Kamis, 05 Mei 2011

10 Investasi Google yang unik dan aneh



Mungkin anda pernah mendengar Google berhasil membeli (akuisisi) Youtube, Blogger, Picnik, dll dan juga sempat berniat untuk membeli Twitter.
Hal ini terdengar wajar karena Google memang berkeinginan meningkatkan expansinya di dunia web.

Tapi tahukah anda selain gencar melakukan expansi di dunia internet ternyata Google juga melakukan investasi di bidang bisnis lain. Beberapa memang bisa dimengerti dan menguntungkan Google namun ada juga yang aneh dan unik.


Berikut 10 investasi Google yang unik dan aneh



1. Berinvestasi untuk membangun pembangkit tenaga listrik bertenaga kincir angin

Google bertekad menggunakan sumber energi yang bersih dan ramah lingkungan, dan Google menghabiskan uang US$ 38,8 juta untuk membangun pembangkit tenaga listrik bertenaga kincir angin yang dibangun di North Dakota (169.5 MW) dan Iowa (100 MW) oleh perusahaan energi NextEra.
Yup meskipun terdengar terlalu mahal, Google ternyata sangat pintar, selain mendapatkan sumber energi yang ramah, dilain pihak Google juga akan potongan intensif pajak karena menggunakan energi yang ramah lingkungan.



2. Investasi untuk melakukan penjualan energi dari pembangkit kincir angin

Google melakukan penjualan energi yang didapat dari pembangkit kincir angin miliknya di spot market dengan menjual listrik 114 megawatt.
anda pasti heran kenapa Google menjual energi listrik milik mereka dan tidak menggunakannya sendiri untuk data center Google. Ini karena pembangkit listrik Kincir Angin milik Google berlokasi di negara bagian Iowa, sementara Google tidak memiliki data center didaerah tersebut.

3. Investasi untuk membangun perumahan masyarakat menengah kebawah

Agustus 2010, Google mengumumkan investasi sebesar US$ 86 juta untuk pembangunan perumahan masyarakat menengah kebawah. Disinyalir langkah ini ditempuh untuk menurunkan pajak tahunan yang harus dibayarkan Google (di Amerika akan mendapat potongan pajak bila melakukan kegiatan amal)

4. Memperkerjakan karyawan peternak lebah

Ini kurang bisa disebut investasi, karena memang tidak mahal dan bisa disebut wajar.
Google ternyata memperkerjakan seorang karyawan yang bertugas sebagai peternak lebah yang mengurus 4 sarang lebah di kawasan kantor Google. Kepala koki Google beralasan pasokan madu segar sangat penting dalam menu keseharian karyawan.

5. Investasi untuk alat transportasi mirip monorail

Investasi Google yang ini sulit dimengerti / sangat gila, Shweeb sebagai perusahaan yang membuat alat transportasi mirip monorail dimana menempatkan orang didalam tabung yang akan bergerak bila orang tersebut menggerakkan kaki mereka seperti saat naik sepeda.
Google mengeluarkan US$ 1 juta ke Shweeb hanya untuk menyelidiki apakah alat tersebut dapat digunakan sebagai sarana transportasi di kawasan kantor Google.

6. Investasi untuk jaringan super cepat

Google membangun jaringan internet super cepat (serat optik) di negara bagian Kansas City. Alasannya ? Perwakilan Google mengatakan investasi itu ditujukan supaya orang-orang dapat menikmati akses internet supercepat.

7. Investsi untuk applikasi, content, dan headset di Clearwire.

Google menginvestasikan uang sebesar US$ 500 juta di Clearwire (perusahaan ISP) beberapa tahun kebelakang.
Saat itu Google berkilah Clearwire akan menyediakan konsumen dengan pilihan applikasi, content, dan headset yang mereka inginkan. Entah bagaimana investasi ini bertimbal balik kepada Google, yang pasti Google tidak pernah lagi menginvestasikan uangnya ke Clearwire.

8. Investasi untuk pembangunan prototype panel sinar matahari (solar panel)

Google serius dalam penerapan sumber energi yang ramah lingkungan, dikabarkan Google berinvestasi US$ 10 juta untuk pembangunan prototype panel sinar matahari (solar panel) yang diharapkan mampu mengurangi biaya energi matahari sampai setengahnya.

9. Investasi untuk membiayai pengiriman robot ke bulan

Google menggelontorkan uang US$ 30 juta untuk membiayai pengiriman robot ke bulan yang akan berjalan 500 meter di bulan dan mentramisikan gambar dan video ke bumi melalui projek mereka Google Lunar X Prize.
Yang satu ini lebih merupakan ambisi pribadi para pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page

10. Investasi untuk bayar hutang pribadi

Google ternyata tidak beda jauh dengan Indonesia dalam budaya KKN. Google menginvestasikan US$ 3,9 juta ke 23andMe yang merupakan istri dari pendiri Google (Sergey Brin).
Uang tersebut langsung digunakan oleh 23andMe, untuk membayar utang sebesar US$ 2,6 juta yang merupakan pinjaman pribadi dari Sergey Brin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar