Minggu, 05 Juni 2011

melihat keindahan P.PEUCANG

PULAU PEUCANG


Pulau Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.


Peucang
Koordinat 
Negara :Indonesia
Gugus kepulauan :-
Provinsi :Banten
Kabupaten :Pandeglang
Garis pantai :600 m
Luas :3 ha
Populasi :-


ASAL NAMA PULAU PEUCANG
Dinamakan peucang mengambil nama dari sejenis siput yang sering ditemukan di pantainya. Penduduk setempat biasa menyebutnya "mata peucang". "Peucang" juga adalah istilah dalam Bahasa Sunda untuk menyebut kancil.

DAYA TARIK PULAU PEUCANG

Pantai pulau ini teramat indah dengan hamparan pasir putih dengan laut hijau muda kebiru-biruan. Warna biru lautnya sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling.

Obyek yang cukup menarik perhatian wisatawan di pulau ini adalah Karang Copong adalah nama sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) yang terletak di bagian utara pulau.

Di sini menjadi tempat favorit untuk menyelam karena keindahan dasar laut dan keanekaragam ikannya. Juga menjadi tujuan bagi wisatawan yang menyukai memancing.


KEINDAHAN PULAU PEUCANG








KARANG COPONG



FAUNA PULAU PEUCANG
Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa seperti Rusa (Cervus timorensis), Banteng Jawa (Bos javanicus javanicus), Merak Hijau (Pavo muticus), Lutung (Trachypithecus auratus auratus), Kijang, Babi Hutan (Sus verrucosus) dan Biawak.





FLORA PULAU PEUCANG
Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Flora di kawasan ini di antaranya merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata). Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika aranya menjadi dewasa.



CARA MENCAPAI PULAU PEUCANG

Pulau Peucang terletak di Taman Nasional Ujung Kulon, sekitar 3 jam dari desa terdekat Desa Sumur dengan menggunakan kapal ke Pulau Peucang.Waktu tempuh dari Jakarta ke Sumur sekitar 6 jam, melalui jalur Serang-Pandeglang-Labuan. Kondisi jalan sempit, berliku dan berlubang. Kemudian kami menyeberang dengan kapal menuju Pulau Peucang sekitar 3 jam.

Pulau Peucang merupakan bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak Timur Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk masuk kawasan ini, pengunjung cukup membayar Rp 2.500 per orang.


PENGINAPAN PULAU PEUCANG
Di sini juga tersedia penginapan, yang harganya cukup bervariasi, Flora A Rp 780.000,- (6 kamar, AC), Flora B Rp 680.000,- (6 kamar, AC), Fauna Rp 400.000,- (8 kamar).Ada juga hitungan berdasarkan perkamar, yaitu Rp Rp 150.000,- Rp 250.000,- perhari (tanpa AC).Ditempat penginapan ini kami dapat melihat rusa, monyet dan babi hutan yang jinak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar