Minggu, 22 Mei 2011

Baroque Works

Baroque Works (BW) adalah organisasi kriminal fiktif yang ada dalam serial manga dan anime One Piece. Keseluruhan organisasi ini bersifat misteri, staff dan pengurusnya menggunakan nomor kode dan tidak semua anggotanya tahu. Semakin tinggi nomor kode (berupa Mr. dan beserta pasangannya yaitu Miss.) berarti semakin tinggi kekuatan yang dimiliki. Ada Officer Agent yang berperan sebagai pengawas yaitu Mr.5 sampai Mr.0 beserta mitranya (wanita). Sebagai pelaksana dan pengurus bawahan ada pada frontier agent dari Mr.12 sampai Mr.6 beserta pasangannya.


Prinsip dan Tujuan BW

BW pada dasarnya adalah organisasi yang bergerak dalam bidang spionase (mata-mata), pembunuhan gelap dan pemburu hadiah. Semua ini dilakukan atas dasar perintah sang "bos" yang tidak diketahui identitasnya.
Semua nama agen pria dinamai dengan Mr. diikuti nomor kode (contoh Mr. 3). Sedangkan agen wanita sebagai mitra mereka dinamai dengan Miss. diikuti nama hari atau hari besar (contoh Miss Monday) dengan kekuatan setara. Ada 12 orang number agent, 6 orang adalah Officer (Mr. 0 sampai Mr. 5 beserta pasangan) dan 6 sisanya adalah Frontier (Mr.6 sampai Mr. 12 beserta pasangan). Officer Agent mengepalai 200 orang pasukan Billions dan Frontier mengepalai 1800 orang Millions.
Prinsip BW adalah misteri. Para anggota tidak perlu tahu siapa nama mereka dan juga siapa para petinggi mereka. BW juga melarang adanya pemeriksaan identitas diri sesama anggota, jika terjadi seperti itu maka pelaku akan dibunuh langsung oleh Officer/Frontier Agent yang bersangkutan. Dalam memberi perintah, sang bos memberikannya lewat surat yang dibawa oleh Mr.1 3 dan Miss Friday (binatang) dan diberikan oleh anggota lain. Jika seorang agen gagal melakukan misinya, maka hukuman juga akan dilakukan oleh Mr. 13 dan Miss Friday. Mr. 5 menyebutnya aib bagi BW.
Tujuan utama BW adalah adalah mendirikan negara militer ideal. Rencana sang bos yaitu mendirikan negara diatas bendera Kerajaan Arabasta, dengan kata lain menguasai kerajaan Arabasta. Semua dana yang diperoleh dari hal-hal seperti membunuh diatas menjadi modal dari pembentukkan negara itu selanjutnya. Oleh karena itu BW merekrut orang berbahaya dari semua belahan dunia seperti Nico Robin (Miss All Sunday) dan Dazz Bones (Mr. 1) dari West Blue. BW juga bermaksud untuk merekrut Roronoa Zoro tetapi ditolak olehnya. Jika sebuahnegara ideal tersebut berhasil didirikan, maka jabatan akan diberikan oleh Mr.0 (yang pastinya menjadi kepala negara) berdasarkan kode mereka.
Kerajaan Arabasta diincar karena selain memiliki prioritas bagus untuk dijadikan negara ideal, juga karena rakyatnya mudah diadu domba. BW tidak hanya dapat memisahkan mereka secara politik, tetapi menjadikan sang bos, Mr.0 adalah pahlawan ternama dan sering membantu kerajaan.

Anggota

Mr. 0 (Mr. Zero)

  • Nama asli : Crocodile
  • Jabatan : Pemimpin tertinggi
  • Harga : 81.000.000 Berry
Mr.0 (Mister Zero) atau Crocodile adalah pemimpin tertinggi Baroque Works sekaligus salah seorang dari Shichibukai. Dia dikenal sebagaipahlawan rakyat di Kerajaan Arabasta sekaligus pemilik kasino Rain Dinners di kota Oasis Rainbase. Crocodile muncul sebagai orang yang penuh perhitungan, taktis, berhati teguh dan licik. Crocodile juga dengan mudahnya menghukum anak buahnya, sekalipun seorang Officer Agent. Setelah memporak-porandakan kota Oasis Yuba untuk memindahkan sarang pemberontak, Crocodile tetap saja mengirim badai pasir ke kota itu untuk membunuh Toto, kakek tua yang tetap percaya pada raja.
Rencana tunggal Crocodile adalah Rencana Utopia, rencana penggulingan bendera Kerajaan Arabasta dengan cara menyulut api pemberontakkan di antara rakyatnya sendiri. Tetapi setelah campur tangan dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Rencana Utopia dipercepat dan diadakan pertemuan para Officer Agent di Rainbase.
Crocodile memiliki kekuatan buah Suna Suna yang dapat memanipulasi pasir. Target kerajaan padang pasir Kerajaan Arabasta adalah target yang tepat melihat kekuatannya. Kekuatannya dapat menciptakan badai pasir raksasa, menciptakan semua yang berhubungan dengan pasir, tidak bisa dipukul secara fisik dan membunuh orang dengan menciptakan dehidrasi besar-besaran. Tangan kiri Crocodile adalah sebuah pengait (hook) seperti bajak laut pada umumnya. Jika benda itu dicabut, maka ada kepala pengait lain tetapi mengandung racun, jika dilepas lagi, akan muncul pedang.
Walaupun kekuatan buah iblisnya sehebat itu, Crocodile punya satu kelemahan, yaitu air. Semua air yang menyentuh tubuh dan baju crocodile akan membuatnya dapat diserang secara fisik. Pada pertempuran Monkey D. Luffy ketiga dengan Crocodile, dia menggunakan darah dan ternyata dapat memukul Crocodile.
Sekarang Crocodile telah kalah dan semua jaminan dan hak yang diperoleh dari World Government akan dicabut, termasuk statusnya sebagai Shichibukai. Crocodile ditangkap oleh Angkatan Laut dan dijebloskan ke penjara bawah laut Impel Down. Sebagai Shichibukai, dia punya tema buaya (Crocodile)

Miss All Sunday

  • Nama asli : Nico Robin
  • Jabatan : Wakil komandan BW, partner Mr.0
  • Harga : 80.000.000 Berry
Robin masuk ke BW diundang oleh Crocodile karena dapat membaca Poneglyph. Crocodile tahu kalau di Kerajaan Arabasta ada poneglyph (tulisan sejarah kuno) yang menggiringnya memperoleh senjata kuno Pluton (padahal senjata itu ada di Water 7). Miss All Sunday pertama muncul setelah menghancurkan kapal Mr.8 dan menyelinap ke Going Merry sambil memberikan rute meninggalkan Kerajaan Arabasta lewat pulau Nanimonai. Miss All Sunday juga melakukan pengkhianatan dan meninggalkan mereka yang bersedia menerimanya dan menghancurkannya yang sudah menjadi sifat gelapnya. Walaupun masuk BW karena tertarik dengan Pluton di Kerajaan Arabasta. Miss All Sunday membocorkan identitas Crocodile pada Mr.8 dan Vivi (putri mahkota), dia juga menyelamatkan Luffy agar terus melawan Crocodile. Dia juga berbohong pada Crocodile soal poneglyph dan berbalik melawannya (walaupun akhirnya dia diselamatkan oleh Luffy).
Untuk lebih jelasnya lihat Nico Robin

Mr. 1 (Mr. One)

  • Nama Asli : Dazz Bones
  • Jabatan : Officer Agent
  • harga : 55.000.000 Berry
Dazz Bones adalah pembunuh yang terkenal di wilayah West Blue, kemudian masuk ke BW sebagai Mr. 1. Penampilannya seperti seorangshaolin.
Mr. 1 memiliki kekuatan buah iblis Supa Supa yang dapat mengubah bagian tubuhnya menjadi besi tajam. Ketika pertempuran di Alubarna, dia bertarung melawan Roronoa Zoro. Ketika melawan Mr. 1 lah Zoro mempelajari jurus Iai, jurus membelah besi.
Sekarang Mr. 1 bersama Mr. 0, Mr. 2 (Bon Kurei), dan Mr.3 sedang digiring ke penjara bawah laut Impel Down. Sebelumnya dia menolak diselamatkan oleh Miss Golden Week di serial pendek halaman cover.

Miss Double Finger

  • Nama Asli : Paula
  • Jabatan : Officer Agent, Partner Mr.1
  • harga :35.000.000 Berry
Miss Double Finger pertama muncul sebagai Paula, pemilik Spiders Café di padang pasir Kerajaan Arabasta. Miss Double Finger memiliki kekuatan buah iblis Toge Toge yang dapat mengubah bagian tubuhnya menjadi duri. Di pertempuran Alubarna, Miss Double Finger menghadapi Nami dan dikalahkan dengan Clima Tacts yang baru dimiliki Nami
Sekarang Miss Double Finger telah kabur dari penjara diselamatkan oleh Golden Week dan bekerja di Spiders Café yang baru.
Double Finger berarti Tahun Baru, karena jika dua jari (double finger) disejajarkan maka akan menjadi seperti 1/1 atau satu Januari.

Mr. 2

  • Nama Asli : Bon Kurei/Bentham
  • Jabatan : Officer Agent
  • Harga : 50.000.000 Berry
Mr. 2 pertama muncul dalam rencana pembunuhan Mr.3 yang diutus Crocodile. Ditengah perjalanannya, Mr.2 Bon Kurei bertemu denganKelompok Bajak Laut Topi Jerami. Disinilah Mr.2 Bon Kurei mengenali wajah mereka dan dilaporkan ke Crocodile di rapat rencana Utopia. Mr.2 Bon Kurei adalah seorang Okama (waria).
Mr. 2 memiliki kekuatan buah Mane Mane (copy) yang dapat meniru semua bagian tubuh dari orang yang wajahnya dia sentuh. Kekuatan ini menyulitkan Luffy dkk yang tiba di Kerajaan Arabasta karena Mr. 2 telah menyentuh wajah mereka. Di pertempuran Alubarna, Mr. 2 bertarung melawan Sanji.
Setelah kehancuran Baroque Works, Mr. 2 dan anak buahnya berhasil lari dari Kerajaan Arabasta dan kabur bersama Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Disini Mr. 2 mengorbankan dirinya untuk Kelompok Bajak Laut Topi Jerami ketika dikepung armada Angkatan Laut milik Kapten Hina.
Kemudian di cerita halaman cover operasi penyelamatan BW oleh Miss Golden Week, Mr. 2 memperoleh harga 50.000.000 Berry. Dan tertangkap oleh Angkatan Laut.
Mr. 2 tidak punya pasangan karena dia seorang waria. Jadi nama Mr. 2 adalah nama prianya sedangkan Bon Kurei adalah nama wanitanya. Bon Kurei adalah hari akhir festival Bon di Jepang.
Mr.2 sangat baik terhadap kelompok topi jerami(terutama Luffy).Mr 2 mengalahkan Hannyabal dengan menyamar sebagai Nami dan mengurung Hannyabal di Ruang Penyiksaan.Mr 2 bahkan mengorbankan dirinya dengan melawan Chief Magellan,Pemakan buah Doku-Doku yang membuatnya bisa memanipulasi racun

Mr. 3

  • Nama Asli : Galdino
  • Jabatan : Officer Agent
  • Harga : 45.000.000 Berry
Mr. 3 adalah agen yang menjadi musuh utama dalam cerita Little Garden. Mr. 3 adalah orang licik dan penuh perhitungan, tetapi lemah secara fisik walaupun memakan buah iblis. Karena itulah Mr.3 diangkat oleh Crocodile walaupun secara fisik lebih kuat Mr. 4. Motonya adalah kalau kita menggunakan otak, gunung setinggi apapun bisa kita daki. Kelicikan Mr. 3 muncul ketika dia bermaksud mendapatkan 200.000.000 Berry dari kepala Dorey dan Burogy sang raksasa.
Mr. 3 memiliki kekuatan buah iblis Doru Doru (Lilin), yang bisa menciptakan cairan lilin dan mengeras setelahnya (termasuk tipe Paramecia, karena menciptakan bukan mengubah tubuh). Selain itu, dengan kekuatannya dia menjadi seorang seniman patung lilin dan menyukai seni patung manusia asli. Mr. 3 bersama partnernya, Miss Golden Week adalah dua orang seniman yang hebat (Mr.3 menciptakan patung lilin, kemudian Golden Week mencatnya dengan warna). Mr. 3 dikalahkan oleh Luffy di pertarungan di Little Garden. Karena kegagalannya, Mr. 2 diutus untuk membunuhnya tetapi ternyata Mr. 3 sudah kabur ke Kerajaan Arabasta.
Di Kerajaan Arabasta, Mr. 3 mengikuti rapat rencana Utopia secara diam-diam dan kemudian setelah dia menjelaskan tentang Kelompok Bajak Laut Topi Jerami pada Crocodile dia dijatuhkan ke perut buaya. Dia keluar lagi dari perut itu ketika Kelompok Bajak Laut Topi Jeramidikurung ditempat rapat yang sama, dan dihajar babak belur oleh Sanji. Pada akhir cerita Kerajaan Arabasta, Mr. 3 muncul sedang bersama kerumunan di Rainbase.
Beberapa tokoh di One Piece punya tawa yang aneh, Mr. 3 memulai tawanya dengan "fu" (contoh "Fuhahahaha !!!").

Miss Golden Week

  • Jabatan : Officer Agent, parter Mr.3. Ahli hipnotis.
  • harga :25.000.000 Berry
Miss Golden Week adalah seorang anak kecil yang memiliki kekuatan hipnotis dan sugesti yang tersalurkan lewat goresan kuas warnanya. Di antara semua anggota BW, Miss Golden Week tidak pernah merasa gugup dan hampir selalu punya ekspresi wajah yang tetap (sama seperti Wanze dari CP7). Misalnya pada saat pertarungan dia malah duduk sambil minum teh dan makan keripik.
dia muncul bersama Mr.3 di Little Garden dan berhasil membuat Luffy terpengaruh oleh hipnotisnya. Kemudian dia kalah dikejar oleh Karuu di dalam hutan.
Miss Golden Week muncul kembali sebagai tokoh utama dalam cerita halaman depan: Operasi Penyelamatan Baroque Works. Sebelumnya dia masih tinggal di Little Garden bersama Mr.5 dan Miss Valentine.
Jurus hipnotisnya yaitu warna atau campuran warna yang dioleskan pada musuhnya dan dinamai Colors Trap. Sekali luntur, sugestinya tidak akan bekerja lagi.
  • Colors Trap: Hitam Pengkhianatan. Orang yang terkena warna ini akan mengkhianati teman atau sahabatnya sendiri.
  • Colors Trap: Kuning tertawa. Orang yang terkena warna ini akan tertawa terus.
  • Colors Trap: Merah Banteng (Tyoogu no Aka) Orang yang terkena warna ini akan menyerang Colors Trap ini. Layaknya banteng yang terus menyerang warna merah.
  • Colors Trap: Biru Kesedihan. Orang yang terkena warna ini akan merasa terus bersedih. (belum pernah digunakan).
  • Colors Trap: Hijau Penghibur. Orang yang terkena warna ini akan menjadi teman Miss Golden Week. Colors Trap ini diciptakan dari Kuning Tertawa dan Biru Kesedihan.
Miss Golden Week sangat takut terhadap bebek, terlihat saat ia dikejar oleh Karuu ( yang sebenarnya karuu lebih takut jika menghadapinya).

Mr.4

  • Jabatan : Officer Agent
  • harga :40.000.000 Berry
Mr.4 pertama muncul di Spiders Cafe sebelum rapat rencana Utopia dimulai. Mr.4 adalah orang bertubuh besar dan punya kekuatan abnormal, senjatanya adalah tongkat baseball seberat 4 Ton. Dia adalah orang yang lambat dan kelihatan sebagai orang idiot atau keterbelakangan mental. Tetapi ini tidak sepenuhnya karena dia mengerti dan dapat membaca program rencana Utopia.
Mr.4 dan partnernya, Miss Merry Christmas serta anjingnya, Lassu adalah pasangan yang mematikan dan memanfatkan keadaan tanah untuk mengecoh musuh. Mr.4 dikalahkan oleh Tony Tony Chopper dan Usopp pada saat pertempuran di Alubarna.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa aneh, untuk Mr.4, karena dia juga lambat tawanya yaitu "Fuwooo" (contoh "Fuwoo fuwoo fuwoo !!)

Miss Merry Christmas

  • Jabatan : Officer Agent, partner Mr.4
  • harga : 35.000.000 Berry
Miss Merry Christmas muncul bersama Mr.4 di Spiders Cafe. Miss Merry Christmas adalah wanita pendek dan cerewet. Miss Merry Christmas memperlakukan Mr.4 secara semena-mena dan sering menyuruh-nyuruhnya.
Dia memiliki kekuatan buah Mogu Mogu (Tikus Mondok) yang mengubahnya menjadi manusia tikus mondok dan bisa menciptakan jalur tanah dan bisa dimanfaatkan oleh Mr.4 dan Lassu (dinamakan Jl.Tikus Mondok No.4). Dia dikalahkan oleh Usopp dengan menipu Mr.4 untuk memukul jatuh Miss Merry Christmas. Kekuatan tikus mondoknya juga abnormal dan bisa melihat dari bawah tanah.

Mr.5

  • Jabatan : Officer Agent
  • harga :25.000.000 Berry
Mr.5 adalah officer agent yang pertama muncul untuk membunuh Vivi dan Igaram di Whiskey Peak. Mr.5 adalah manusia bom pemakan buah Bomu Bomu. Anehnya, bagian tubuh yang digunakannya untuk membom musuh adalah bagian tubuh yang tidak wajar seperti upil atau napas. Mr.5 dihajar habis-habisan oleh Luffy yang sedang marah di Whiskey Peakketika melawan Roronoa Zoro. Selain bisa membuat ledakan dari tubuhnya itu, dia juga bisa memakan bom atau bubuk peledak lain.
Mr.5 dan partnernya Miss Valentine muncul lagi dibawah komando Mr.3 pada cerita Little Garden. Dia dikalahkan oleh Roronoa Zoro dalam satu serangan. Mr.5 muncul kembali tinggal bersama Miss Golden Week dan Miss Valentine masih di Little Garden.
ccd ccd

Miss Valentine

  • Jabatan : Officer Agent, partner Mr.5
  • harga :15.000.000 Berry
Miss Valentine muncul bersama Mr.5 di Whiskey Peak. Dia adalah wanita tercantik di baroque works yang menggunakan baju bertema lemon dan membawa payung. Miss Valentine memiliki kekuatan buah iblis Kilo Kilo (Kilogram berat) yang bisa mengubah tubuhnya di antara 1 Kg sampai 10.000 Kg. Dia menggunakan 1 kg untuk melontarkan tubuhnya kemudian 10.000 kg untuk turun kebawah menekan korban. DiWhiskey Peak dia dihajar oleh Roronoa Zoro.
Miss Valentine pada cerita Little Garden berhasil menumbangkan Usopp dan kemudian dikalahkan Vivi dan Nami. Dia muncul lagi pada cerita halaman depan Miss Golden Week.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa aneh, untuk Miss Valenine dimulai dengan "Kya" (contoh "Kyahahahahahaha !!")

Mr.6

  • Jabatan : Frontier Agent
Mr.6 ataupun partnernya Miss Mother's Day belum pernah muncul sampai sekarang.

Miss Mother's Day

  • Jabatan : Frontier Agent partner Mr.6
Belum pernah muncul.

Mr.7

  • Jabatan : Frontier Agent
Mr.7 adalah agen yang diperkenalkan terakhir. Dia muncul disaat akhir kekalahan Crocodile sebagai salah satu perencana Utopia dengan tugas mengaktifkan bom yang meledakan seluruh Alubarna. Dia bersama Miss Father's Day adalah pasangan penembak jitu. Mereka dikalahkan oleh Vivi dan terjatuh dari menara Alubarna.
Mr.7 adalah orang yang berwajah bodoh (seperti Wanze) dan selalu dengan mata tertutup. Senjata Mr.7 adalah pistol Yellow Gun yang mengeluarkan peluru berbentuk dadu.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa aneh, untuk Mr.7 tawanya adalah "hoho" (contoh "Hohohohohoho")

Miss Father's Day

  • Jabatan : Frontier Agent, partner Mr.7
Miss Father's Day muncul bersama Mr.7 untuk meledakkan seluruh Alubarna pada akhir kisah Crocodile. Dia dikalahkan oleh Vivi. Dia mempunyai tema kodok. Senjatanya adalah pistol Gerogero Gun' yang mengeluarkan peluru kodok. Dalam versi anime di RCTI, dia dinamakan Miss Peledak.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa aneh, untuk Miss Father's Day adalah "gerogero" (contoh "Gerogerogero !!)

Mr.8

  • Jabatan : Frontier Agent
  • Nama Asli : Igaram (di Whiskey Peak dia juga punya samaran Igarappoi)
Mr.8 muncul pertama kali sebagai walikota Whiskey Peak bernama Igarappoi. Kemudian sebagai Mr.8 dia menjadi pemimpin yang menyerukan perlawanan terhadap Zoro. Dia memiliki senjata Shotgun yang disembunyikan dalam saxophone dan rambut keritingnya. Mr.8 pakaian, penampilan dan rambutnya terinspirasi dari Batch, seniman dari abad 16 di Eropa.
Kemudian Mr.8 diketahui kalau dia adalah mata-mata Baroque Works yang bekerja untuk kerajaan Kerajaan Arabasta. Kemudian dia yang menyamar menjadi Vivi dihancurkan oleh Miss All Sunday.

Miss Monday

  • Jabatan : Frontier Agent Partner Mr.8
Miss Monday adalah wanita kekar, berotot dan mengandalkan kekuatan. Dia muncul di Whiskey Peak dan ketika melawan Zoro dia dikalahkan. Kemudian dia berusaha melinungi Vivi dari Mr.5 dan dihancurkan dengan kekuatan buah iblis Bomu Bomunya. Sampai sekarang Miss Monday tidak ada kabarnya.

Mr.9

  • Jabatan : Frontier Agent
Mr.9 adalah agen Baroque Works pertama yang diperkenalkan pada cerita Laboon. Dia dan Miss Wednesday ditugaskan untuk membunuh paus raksasa Laboon yang digunakan sebagai bahan makanan untuk 3 tahun. Dia adalah orang yang berpenampilan seperti raja dengan kemampuan akrobatik yang hebat. Senjatanya adalah sepasang tongkat baseball besi. Mr.9 dikalahkan oleh Mr.5 karena melindungi Vivi.

Miss Wednesday

  • Jabatan : Frontier Agent partner Mr.9
  • Nama Asli : Nefertari Vivi
Untuk lebih jelasnya lihat Nefertari Vivi

Mr.10

  • Jabatan : Frontier Agent
Mr.10 ataupun Miss Tuesday belum pernah muncul.

Miss Tuesday

  • Jabatan : Frontier Agent partner Mr.10
Belum pernah muncul.

Mr.11

  • Jabatan : Frontier Agent
Muncul pertama kali bersama 100 orang pemburu hadiah di Whiskey Peak. Senjatanya adalah sepasang pistol. Kemudian diketahui kalau dia adalah Mr.11 setelah tertangkap oleh Angkatan Laut di bawah Kapten Smoker. Ketika kapal Kapten Smoker berlabuh di Kerajaan Arabasta, Mr.11 dibunuh oleh Billions.

Miss Thursday

  • Jabatan : Frontier Agent partner Mr.11
Belum pernah muncul.

Mr.12

  • Jabatan : Frontier Agent
Mr.12 ataupun Miss Saturday Belum pernah muncul.

Miss Saturday

  • Jabatan : Frontier Agent partner Mr.12
Belum pernah muncul.

The Unluckies

Adalah agen khusus yang bertugas dibawah komando Mr.0 sebagai penghukum agen lain sekaligus pengirim pesan atau tugas. Unluckies adalah sepasang binatang yaitu Mr.13 (berang-berang) dan Miss Friday (burung Nazar). Mereka juga menjadi mata-mata jika siapa-siapa mengetahui identitas Crocodile dan wajahnya langsung dilukis oleh Mr.13. Senjata mereka untuk menghukum adalah bom. Ketika bertarung melawan Sanji di Little Garden, Mr.13 menggunakan cakar raksasa dan mereka dikalahkan oleh Sanji.
Sekarang Unluckies bekerja untuk Angkatan Laut untuk menggambar semua wajah anggota Baroque Works yang buronan.
Dinamakan Unluckies (tidak beruntung) karena angka 13 dan hari Jumat keduanya artinya sial. Melambangkan kesialan bagi yang didatangi mereka.

Billions

Billions adalah 200 agen BW khusus dibawah komando Officer Agent. Mereka adalah orang-orang terlatih dan akan menjadi calon frontier agent. Kesemua Billions sekarang sudah dikalahkan Ace si tinju api dalam satu serangan.
Di antara semua Billions, ada Billions yang sering terlihat yaitu yang memakai topi pisang dan baju bertuliskan "sudah matang", dialah yang membunuh Mr.11, di Nanohana juga tertipu oleh Nami dan 3 tahun yang lalu sebagai kuli palsu untuk memfitnah raja.

Millions

Millions adalah 1800 anggota BW yang bekerja tersebar di Grand Line dibawah komando Officer Agent. Kemungkinan sebagian Millions sekarang telah diringkus Angkatan Laut.
Pada pelaksanaan rencana Utopia, Millions disusupkan ke pasukan pemberontak dan sebagian lagi disusupkan ke pasukan kerajaan. (di antaranya adalah pasukan yang menembak Kohza)

Elimaki Runners

Adalah hewan sejenis kadal pasir yang menjadi pengirim pesan untuk Billions selagi Unluckies tidak ada. Mereka bekerja secara berkelompok diperintah oleh Miss All Sunday.

Banchi

Adalah hewan kura-kura raksasa milik Miss All Sunday dan muncul sebagai kendaraan lautnya. Banchi juga bisa berlari di darat dan menjadi kendaraan khusus untuk para Officer Agent. Banchi adalah kura-kura raksasa yang merokok.

Lassu

Lassu adalah senjata bazooka milik Mr.4. Senjata ini telah digabungkan oleh buah iblis Inu Inu type:Daschshund dan bisa berubah menjadi anjing.

Anggota Lain

Berikut adalah anggota individual dari BW yang pernah muncul:
  • Miss Chatarina salah satu dari 100 pemburu hadiah yang berada di Whiskey Peak yang berpakaian biarawati. Dia memiliki senjata pedang besar dan salib yang dapat mengeluarkan asap.
  • Mr. Bean anak kecil salah satu dari 100 pemburu hadiah di Whiskey Peak yang menyertai Miss Catharina. Senjatanya adalah pisau.
  • Mr.Mellow, seorang Billions yang membunuh Mr.11 di Nanohana untuk mengincar pangkatnya. Dia juga muncul pada flashback Vivi sebagai kuli palsu yang mengantar Dance Powder. Ketika Ace muncul di Nanohana, dia dan Billions lain mengejarnya tetapi dikalahkan (atau tewas) oleh jurus Hiken milik Ace.
  • Mr.Love, Billions yang ikut menyelusup dalam pasukan pemberontak. Dia adalah orang yang mengenakan jaket I Love Miss Valentineyang ditebas oleh Sersan Mayor Tashigi

Garis Besar Rencana Utopia

Secara umum, rencana Utopia (Project:Utopia) adalah rencana terakhir Baroque Works yang melibatkan semua Officer Agent beserta anak buahnya (Billions). Rencana ini sudah dipersiapkan secara matang semenjak berdirinya Baroque Works. Setelah kemunculan bajak laut Mugiwara, pelaksanaan rencana Utopia dipercepat dan Crocodile mengundang Officer Agent yang tersisa dalam rapat besar di Rainbase.

Tujuan Rencana Utopia

  • Menggulingkan pemerintahan Kerajaan Kerajaan Arabasta dari dalam, yaitu memanfaatkan konflik sosial (pemberontakan untuk hujan) yang terjadi di Kerajaan Arabasta tanpa seorang pun yang mengetahui siapa dalang di balik rencana ini.
  • Setelah pemberontak berhasil menduduki Alubarna, BW akan meledakkan Alubarna dengan bom yang diameter ledakannya sampai 3 km.
  • Mendirikan negara ideal setelah semuanya berhasil.


Peran Officer Agent

Berikut adalah sejumlah peran yang dilakukan Officer Agent untuk menyelesaikan bagian akhir rencana Utopia
  • Mr.3, Mr.5, Miss Golden Week dan Miss Valentine ditugaskan untuk melenyapkan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang telah mengganggu rencana. Tetapi mereka gagal.
  • Mr.2 Bon Kurei ditugaskan untuk menyamar menjadi raja Cobra dan menyerang kota Nanohana. Tujuannya adalah menyulut emosi pemberontak.
  • Mr.1 dan Miss Double Finger ditugaskan untuk membawa kapal raksasa yang berisi senjata lengkap dan menubrukannya ke Nanohana. Tujuannya adalah untuk menambah persenjataan pasukan pemberontak.
  • Mr.4 dan Miss Merry Christmas ditugaskan untuk menculik raja yang asli dan menyembunyikannya. Ditujukkan agar semua orang mengira kalau yang menyerang Nanohana adalah raja yang asli.
  • Mr.7 dan Miss Father's Day ditugaskan untuk menyalakan bom di Alubarna
  • Billions diselundupkan ke pasukan pemberontak untuk mencari informasi. Sebagian yang lain diselundupkan ke pasukan kerajaan untuk berjaga kalau ada hal yang menghancurkan rencana Utopia. Misalnya Billions yang menembak meriam agar Kohza dan Vivi tidak saling bertemu dan Billions yang menembak Kohza yang mengibarkan bendera putih.
Setelah tugas para Officer Agent berhasil, mereka ditugaskan untuk menuju Alubarna. Mereka diharuskan membunuh Vivi dan mencegahnya untuk bertemu Kohza juga memusnahkan seluruh kelompok Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.
Pada saat akhir rapat rencana Utopia, Crocodile mengatakan:
“Berdoalah demi keberhasilan kita”


Baroque Works Sekarang

Setelah kalahnya Crocodile dan prajurit marinir Kapten Smoker dan kapten Hina datang, para anggota BW termasuk agen yang kalah di Alubarna diringkus. Crocodile, Mr.1, Miss Double Finger, Mr.4 dan Miss Merry Christmas ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Sedangkan Mr.2 Bon Kurei dan Mr.3 masih jadi buronan. Baroque Works diresmikan telah bubar dan jatuh.
Sebelumnya, Kapten Smoker telah menangkap millions di Whiskey Peak dan juga Unluckies. Sekarang, Miss Golden Week, Mr.5 dan Miss Valentine sedang mengadakan operasi penyelamatan dalam cerita halaman sampul.

Trivia

  • Nama Baroque Works berasal dari kata Baroque, yaitu gaya seni, literatur, dan musik di Eropa pada abad ke-17. Menurut Eiichiro Odadalam salah satu SBS, Baroque sangat becitarasa tinggi. Jadi Baroque Works berarti kumpulan orang yang telah mencapai tingkat tertinggi masing-masing.
  • Meskipun Mr.0 Crocodille adalah pemimpin utama yang memimpin semuanya, kendali Baroque Works secara keseluruhan dipegang oleh Miss All Sunday.
  • Mr. Eight dari Baroque Works juga seperti Batch, seorang seniman dari abad 17. (Terutama rambutnya).
  • Rencana Utopia yang gagal total memang layak disebut Utopia (mustahil).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar