata untuk membuat layer kamu invicible.

make layer invicible

4.select layer textmu lalu tekan ‘ctrl+e’ [layer>>merge layers]. lalu pastikan untuk menyeleksi layer paling bawah yang sudah ter-merge tadi.

merge layer

5.masuk ke setting wind [filter>>stylize>>wind]. Set opsi2nya seperti di bawah ini:

wind setting

6.ulangi beberapa kali, sesuai selera deh. Tapi kurang lebih 3-5kali. Cara cepatnya [filter>>last filter].

wind result

7.pilih smudge tool [ada di toolbar, di bawah eraser tool]. lalu geser2kan pada efek wind tadi hingga menyerupai api. Lihat gambar di bawah.

smudge tool

8.hasilnya:

smudge result

9.duplikat layer tersebut [klik kanan pada nama layer>>duplicate layer…]. Lalu hilangkan icon mata pada layer duplikat tadi. Kemudian select layer yang paling bawah. Kira2 seperti gambar di bawah.

make layer invicible

hue/saturation
10.ubah gelap-terangnya dengan cara [image>>adjustment>>brightness/contrast] dan rubah warnanya dengan cara [image>>adjustment>>hue/saturation]
brightness/contrast 
11.sekarang select layer duplikatmu tadi dan kembalikan icon matanya tadi [klik]. Kemudian ganti warnanya[image>>adjustment>>hue/saturation]. Set seperti gambar di bawah.

make layer vicible hue/saturation

12.ganti blending mode [ada dalam kotak layer] dari normal menjadi screen.

change blending mode

13.sesuaikan komposisi warna dengan mengubah hue/saturation dan brightness/contrast.

change color compilations

14.untuk layer yang paling atas tadi, kembalikan icon matanya [visible]. Lalu seleksi layer tersebut.

make layer vicible

15.ganti warnanya. Bisa dengan brush, gradient tool, atau paint bucket tool, yang penting seleksi dulu area yang akan kamu ganti warnanya agar tidak berceceran.

aftereffect

16.sampai di sini dulu yaa…^^ Sebenarnya ada triknya agar textnya terlihat lebih terbakar. Tapi berhubung sudah cukup panjang, mungkin lain kali aja yah^^. So, ikuti terus trik2nya!! Kalo ada pertanyaan, saran, kritik, aau tambahan, bisa lewat komen atau email. Tengkyu..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar