Rabu, 04 Mei 2011

Keberadaan Osama Terendus Gara-Gara Kurir Ceroboh


Keberadaan Osama Terendus Gara-Gara Kurir Ceroboh
Metro Hari Ini / Internasional / Rabu, 4 Mei 2011 18:12 WIB
Metrotvnews.com, Washington: Menyusul tragedi 11 September 2001, Amerika Serikat menuding dan memburu Osama bin Laden sebagai pihak yang bertanggung jawab. Negeri Paman Sam terus berupaya menemukan pemimpin Al Qaeda ini.

Setelah bertahun-tahun memburu, AS akhirnya bisa mengendus keberadaan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden. Jejak Osama dapat diketahui secara tidak sengaja. Berkah bagi AS ini didapat setelah seorang kurir kepercayaan Osama bertindak ceroboh.

Kejadian tersebut berawal pada Agustus 2010. Sheikh Abu Ahmed, nama kurir yang sudah diidentifikasi pihak Amerika Serikat sebelumnya, tanpa sadar bertelepon dari satu rumah di Abbotabad.

Sejak itulah pihak intelijen AS mulai mengembangkan informasi. Mereka yakin, orang yang berdiam di Abbotabad adalah buron kelas kakap, meski belum mengetahui secara persis siapa aktor di balik bangunan tiga tingkat senilai Rp8,6 miliar tersebut.

Senin 14 Maret 2011, Barack Obama menggelar rapat tertutup di Gedung Putih. Setelah lima kali rapat, AS memastikan penghuni rumah di Abbotabad adalah salah seorang tokoh penting di jajaran Al Qaeda. Siapa pun tokoh itu, pada 29 April 2011 di Diplomatic Room, Obama memerintahkan penangkapan.

Dua hari kemudian, Ahad 1 Mei 2011, perintah obama baru dilaksanakan. Sekitar pukul satu dini hari, dua regu pasukan elit Navy Seals, yang masing-masing beranggotakan 12 orang diterjunkan dalam operasi bersandi Geronimo.

Usai bermain golf, Obama dan para pejabat keamanan berkumpul di ruang kendali situasi. Mereka menyaksikan jalannya operasi lewat televisi secara langsung. Tak ada perlawanan yang berarti. Hanya membutuhkan waktu 40 menit, pasukan Navy Seal sudah melumpuhkan perlawanan dengan menembak mati lima penghuninya.

Baru pada pukul 03:32, Obama masuk ke ruang kendali dan langsung memberi perintah. Sekitar pukul 03:50, Obama diberitahu, bahwa salah seorang tokoh Al Qaeda yang berhasil ditembak mati adalah Osama bin Laden. Selanjutnya, jenazah Osama pun dikirim ke Laut Arab.

Jelang tengah hari, Obama menggelar pidato nasional dan mengumumkan tewasnya Osama bin Laden.(RIZ)


Sumber : Link

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar