Minggu, 08 Mei 2011

"Agent Orange" jutaan warga vietnam cacat gara2 ini

Agen Oranye dan "Super Oranye" adalah julukan yang diberikan untuk herbisida dan defolian yang digunakan oleh Militer Amerika Serikat dalam peperangan herbisida (herbicidal warfare) selama Perang Vietnam. Dalam peperangan herbisida tersebut, sejumlah herbisida termasuk Agen Oranye digunakan dengan maksud untuk menghancurkan produksi bahan pangan dan pepohonan yang dijadikan sebagai tempat bersembunyinya musuh.

agent orange


Studi tentang penduduk yang terpapar dioxin, meskipun tidak harus Agen Oranye, menunjukkan meningkatnya risiko berbagai tipe kanker dan cacat genetis. Dampak paparan pada tingkat rendah untuk jangka waktu yang lama belum dapat dipastikan. Para veteran Vietnam dan keluarga mereka yang pertama kali mengajukan tuntutan atas Agen Oranye ini menyatakan 25 tahun yang lalu bahwa pemerintah "hanya menunggu kita semua mati". Mereka menuduh bahwa kebanyakan dari mereka yang masih hidup akan mati karena akibat-akibat paparan racun ini selama beberapa tahun mendatang, sebelum mereka mencapai usia 65 tahun.

korban









 ane liatnya.. padahal mereka gak bersalah namun hanya karena sedang berperang dengan negara adidaya mereka mengalami nasib kaya gitu

hentikan penggunaan senjata kimia dalam perang.. bagaimanapun juga mereka adalah warga sipil yang tak bersalah, jangan libatkan mereka dalam peperangan yang terjadi hanya karena perbedaan kepentingan saja..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar