Sabtu, 21 Mei 2011

Berkunjung Taman Wisata Alam Angke Kapuk



Tempat ini seperti sebuah oase di antara hutan baja pencakar langit. Mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang keberadaan tempat ini. Terletak di wilayah Kotamadya Jakarta Utara, Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk adalah salah satu kawasan konservasi alam yang berekosistem mangrove.


Sebuah daerah di kawasan utara Jakarta. Terletak dekat dengan perumahan Elit, Pantai Indah Kapuk yang memiliki tempat wisata air buatan. Hutan mangrove, Taman wisata alam di Jakarta ini sekaligus menjadi pertahanan untuk melawan abrasi. Tak hanya hutan Mangrove, tak jauh dari situ terdapat Suaka Margasatwa Muara Angke. Memiliki areal seluas 99,82 Ha.


Cukup mudah untuk mencapai suaka margasatwa ini. Banyak angkutan umum yang melewati tempat ini. Dari depan Mega Mall Pluit, bisa naik angkot U11, lalu turun di gerbang masuk Pantai Indah Kapuk. Dari situ, jalan menuju kawasan kompleks ruko Mediterania Niaga. Lokasi Suaka Margasatwa tak jauh dari situ.


Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan hutan wisata yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan penghutanan kembali / rehabilitasi hutan mangrove dan kegiatan pariwisata alam (ecoturism). Tak hanya mata yang akan dimanjakan, di sini pun telah disediakan pondok-pondok kecil yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam atau aktifitas kelompok. Sarana untuk outbound sederhana pun telah disediakan. Tak ingin melakukan bermacam aktfitas? Sekadar duduk bengong atau bersantai pun terasa asik di sini. Fasilitas umum seperti toilet sudah sngaat memadai.

biaya yang dikenakan hanya memotret dengan kamera poket, kita diharuskan membayar sebesar Rp 200.000,-. Di hari libur menurut, penjaganya, tempat ini cukup banyak yang mengunjungi. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000,-




















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar