Rabu, 10 Agustus 2011

8 Hasil Rekaan Jules Verne yang Menjadi Kenyataan

Jules Gabriel Verne , (8 Feb 1828 - 24 Maret 1905) adalah seorang penulis Perancis dari Brittany yang memelopori genre fiksi ilmiah. Ia terkenal karena novel seperti Twenty Thousand Leagues Under the Sea (1870), A Journey To The Center Of The Earth (1864), dan Around the World in eighty days (1873). Verne menulis tentang ruang, udara, dan perjalanan bawah air sebelum perjalanan udara dan kapal selam praktis diciptakan, bahkan sebelum perjalanan ruang angkasa telah dirancang. Dia adalah penulis individu ketiga paling diterjemahkan di dunia, menurut Index Translationum. Beberapa buku-bukunya juga telah dibuat menjadi film. Verne, bersama dengan Hugo Gernsback dan HG Wells, sering populer disebut sebagai "Bapak Fiksi Ilmiah"..


Hari Selasa (8 Februari 2011) kemarin bertepatan dengan hari kelahiran Jules Verne yang ke 183 tahun. dan jika ia masih hidup untuk melihat tahun 2011, maka penulis fiksi ilmiah Perancis ini akan melihat banyak penemuan-penemuan rekaan fantastisnya yang telah menjadi kenyataan.

Berikut adalah 8 hasil rekaan Jules Verne yang menjadi kenyataan:

1. Kapal Selam Listrik

Dalam novel yang paling terkenal, Twenty Thousand Leagues Under the Sea, Kapten Nemo melakukan perjalanan di lautan dunia menggunakan sebuah kapal selam listrik raksasa, Nautilus.

Selain dari fasilitas-fasilitas utama, ruang makan formal, dan kemewahan lain, Nautilus tidak berbeda jauh dari beberapa kapal selam modern seperti "Alvin" yaitu kapal selam tiga penumpang, yang didukung oleh baterai timbal-asam.

Seperti Alvin, Nautilus sepenuhnya didukung oleh listrik, "yang pada waktu itu memiliki semacam aura magis," kata Rosalind Williams, seorang sejarawan teknologi di Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

Dalam buku Kapten Nemo menggambarkan listrik sebagai "agen yang kuat, patuh, cepat, mudah, yang sesuai dengan menggunakan setiap, dan memerintah tertinggi di kapal saya."



Alvin



2. Siaran Berita

Dalam artikel tahun 1889 Jules Verne menggambarkan metode alternatif untuk surat kabar: "daripada dicetak, berita di bumi setiap pagi dibacakan kepada para pelanggan".

siaran berita pertama baru ada pada tahun 1920, menurut Associated Press-hampir 30 tahun setelah Verne membayangkan itu. Siaran jaringan televisi pertama baru ada 28 tahun kemudian, menurut CBS News. 




3. Layar Surya

Pada karya fiksi ilmiahnya di tahun 1865 ,From The Earth To The Moon (Dari Bumi ke Bulan), Jules Verne berspekulasi tentang pesawat ruang angkasa bertenaga cahaya. Saat ini, teknologi tersebut memiliki nama: layar surya, salah satunya adalah foto dibawah ini adalah konsep NanoSail berorbit buatan NASA.

Hari ini, Verne secara luas dianggap sebagai penulis yang banyak membayangkan teknologi modern bahkan dekade sebelum mereka ada.

"Dia memperkirakan banyak hal yang pada saat ini telah terjadi, tapi itu karena ia banyak membaca dan berbicara dengan orang dan ia tahu apa yang sedang terjadi di dunia sekelilingnya, jadi mengapa kita harus terkejut?" kata Williams dari MIT.

"Ini bukan sihir. Ia hanya memperhatikan banyak hal."




4. Lunar Module

Jules Verne juga menulis tentang apa yang sekarang disebut modul lunar, seperti kapsul kru berbentuk kerucut di bawah ini adalah roket NASA yang meluncur Dari Bumi ke Bulan, ia menggambarkan "proyektil" yang dapat digunakan untuk membawa penumpang ke Bulan.

Verne membayangkan "sebuah pistol besar meluncur, dan Anda mendapatkan cukup kekuatan untuk menerobos gravitasi". Verne umumnya bersusah payah untuk menjelaskan bagaimana membayangkan temuan rekaannya dapat bekerja. Verne hanya membayangkan ide-ide tentang bagaimana Anda melakukan sesuatu selalu didasarkan pada realitas materi." kata Williams dari MIT.





5. Skywriting

Jules Verne adalah pengamat dunia di sekelilingnya, dan salah satu bidang yang ia perhatikan adalah iklan. Pada tahun 1889, Verne menjelaskan tentang "Iklan atmosfer" mirip dengan skywriting.

"Semua orang akan melihat iklan tersebut sangat besar tercermin dari awan," Verne menulis, "begitu besar sehingga mereka dapat dilihat oleh penduduk di seluruh kota atau bahkan seluruh negara."

Meskipun Verne memiliki minat dan ketertarikan dengan gadget dan mesin, Verne tidak memiliki pelatihan teknik, dia memiliki latar belakang hukum "dan bekerja di teater,akan tetapi ia memiliki teman-teman yang tertarik pada ilmu pengetahuan dan penemuan dan eksplorasi." kata Williams dari MIT.




6. Video Conference

Pada tahun 1889, Jules Verne menggambarkan tentang "phonotelephote" yaitu pelopor teknologi videoconference hari ini, seperti pada gambar di atas, digunakan untuk menghubungkan anggota keluarga jauh di Korea Utara dan Korea Selatan pada tahun 2005.

Phonotelephote ini memungkinkan "transmisi gambar melalui cermin sensitif yang dihubungkan dengan kabel," tulis Verne.

Phonotelephote Verne adalah referensi ke sebuah videophone dalam fiksi, menurut Technovelgy.com, website yang menyusun katalog penemuan dan ide dari fiksi ilmiah.

Imajinasi Verne itu juga sangat dipengaruhi oleh jurnal ilmiah dan teknis, kata William.

"Dia membaca dengan lahap,"katanya. "Dia pergi ke klub pria di mana semua jurnal itu berada dan ia mengambil catatan, jadi dia tahu bahwa ada sebuah kapal selam yang sedang diuji coba di Laut Utara, misalnya."



7. Taser

Topik favorit Jules Verne bukan hanya tentang spekulasi kendaraan, tapi ia juga menulis tentang senjata yang belum ada. Misalnya, dalam Twenty Thousand Leagues Under the Sea, ia menggambarkan sebuah senjata yang memberikan sentakan listrik yang kuat, seperti sebuah "alat kontrol elektronik" Taser.

Verne menulis: "Bola yang dikirim oleh senjata ini bukanlah bola biasa, tetapi serpihan-serpihan kecil dari kaca. Serpihan ini ditutupi dengan casing baja, dan diberi bobot dengan pelet timbal." -perangkat abad ke 18 yang digunakan untuk menyimpan listrik statis-"dimana listrik dipasang pada tegangan yang sangat tinggi dan dengan sedikit kejutan mereka akan mengalir habis, bahkan hewan yang kuat sekalipun itu mungkin akan jatuh dan mati."


8. Splashdown Spaceship


Pada Novel From The Earth To the Moon, Verne membayangkan pendaratan pesawat ruang angkasa di laut dan mengambang, sama seperti ini kapsul Mercury pada gambar diatas.

Ada penulis Perancis lain pada abad ke-19 yang juga menceritakan tentang teknologi masa depan menjadi karya mereka, akan tetapi Verne lebih dikenang karena dia juga kebetulan menjadi pendongeng yang hebat, Williams mengatakan. "Dia bekerja 20 tahun di teater,"katanya. "Karakternya yang sederhana. Kejeniusan Verne adalah menggabungkan alur cerita yang mendalam dengan hal-hal yang up-to-date dan menggairahkan tentang ilmu pengetahuan dan penemuan."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar