Sabtu, 21 Mei 2011

Pemerintah Dunia (One Piece)

Pemerintah Dunia (世界政府, Sekai Seifu) adalah organisasi politik fiktif yang ada pada serial manga dan anime One Piece.


Arti Simbol

Simbol dari Pemerintah di Dunia adalah 5 lingkaran yang arahnya menuju lingkaran di tengah. Melambangkan kekuatan negara dari ke 4 lautan (East Blue, South Blue, West Blue, dan North Blue) menuju ke lautan Grand Line. Negara-negara tersebut jumlahnya 180 negara.

Markas Besar

Sampai sekarang belum ada petunjuk tempat markas besar Pemerintah Dunia. Tetapi pada pertemuan para raja dan juga ketika rapat besar angkatan laut dan Shichibukai serta Gorosei berada pada tanah suci Marie Joa.
Sedangkan markas besar untuk angkatan laut adalah Markas Besar Angkatan Laut itu sendiri (belum ada nama pulaunya). Sedangkan pulau pengadilan Enies Lobby hanyalah pintu gerbang menuju pemerintahan dunia. Satu tempat lain milik pemerintah dunia adalah penjara bawah laut Impel Down.

Tentang Pemerintah Dunia

Pemerintah Dunia adalah yang memegang kekuasaan tertinggi atas dunia Internasional. Yang pertama disangka adalah "Pemerintah" adalahAngkatan Laut. Ternyata ada organisasi tertinggi bernama Pemerintah Dunia (WORLD GOVT.) yang memimpin seluruh kekuatan di bumi.
Ada 180 negara di dunia yang berpegang teguh kepada Pemerintah Dunia, dua yang baru diketahui adalah Kerajaan Arabasta dan Kerajaan Drum (kerajaan Drum sudah tumbang dan diganti Kerajaan Sakura berlambang bajak laut). Negara-negara tersebut tetap menjalankan pemerintahannya sendiri-sendiri sebagai yang tertinggi, hanya saja mereka bisa saling berhubungan karena bergabung dengan Pemerintah Dunia.
Pada mulanya, Pemerintah Dunia disangka sebagai organisasi yang melindungi dunia untuk kepentingan semua orang. Menggunakan angkatan laut untuk menangkap kriminal dan melindungi warga tidak berdosa di setiap negara di dunia. Pemerintah sebagai organisasi yang punya hak penuh untuk mendukung ataupun menghentikan setiap tindak politik.
Kenyataannya, yang tidak diketahui oleh rakyat, pemerintah bergerak secara diam-diam, kotor, dan dengan alasan yang rumit. Pada beberapa cerita yang menyangkutpautkan Pemerintah, diketahui pemerintah selalu menyembunyikan kebenaran dan tidak memperdulikan hak asasi orang. Orang-orang yang menjadi musuh Pemerintah Dunia akan terus diburu dan mereka yang diduga punya hubungan dengan orang itu juga akan diburu pula (walaupun orang itu hanya warga tak berdosa). Negara apapun yang melindungi atau menyembunyikan seorang kriminal akan ditindak secara cepat oleh Pemerintah Dunia (seperti seruan Buster Call). Peran penting Pemerintah untuk mengatur stabilitas internasional terlalu berat sebelah dengan kejahatan yang mereka perbuat.

Campur Tangan Pemerintah

[]
Insiden Ohara

20 tahun yang lalu, pada saat pulau Ohara dihancurkan oleh Buster Call, semua peneliti sejarah di pulau itu dikumpulkan untuk dihukum mati oleh anggota pemerintah (karena mereka mempelajari sejarah), sebelum itu, wakil dari para peneliti itu, Profesor Clover meminta waktu untuk berbicara dengan Gorosei. Ada sebuah hal menarik yang bisa didapat dari percakapan antara profesor Clover dengan Gorosei di telepon siput. Menurut Clover, dulu, ada sebuah kerajaan hebat, orang-orang kerajaan tersebut meninggalkan sebuah batu yang tidak bisa dihancurkan berbentuk batu bernama Poneglyph. Pada Poneglyph dituliskan sejarah yang diukirkan pada permukaannya. Tetapi kerajaan tersebut dihancurkan oleh musuh tak dikenal dan 800 tahun yang lalu, pada akhir dari abad kekosongan, sebuah organisasi bernama Pemerintah Dunia telah berdiri. Sejarah Abad Kekosongan menurut Profesor Clover adalah sejarah yang menggelisahkan bagi Pemerintah Dunia. Dan hilangnya kerajaan itu dipertanyakan padahal kerajaan itu sangat hebat tetapi kenapa bisa hancur oleh musuh dan semua sejarah yang menyangkutnya bisa terhapus?
Kenyataan inilah yang menyebabkan kenapa Pemerintah Dunia melarang semua yang berhubungan dengan Poneglyph, apa lagi membacanya. Ketika Prof. Clover akan menyebutkan nama kerajaan itu, dia ditembak oleh Spandine.

[]
Konspirasi Water 7

Pemerintah bergerak lagi sekitar 8 tahun yang lalu. Kali ini tujuannya adalah blueprint senjata kuno Pluton (Pluton adalah nama kapal perang). Entah apa yang akan pemerintah lakukan dengan senjata tersebut, akan dibangun atau malah dihancurkan. Blueprint tersebut ada pada tangan tukang kayu legendaris, Tom yang bertempat di Water 7. Pemerintah mengirim utusan yaitu CP5 dibawah Spandam dan menemui Tom. Tom berusaha untuk melindungi benda tersebut karena Tom sudah merasa kalau pemerintah adalah satuan yang egois. Akhirnya Tom mewariskan Blueprint itu pada Iceburg, salah satu muridnya.
Merasa dipermalukan oleh Tom, Spandam bersumpah untuk menghabisi Tom dan merebut Blueprintnya. Pada saat hari pengampunan Tom, Spandam menggerakkan kapal perang milik Cutty Flam, salah satu murid Tom untuk menghancurkan kapal pengadilan. Serangan itu membuat Tom dan Kedua muridnya (Flam dan Iceburg) menjadi tersangka utama penembakkan. Padahal pemerintah sengaja memfitnah mereka habis-habisan. Tom menyerahkan diri dan dibawa ke Enies Lobby. Cutty Flam yang tidak terima atas perlakuan pemerintah menghadang kereta api laut bermaksud menghentikannya. Flam tertabrak dan dinyatakan tewas oleh pihak Pemerintah dan difitnah sebagai pembunuh ratusan orang pada hari itu. Cutty Flam masih hidup dengan membuat kembali sebagian tubuhnya yang hancur dan menjadi mesin. Kemudian Flam menemui Iceburg yang saat itu sudah menjadi walikota Water 7, dan Iceburg memberikan Blueprint itu pada Cutty Flam dan menyuruh Flam mengganti namanya menjadi Franky.
Alasan Iceburg menjadi walikota Water 7 dan bekerja sama dengan Pemerintah (yang sudah seharusnya dia benci) adalah justru untuk memperjauh jangkauan Blueprint dari pemerintah, karena Iceburg sudah menjadi orang hebat yang mengepalai kota Water 7 dan juga seluruh tukang kayu Galley-La Company. Jangankan memperalat Iceburg, pemerintah tidak mampu menyentuhnya.
Sekali lagi pemerintah kehilangan jejak Pluton.

[]
Penyamaran Reputasi Arabasta

Salah satu aksi "licik" Pemerintah adalah menyembunyikan kebenaran tentang Crocodile dan tindakannya di Arabasta. Setelah Crocodile kalah dan semua seluk beluk organisasi Baroque Works diketahui, pemerintah menutupi kebenaran yang ada di negara tersebut. Sebenarnya Monkey D. Luffy-lah dan anggotanya yang mengalahkan semua satuan organisasi Baroque Works, pemerintah tidak mau kalau semua orang tahu bahwa negara Arabasta yang diambang revolusi kritis justru diselamatkan oleh bajak laut. Akhirnya Pemerintah memutuskan sebagai "sang penyelamat" adalah Kapten Smoker dan Sersan Mayor Tashigi dari Angkatan Laut. Mereka akan diberi penghargaan dan promosi kenaikan pangkat. Tetapi Smoker menolak dengan tegas sambil mengatakan dalam amarah:
"Kami yang mengalahkan Crocodile? justru anak buahku menangis karena tidak bisa melakukannya, tolong sampaikan kata-kataku pada para kakek pemimpin pemerintahan dunia itu, MAKAN SAJA PENGHARGAAN ITU SENDIRI"
Sebagai aksi lain dari pemerintah yaitu meningkatkan harga kepala Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro yaitu 100.000.000 Berry untuk Luffy dan 60.000.000 Berry untuk Zoro.

Anggota Pemerintah

Gorosei

Pemimpin tertinggi pada organisasi Pemerintah Dunia adalah Gorosei (五老星 Lima Bintang Tetua). Mereka adalah 5 orang tua yang pertama muncul pada cerita 233:Kekuasaan Tertinggi di Dunia. Mereka yang mengatur semua anggota pemerintahan Chiper Pol dan Angkatan Laut. Juga yang mengendalikan kerja para Shichibukai. Mereka memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang abad kekosongan 800 tahun yang lalu. Sepertinya mereka juga memiliki hubungan dengan Profesor Clover di Ohara. Salah satu Gorosei yang tinggi dan berjenggot yang berbicara dengan Clover dan menyuruh Spandine menembaknya.
Salah satu keanehan pada Gorosei yaitu pada cerita 20 tahun yang lalu, 22 tahun yang lalu, dan sekarang, wajah mereka sama sekali tidak berubah sampai rambut dan jenggotnya sekalipun. Kemungkinan mereka punya kekuatan yang berhubungan dengan "Keabadian" atau "awet muda". (Kasus awet muda terjadi pada Dr. Kureha).

Angkatan Laut

Angkatan laut adalah unit pemerintah yang mendominasi sebagian besar cerita ini. Angkatan Laut adalah satu-sattunya organisasi militer yang menjaga keamanan dunia, terutama setelah dunia memasuki Era Bajak Laut. Angkatan Laut bekerja langsung dibawah Gorosei.

Cipher Pol

Cipher Pol adalah organisasi kepolisian yang bertugas mengumpulkan data yang dicari pemerintah. Cipher Pol terdiri dari Cipher Pol 1 sampai Cipher Pol 8 dan mereka bekerja di 8 belahan bumi di dunia.

[]

Shichibukai

Shichibukai (7 dewa bajak laut) adalah 7 orang bajak laut yang bekerja secara resmi untuk Pemerintah Dunia dan membagi beberapa persen bagian pendapatannya untuk pemerintah.

[]

Profesor Vegapunk

Profesor Vegapunk adalah profesor yang bekerja spesialis dalam bidang penelitian buah iblis. Vegapunk bekerja untuk angkatan laut. Dialah yang menyelidiki tentang keberadaan batu laut yang bisa melemahkan para pemilik kekuatan buah iblis. Penemuan lainnya adalah cara menggabungkan kekuatan buah iblis dengan sebuah benda.
Kapal-kapal milik angkatan laut di lambung kapalnya dipasangi batu laut, gunanya untuk seakan "menghilangkan" keberadaan kapal dari mata monster laut sehingga bisa bebas melewati Calm Belt.

[]

Prajurit Pemerintah

Prajurit-prajurit ini sejajar dengan prajurit angkatan laut, baik jumlah maupun kekuatannya. Mereka juga bekerja bersama-sama dengan prajurit Angkatan Laut di Enies Lobby. Sampai sekarang, sistem perpangkatannya belum diketahui.
Seragam mereka hitam penuh, dan ada lambang WORLD GOVT. -nya di dadanya warnanya putih. Mereka juga mengenakan topi cowboy berwarna hitam.

[]

Corgy

  • Seiyū: Egawa Hisao
Corgy (コーギ, Kōgi) adalah pegawai pemerintah yang ditugaskan untuk berunding dengan Iceburg tentang blueprint Pluton. Selain itu dia terlihat menjadi "pemimpin" di antara prajurit pemerintah, terlihat dia duduk satu gerbong dengan anggota CP9 di kereta Puffing Tom. Corgy akhirnya dikalahkan oleh Sogeking (Usopp) pada saat rencana pembebasan kereta api laut, ketika Corgy sedang berbicara dengan Robin.
Corgy memiliki keahlian untuk mencium keberadaan kriminal atau bajak laut dengan hidungnya. Dan memang indera penciumannya tidak pernah salah.

Pegawai di Enies Lobby

[]

Kepala Pengawas

Kepala Pengawas yang juga pengatur seluruh kegiatan di Enies Lobby adalah Spandam.

[]

Cipher Pol 9

Cipher Pol (CP) 9 adalah agen Cipher Pol yang keberadaannya disembunyikan karena mereka punya kekuatan khusus. Mereka tinggal di menara keadilan di Enies Lobby.

[]

Kepala Pengadilan Baskerville

Baskerville si Kepala Tiga (3つ首のバスカビル Mittsu-Kubi no Basukabiru) adalah manusia besar berkepala tiga yang menjabat sebagai kepala pengadilan dan juga hakim tertinggi di Enies Lobby. Dia adalah satu-satunya orang yang menjabat sebagai hakim di Enies Lobby(lebih tepat dikatakan tiga). Sebagai sebuah pengadilan berjalan, setiap kepala Baskerville punya kebijakan sendiri-sendiri: yang di kiri menamakan dirinya Baskerville Kiri yang mengatur tangan kiri, yang di kanan menamakan dirinya Baskerville Kanan mengatur tangan kanan dan kepala yang di tengah menamakan dirinya Pengendali Pusat atau Perjalanan Chuo Line untuk Satu Orang daripada nama aslinya. Tingkah bodoh Baskerville tengah itu membuatnya dibentur dan dijepit oleh dua Baskerville lainnya.
Baskerville kiri memilih menghukum topi jerami karena mereka adalah kriminal, sedangkan Baskerville kanan punya pandangan kalau topi jerami dilepaskan saja. Baskerville tengah lebih memilih yang lebih ekstrem dari mereka berdua, dia malah meributkan tentang hukuman topi jerami.
Mereka melawan keluarga Franky dan Galley-La ketika di gedung pengadilan, dan ketika mereka dibelah oleh Zambai dan Pauly, ternyata Baskerville sebenarnya ada 3 orang. Yang di tengah adalah orang dengan kaki sangat besar tapi tangannya kecil, orang kiri dan kanan cuma duduk di paha orang di tengah. Nama asli si kanan adalah Bas, si Kiri adalah Kerville dan yang tengah memanggil dirinya Princess.

[]

Oimoo dan Karsee

Oimo dan Karsee adalah dua raksasa penjaga gerbang depan Enies Lobby. Mereka bertarung melawan keluarga Franky dan tukang kayu Galley-La. Oimo dan Karsee mengalahkan keluarga Franky termasuk tiga orang Mighty Destroyer. Akhirnya Sodom, Gomorrah dan pasukan lain datang dan mengalahkan Karsee. Sedangkan Oimoo dikalahkan karena tertubruk kereta api Rocketman. Mereka sudah 50 tahun menjaga gerbang depan Enies Lobby dan mereka sangat suka tidur.
Ketika Sogeking ditinggal oleh kelompok di gerbang depan, dia mendengar Oimoo menangis karena gagal melindungi gerbang dan menyesal karena tidak bisa menyelamatkan pemimpin mereka. Ternyata (untungnya untuk Topi Jerami), pemimpin mereka adalah Dorry dan Burogy, raksasa Elbaf yang ditemui di pulau Little Garden. Sogeking kemudian menceritakan apa yang terjadi sebenarnya pada kelompok bajak laut raksasa.
Oimoo dan Karsee ditipu oleh Pemerintah Dunia ketika mereka mencoba mencari pemimpin mereka. Oimoo dan Karsee tertangkap oleh pemerintah dan setelah pemerintah tahu tujuan mereka, pemerintah berbohong kalau pemimpin mereka sudah ditangkap oleh angkatan laut. Pemerintah berjanji untuk membebaskan pemimpin mereka kalau Oimoo dan Karsee mau bekerja di Enies Lobby selama 100 tahun.
Setelah tahu mereka ditipu, mereka mengadakan pemberontakan di Enies Lobby bersama Sogeking dan para tukang kayu. Mereka membersihkan jalan sepanjang gerbang depan sampai gedung pengadilan. Di sana dia membantu Yokozuna menjaga pintu gedung dan melempar Sogeking ke atap untuk bertemu teman-temannya.
Setelah pertempuran di Enies Lobby berakhir, Oimoo dan Karsee membawa Sodom dan Gomorrah yang terluka dan mencoba kabur dari Buster Call lewat kereta Puffing Tom. Terakhir mereka terlihat memperbaiki Water 7 dan ikut pesta dengan topi jerami. Mereka merencanakan untuk kembali ke pulau Elbaf.

[]

Hou no Banken Butai

Arti: Satuan Anjing Penjaga Keadilan
Disingkat Houbantai, mereka adalah pasukan elit yang menjaga Enies Lobby dibawah perintah langsung dari Baskerville. Mereka terdiri dari pasukan yang bersenjata dua pedang dan menumpang anjing. Pada tangan mereka ada tato WORLD GOVT.

[]

11 Juri Teradil

Adalah 11 orang yang paling ditakuti dan terkuat di Enies Lobby di bawah perintah Baskerville. Mereka memegang sebuah bola rantai raksasa dan merekalah yang mengatakan seorang tawanan "Bersalah" atau "Tidak Bersalah". Salah satu dari merekalah yang mengalahkan Gomorrah.

[]

Kapal Pengadilan

Muncul pada saat masa lalu Franky. Dikatakan kalau kapal pengadilan semacam pengadilan keliling yang mengadili kriminal di tempat dia berlabuh. Mereka mengadili Tom di Water 7 dan dihukum dikirim ke Enies Lobby. Akhirnya kapal ini dihancurkan oleh Spandam dan memfitnah ke Franky.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar