Rabu, 10 Agustus 2011

Pintu-Pintu Neraka

di uzbekistan di kota darvaz, terdapat sebuah lubang besar yang di dalamnya menyala api selama 35 tahun dan tidak pernah padam. Lubang tersebut dinamakan “the door to hell” oleh warga setempat. Artinya, “pintu menuju neraka”. Apakah itu memang pintu menuju neraka? Atau salah satu keajaiban dunia? Atau bahkan salah satu human error atau kesalahan manusia?


Kenyataannya, lubang tersebut dulunya adalah sebuah gua bawah tanah. Sebuah tim penggali yang juga merupakan ahli geologi menggali lubang diatasnya dan mereka menemukan gua bawah tanah tersebut. Gua tersebut sangatlah besar hingga seluruh alat penggali dan perkemahan tim penggali tersebut ikut masuk ke dalamnya. Tak ada yang berani masuk ke dalamnya karena gua tersebut terisi penuh oleh gas. Maka tim tersebut meledakkan gua bawah tanah itu agar tidak ada gas berbahaya yang keluar dari dalamnya. Sejak saat itu, api yang ada di dalamnya tak pernah berhenti membakar hingga sekarang, 35 tahun setelahnya.


neraka adalah sebuah tempat kembali bagi orang-orang yang berdosa dan yang mendustakan allah swt. Neraka akan menjadi tempat mereka disiksa atas dosa-dosa mereka dengan berbagai macam bentuk siksaan yang mengerikan dan bahkan tak terbayangkan manusia. Dalam al quran, allah swt banyak menyebutkan mengenai neraka dan kengerian siksanya. Salah satunya disebutkan dalam surat az zukhruf ayat 74-78.


ِإنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي عَذَابِ جَهَنَّمَ خَالِدُونَ لا يُفَتَّرُ عَنْهُمْ وَهُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ وَمَا ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا هُمُ الظَّالِمِينَ وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ لَقَدْ جِئْنَاكُمْ بِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَكُمْ لِلْحَقِّ كَارِهُونَ


“sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka jahannam. Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Dan tidaklah kami menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Mereka berseru: "hai malik biarlah tuhanmu membunuh kami saja". Dia menjawab: "kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)". Sesungguhnya kami benar-benar telah memhawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.”

seperti halnya surga, neraka juga mempunyai pintu masuk yang banyak. Dalam surat az zumar ayat 72 yang artinya, “dikatakan (kepada mereka): "masukilah pintu-pintu neraka jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" maka neraka jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.” dalam ayat tersebut disebutkan pintu-pintu. Itu berarti neraka memiliki lebih dari satu pintu. Dalam surat al hijr ayat 44, disebutkan bahwa neraka memiliki tujuh pintu.
[right]

لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ
[/size]

“jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.”

disebutkan bahwa ketujuh pintu tersebut sudah ditetapkan untuk masing-masing golongan tertentu, sama seperti pintu-pintu surga, hanya saja surga terdiri dari delapan pintu. Setiap manusia yang berdosa akan dimasukkan ke dalam tingkat tertentu dan melalui pintu neraka yang sesuai dengan perbuatannya. Tingkatan yang satu lebih keras siksanya dari tingkat yang lain.

ا
لنَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لِجَهَنَّمَ سَبْعَةُ أَبْوَابٍ بَابٌ مِنْهَا لِمَنْ سَلَّ سَيْفَهُ عَلَى أُمَّتِي أَوْ قَالَ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ


“nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "neraka jahannam mempunyai tujuh pintu. Satu pintunya disediakan bagi orang yang menghunus pedangnya kepada umatku". Atau ia mengatakan dengan redaksi: " kepada umat muhammad.”

hr ahmad

dalam hadits lainnya disebutkan nama ketujuh pintu neraka tersebut. “pintu neraka itu ada tujuh. Yaitu jahanam, lazha, saqar, huthamah, jahim, sa’ir, dan hawiyah.” (hr ibnu abbas). Inilah penjelasan mengenai ketujuh pintu tersebut:


pintu-pintu neraka


1. Pintu jahanam
dinamakan jahanam karena para penghuninya bermuka masam dan daging mereka akan dibakar. Siksaan yang diterima di sini adalah siksaan yang paling ringan. Paman nabi muhammad saw, abu thalib yang meninggal dalam keadaan kafir dimasukkan ke dalam neraka ini.


2. Pintu lazha

disebutkan dalam al quran bahwa neraka ini memiliki api yang bergejolak dan penghuninya akan dikelupas kulit kepalanya. Al ma’arij 15-16.


كَلا إِنَّهَا لَظَى نَزَّاعَةً لِلشَّوَى


“sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak, yang mengelupas kulit kepala.”


3. Pintu saqar

neraka ini akan memakan daging para penghuninya, tanpa tulang mereka.

4. Pintu huthamah


وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ الَّذِي جَمَعَ مَالا وَعَدَّدَهُ يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ كَلا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الأفْئِدَةِ إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ

“kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam huthamah. Dan tahukah kamu apa huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.”
dalam surat al humazah disebutkan dengan jelas bahwa orang yang suka mengumpat, mencela, dan menghitung-hitung harta akan memasuki neraka ini. Mereka akan dibakar dengan api yang membakar hingga ke hati. Daging, tulang, dan hatinya akan dibakar habis dan mereka akan diikat dalam tiang-tiang yang panjang. Apinya akan memercikkan bunga api yang besarnya sebesar istana.






5. Pintu jahim

bara api dalam neraka ini sangatlah besar. Bahkan saking besarnya, hingga satu bara api melebihi besarnya dunia.

6. Pintu sa’ir

di dalam neraka ini terdapat hewan-hewan mengerikan seperti kalajengking dan ular. Alat penyiksaan di neraka ini juga termasuk tali, rantai, belenggu, dan sumur penderitaan.

7. Pintu hawiyah

siapapun yang memasuki neraka ini, tidak akan pernah bisa keluar untuk selamanya. Di dalamnya juga terdapat sumur habab (sumur debu) yang jika dibuka akan mengeluarkan api. Ini adalah neraka yang paling berat siksaannya, paling mengerikan dan abadi.

Dalam surat an nisaa ayat 145 disebutkan bahwa orang munafik akan dimasukkan ke dalam neraka yang paling dasar (kerak neraka) dan tidak akan ada yang bisa menolong mereka. Maka sesungguhnya hanya allah swt sajalah yang tahu, neraka yang manakah di antara yang telah disebutkan, neraka yang paling dasar.

Pintu-pintu neraka akan selalu terbuka, kecuali pada satu bulan setiap tahunnya. Yaitu dalam bulan ramadhan. Dalam bulan tersebut, pintu-pintu neraka akan ditutup untuk menghormati bulan suci ramadhan.


رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ


rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "bila bulan ramadlan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan pun dibelenggu."

hr muslim

maka, berhati-hatilah dalam berbuat. Agar kita tidak berakhir dengan mengantri di depan salah satu pintu neraka. Karena sesungguhnya siksaan yang ada di balik setiap pintu-pintu neraka merupakan siksaan yang sungguh mengerikan, tak tertahankan, dan tak terbayangkan sakitnya. At tahrim ayat 6:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


“hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai allah terhadap apa yang diperintahkan-nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar