Rabu, 04 Mei 2011

Universitas Sumatera Utara Mendapat Penghargaan Situs OCW Terbaik



Alamat OCW USU http://ocw.usu.ac.id/


Universitas Sumatera Utara (USU) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dianugerahi penghargaan Situs OCW Baru Terbaik (The Best New Site) oleh Konsorsium OpenCourseWare (The OpenCourseWare Consortium) pada The OpenCourseWare Awards for OpenCourseAward Excellence (ACE) 2011. Menurut situs http://www.ocwconsortium.org, USU OCW (http://ocw.usu.ac.id) dipilih sebagai pemenang pada kategori jumlah dan kualitas konten yang telah diunggah dimana situs tersebut baru diluncurkan setahun sebelumnya (2010). Selain USU, universitas yang menerima penghargaan tersebut antara lain OERbit Universitas Michigan dari Amerika Serikat pada kategori keunggulan teknis dan OpenCourseware Universidad de Alicante dari Valencia Spanyol untuk kategori situs terbaik yang diluncurkan lebih dari satu tahun lalu. Penganugerahan pemenang akan dilakukan pada OCW Consortium Global Conferenceyang akan diselenggarakan pada 4-6 Mei di Cambridge, Massachusetts Amerika Serikat.

“Situs-situs ini menampilkan sebagian dari hasil kerja terbaik yang dihasilkan oleh komunitas OCW,” kata Mary Lou Forward, Direktur Eksekutif konsorsium OCW. “ Mereka benar-benar pantas menerima penghargaan dan saya memberi selamat kepada orang-orang di universitas-universitas tersebut yang telah bekerja dengan sangat keras pada projek ini”.

OpenCourseWare Universitas Sumatera Utara (OCW USU) dianugerahi sebagai situs baru terbaik dari segi jumlah dan kualitas konten dimana di dalam waktu satu tahun pada situs USU OCW telah terdapat lebih dari 170 bahan mata kuliah, yang berupa slide presentasi, handout dan buku ajar baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Untuk Penghargaan kategori teknis diberikan kepada Universitas Michigan untuk platform OERbit yang innovatif. Opencourse Universitas de Allicante dianugerahi sebagai situs yang paling menonjol karena memiliki platform yang berisi 134 material bahan kuliah, dengan berbagai inovasi termasuk integrasi dengan repositori institusi, tranfer ke fungsi wiki dan alat pencarian serta penemuan.

Pembuatan USU OCW dimulai sejak 2009 dan menjadi anggota resmi dari konsorsium OCW sejak Januari 2010 dan sejak saat itu telah lebih dari 170 bahan mata kuliah dari 12 fakultas telah diunggah dalam bentuk presentasi slide, handout dan buku ajar dan akan terus bertambah karena Tim USU OCW masih terus memperbaharui konten dan memperbaiki kualitas presentasi dengan menambah konten dalam bentuk multimedia dan video. 
OCW Consortium Awards for OpenCourseWare Excellence disponsori oleh KNEXT, sebuah layanan penilaian belajar dan konsultasi, yang dimiliki dan dioperasikan oleh Kaplan Higher Education Corporation, sebuah divisi dari Kaplan, Inc., yang merupakan pemimpin dunia dalam layanan pendidikan dan pelatihan.

Konsorsium OCW

The OpenCourseWare Consortium adalah sebuah komunitas yang berpusat di Cambridge, Massachusetts, USA, yang terdiri dari lebih dari 250 universitas dan organisasi terkait di seluruh dunia yang berkomitmen untuk memajukan pendidikan global, melalui pembelajaran formal dan informal bagi para pendidik dan pelajar mandiri di seluruh dunia melalui saling berbagi dan menggunakan bahan-bahan pendidikan secara terbuka, gratis, dan berkualitas tinggi yang dikemas dalam kuliah-kuliah yg mudah diakses dalam sebuah platform digital. Konsorsium ini menampilkan para anggotanya kepada dunia dan menyediakan informasi dan pelatihan melalui webinar, berita-berita, dan bahan-bahan opencourseware yang gratis dan terbuka.


About USU OCW
USU OpenCourseWare is a free and open digital publication of high quality university-level educational materials, organized as courses, accessible to anyone, anytime via the internet.

USU OCW project was started on 2009 and officially became a member of OCW Consortium since January 2010 and since then there are more than 170 courses materials from 12 faculties in the forms of slides presentation, handout and textbooks have been uploaded into the site and it's still growing as we are still updating the contents and improve the presentation through video or multimedia content.

NB :
USU universitas dari indonesia yg pertama yg dapat penghargaan dari Konsorsium OCW

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar