Minggu, 05 Juni 2011

iCat a Friendly Robot

iCat a Friendly Robot


iCat - a Friendly Robot yg akan membantu Anak-anak Tumbuh Kembang
Dapatkah robot kucing menjadi teman untuk anak-anak dan orang dewasa? Philips Penelitian di Belanda dikembangkan iCat, sebuah prototipe robot user-interface yang cerdas secara emosional. Hal ini dapat digunakan sebagai teman permainan untuk anak-anak atau sebagai asisten TV, atau memainkan peran lainnya.

The Ami Paradigm
Dikembangkan pada akhir tahun 1990an, paradigma Ami menyajikan visi untuk sistem digital dari 2010 dan seterusnya. perkembangan teknologi saat ini memungkinkan integrasi elektronik ke dalam lingkungan, sehingga memberikan orang dengan kemungkinan untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka dalam mulus, dapat dipercaya dan mudah digunakan cara. Ini berarti bahwa embedding-melalui-miniaturisasi adalah sistem utama desain obyektif dari sudut pandang perangkat keras. Dalam perangkat lunak kita belajar kesadaran konteks, akses di mana-mana, dan interaksi alam. Manfaat user bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat? hidup dengan menciptakan suasana yang diinginkan dan menyediakan fungsionalitas yang sesuai dengan cara cerdas, sistem pribadi dan saling berhubungan dan jasa.

Konsep iCat
robot emosional umumnya dianggap sebagai sebuah perkembangan baru dan menjanjikan untuk intuitif interaksi antara pengguna dan lingkungan Ami. iCat dikembangkan sebagai robot platform terbuka interaktif dengan umpan balik emosional untuk menyelidiki aspek-aspek interaksi sosial antara pengguna dan robot domestik dengan ekspresi wajah
iCat adalah karakter robot 38cm tinggi seperti kucing. Kepala berisi 13 servomotors yang dapat menggerakkan kepala dan bagian yang berbeda dari wajah, termasuk alis, mata, kelopak mata, dan mulut. The servomotors dapat menghasilkan ekspresi wajah, yang memberikan robot sosial fitur cerdas; lihat Gambar 2. Melalui kamera di hidung, iCat dapat mengenali objek dan wajah menggunakan teknik computer vision. Setiap kaki berisi mikrofon yang dapat mengidentifikasi suara, pidato mengenali, dan menentukan arah sumber suara. Seorang pembicara dalam bagian bawah dapat memutar suara (WAV dan MIDI) dan pidato terhubung. iCat dapat dihubungkan ke jaringan rumah untuk mengontrol peralatan rumah tangga, dan ke Internet untuk mendapatkan informasi. iCat bisa merasakan sentuhan melalui sensor di kakinya. Hal ini dapat mengkomunikasikan informasi dikodekan oleh cahaya berwarna melalui LED multi-warna di kaki dan telinga. Misalnya, LED di telinga dapat menunjukkan berbagai mode operasi seperti tidur, terjaga, sibuk, dan mendengarkan.


Psikologi memenuhi Teknologi
Salah satu pertanyaan kunci untuk iCat penelitian adalah untuk mengetahui apakah ekspresi wajah dan berbagai perilaku dapat memberikan robot kepribadian dan jenis kepribadian akan paling sesuai selama interaksi dengan pengguna untuk aplikasi tertentu. Penelitian dengan iCat telah difokuskan pada evaluasi konsep aplikasi untuk iCat, misalnya sebagai seorang teman permainan untuk anak-anak atau sebagai asisten TV. pertanyaan penelitian dalam studi ini adalah: "Apa yang dilakukan pengguna lebih suka kepribadian?" dan "Apa tingkat kontrol yang mereka suka?"

Hasil penelitian pengguna dengan iCat sebagai teman permainan menunjukkan bahwa anak-anak lebih suka bermain game dengan iCat daripada untuk bermain game-game ini yang sama dengan komputer. Mereka dapat mengenali perbedaan kepribadian antara versi berbeda dari iCat diprogram. Secara keseluruhan, iCat lebih ekstrovert dan ramah ini lebih suka kepribadian yang lebih netral.

Muda dan orang dewasa paruh baya juga dapat mengenali perbedaan kepribadian dalam iCat sebagai asisten TV. Dalam studi ini dua kepribadian digabungkan dengan dua tingkat kontrol. Dalam kondisi kontrol yang tinggi, iCat menggunakan gaya perintah-dan-kontrol interaksi berbasis pidato, sedangkan dalam kondisi kontrol rendah itu menggunakan gaya bahasa dialog pidato berbasis, sistem-dimulai alami. Kombinasi disukai adalah seorang ekstrovert dan kepribadian yang bersahabat dengan rendah kontrol pengguna.

Salah satu hasil paling menarik adalah bahwa kepribadian robot mempengaruhi tingkat kontrol yang dirasakan orang. Hal ini sangat relevan dalam konteks sistem cerdas yang bekerja secara mandiri untuk mengambil tugas membosankan dari tangan manusia. Hal ini menunjukkan bahwa kepribadian robot dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan jumlah pengguna kontrol yang memandang.


Kesimpulan
Penelitian dengan iCat telah menunjukkan bahwa emosi mekanis-diberikan dan perilaku dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap cara pengguna melihat dan berinteraksi dengan robot. Selain itu, pengguna lebih memilih untuk berinteraksi dengan robot sosial-cerdas untuk berbagai aplikasi, dibandingkan dengan lebih berarti interaksi konvensional. Berbagai penelitian lebih lanjut direncanakan. Salah satu pertanyaan yang akan dibahas adalah bagaimana iCat harus bersikap untuk menginspirasi kepercayaan dan kepatuhan dalam pengguna, penting jika seseorang berpikir tentang kucing robot sebagai pelatih (kesehatan) pribadi, misalnya.

Tambahan :

iCat adalah plug & play robot desktop user-interface yang mampu mekanis rendering ekspresi wajah. Kemampuan ini membuat robot ideal untuk mempelajari interaksi manusia-robot. Robot telah disediakan oleh Philips Research (Eindhoven, Belanda) untuk merangsang penelitian di daerah ini lebih lanjut dan secara khusus untuk merangsang topik penelitian seperti robot sosial, kolaborasi manusia-robot, bersama-perhatian, game, dan kecerdasan ambien.

11 RC servos dan 2 motor DC untuk ekspresi wajah dan kontrol tubuh. Setiap servos atau motor yang digunakan untuk mengontrol bagian individu iCat:
2 x alis (RC servo)
2 x kelopak mata (RC servo)
3 x mata (RC servo)
4 x bibir (RC servo)
1 x tubuh (motor DC)
1 x kepala (motor DC)
4 multi-warna RGBLEDs dan sensor sentuh kapasitif yang terletak di kaki dan telinga. The RGBLEDs dapat digunakan, misalnya, untuk berkomunikasi iCats Mode operasi (misalnya tidur, terjaga, sibuk, dan mendengarkan)
USB hub untuk menjembatani perangkat USB internal di iCat ke PC.
USB webcam di hidung dengan resolusi 640 x 480 piksel dan 60fps. Hal ini dihubungkan ke hub USB internal atau melalui konektor USB eksternal di bagian belakang iCat ke komputer lain. Webcam USB dapat digunakan untuk kemampuan visi komputer yang berbeda, seperti mengenali objek dan wajah.
USB stereo soundcard dan loudspeaker di kaki. The soundcard stereo USB terhubung ke hub internal atau melalui konektor USB eksternal di bagian belakang iCat ke komputer lain. Sebuah mini jack plug untuk speaker tersedia untuk menghubungkan mikrofon eksternal. Para soundcard dan speaker adalah untuk bermain suara dan pidato.
Stereo mikrofon di kaki. Sebuah plug jack mini tersedia untuk menghubungkan mikrofon eksternal.

iCat adalah robot tanpa prosesor onboard yang dikendalikan oleh PC (laptop atau desktop) melalui kabel USB.


VIDEO



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar