Rabu, 20 Juli 2011

Inilah 14 Green School Terbaik Didunia

14 Green School Terbaik Didunia



Latar Belakang

14 Bangunan mulai dari sekolah dasar sederhana di Kamboja sampai universitas teknologi tinggi di Swedia, tidak hanya menyediakan lingkungan belajar bagi siswa,mereka juga contoh menakjubkan dari keberlanjutan dalam arsitektur yang dapat mengajarkan desainer di seluruh dunia untuk berpikir hijau dan indah. Atap hijau, pencahayaan, daya terbarukan, nuansa matahari dan bahan lokal mendapatkan tanda struktur tinggi dalam sensitivitas lingkungan dan standar sekolah.


1. Manassas Park Elementary School, Virginia

Manassas Park Elementary School diklaim oleh American Institute of Architects (AIA) sebagai salah satu sekolah Amerika ramah lingkungan, di Manassas. Virginia dibangun untuk menyembuhkan sifat ”deficit disorder" di kalangan anak sekolah. Dibangun oleh Arsitektur perusahaan VMDO, bangunan 140.000 meter persegi ini dilengkapi dengan ekosistem sekitarnya, sehingga memberikan pemandangan taman yang indah serta sejumlah ruang belajar outdoor.

Sekolah yang memiliki statusnya LEED dari US Green Building Council, memiliki 79.000 Bak penampungan air hujan, sistem pencahayaan, panas bumi dan sistem prediksi cuaca yang otomatis. Sebuah filsafat pendidikan yang tidak biasa memungkinkan siswa untuk berpindah antara kamar tanpa pengawasan, sistim belajar di halaman dan ruangan yang dilengkapi dengan sofa.




2.Green School, Bali, Indonesia

Indonesia yang masuk dalam jajaran Negara paling berpolusi no 3 sedunia, setidaknya boleh berbangga hati. Di tengah – tengah mirisnya pendidikan di negeri ini, sebuah inovasi baru di bidang pendidikan Indonesia hadir di Bali, jantung pariwisata negeri kita. Green School – Kul- Kul Campus. Yang terletak di desa Sibang Kaja, 30 km daei pusat kota Denpasar. Sebuah sekolah unik yang digagas oleh John Hardy, seorang desainer dan pengusaha jewelry yang sukses. Sekolah unik nan ajaib ini merupakan satu – satu-nya sekolah di dunia yang bangunannya terbuat dari batang bambu yang ramah lingkungan.

Pendingin udaranya tidak lagi memakai Ac, melainkan kincir angin melalui terowongan bawah tanah. Tenaga listiknya menggunakan bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan untuk menyalakan kompor. Tambak udang tempat budidaya, sekaligus peternakan sapi. Ditambah lagi arena olahraga, laboratorium, perpustakaan, dll.

Harganya?? jangan ditanya. Orang tua yang mampu menyiapkan uang untuk registrasi $ 500, Uang bangunan tahunan $ 950 dan buat grade I-VI uang sekolahnya setahun $ 7.950 adalah syarat untuk menyekolahkan anaknya di Green School Bali, tidaklah heran bila murid – muridnya sendiri lebih banyak terdiri dari kaum ekspatriat dan orang asing. Meski begitu, Green School menyediakan beasiswa pendidikan, maklum Sekolah ini baru berdiri 2 bulan lalu.




3. Sidwell Friends Middle School, Washington D.C.

Dihadiri oleh Malia putri Presiden Obama, Sidwell Friends Middle School di Washington DC tidak diragukan lagi memang eksklusif, dan itu bukan hanya standar pendidikan yang tinggi. Gedung sekolah yang megah dan lingkungan yang bersahabat yang membuat Sidwell Friend Middle School menjadi salah satu sekolah terhijau di Amerika, dengan constructed wetland, hemat air lansekap, panel fotovoltaik dan desain khusus.

Bangunan ini dibangun dengan bahan lokal dan regional serta bahan daur ulang dan Forest Stewardship Council-kayu yang bersertifikasi. Banyak ventilasi alami, atap hijau yang mampu menghilangkan polutan dari air hujan dan menyediakan ekosistem mini untuk satwa liar. Sekolah ini mencatat Rekor AIA dari sepuluh proyek hijau dan menerima rating LEED Platinum




4. Martinet Primary School, Barcelona, Spanyol

Martinet Primary School,Sekolah ini dibangun menyerupai sarang lebah, dengan ubin warna-warni inset untuk kepentingan visual. Lubang-lubang kecil bertindak sebagai tabir surya, menjaga sinar matahari yang sewaktu-waktu memanas, gedung ini juga menyediakan ventilasi alami. Ubin ditetapkan pada sudut yang tepat untuk satu sama lain dan barat-menghadap sisi yang berkaca-kaca dalam tiga nuansa warna hijau sementara yang menghadap ke timur yang dicat dengan warna musim gugur.




5. Hawaii Preparatory Academy, Hawaii

Pada Academy Preparatory Hawaii, struktur yang disebut Energy Lab bukan hanya hijau - ini Bangunan Hidup bersertifikat. Selain untuk mencapai LEED Platinum. Hebatnya, bangunanya yang standar sangat tinggi seperti hanya menggunakan baja atau beton dari 1.000 mil jauhnya dan kayu dari 3.000 mil jauhnya dipenuhi oleh pembangunan.

Meskipun faktanya bahwa sekolah ini terletak di tengah lautan! Yang berukuran 6.112 meter persegi, Namun memiliki fasilitas Lab Energi dan area kelas indoor dan outdoor, ruang konferensi dan proyek dan penuh dengan lokakarya pada lahan 216 hektar.




6. The Bridge School, China

Di antara lima pemenang Award 2010 untuk Arsitektur Aga Khan, The Bridge School di Xiashi, Cina terletak di desa dan tidak hanya menyediakan tempat belajar tetapi juga tempat pertemuan publik. Gedung sekolah dengan dua ruangan, yang dirancang oleh Li Xiaodong, terdiri dari jembatan bambu yang menghubungkan dua bersejarah toulou (benteng melingkar yang terbuat dari barang bekas yang dikemas).

Jendela dan pintu bambu horisontal dapat digunakan untuk ventilasi udara saat cuaca, dan ujung utara sekolah ini bahkan berfungsi sebagai panggung untuk pertunjukan atau proyek-proyek masyarakat lainnya saat libur sekolah.




7. Sra Pou Vocational School, Cambodia

Bagunan sekolah yang terdiri dari batu bata lokal memberikan nuansa struktural dari Sekolah Kejuruan Sra Pou di Kamboja, jendela warna-warni dibuat dengan kerajinan tangan, jendela sewaktu-waktu dapat dibuka atau ditutup untuk mengontrol pencahayaan interior dan ventilasi, yang membuat bangunan begitu ceria dan menyenangkan. Sekolah ini dibangun seluruhnya dengan tangan oleh buruh setempat yang mendapat pelatihan khusus tentang arsitek.




8. Green Mountain College, Poultney, Vermont

Seperti dilansir majalah Sierra Magazine, yang dinilai dari Mountain College Vermont adalah perguruan tinggi hijau yang ramah lingkungan. Perguruan tinggi ini selama empat tahun menekankan kelestarian lingkungan sebagai elemen penting dalam studi nya. Green Mountain College adalah perguruan tinggi pertama di suatu negara untuk mencapai netralitas iklim. Kampus ini memiliki fasilitas biomassa sendiri, menggunakan listrik yang dihasilkan dengan mengekstraksi gas metana dari kotoran pada peternakan, dan memproduksi tumbuhan organik.




9.Michael J. Homer Science and Student Life Center, Atherton, California

Michael J. Homer Science and Student Life Center, Atherton, California adalah sekolah pertama untuk mendapatkan sertifikasi LEED Platinum dibawah LEED untuk program Sekolah. Bagian dari Sekolah Hati Kudus, Katolik Roma Sekolah untuk siswa SD sampai kelas dua belas, sekolah ini menggunakan energi 69% kurang dari sekolah biasa dengan ukuran yang sama.

Atap yang hidup, 40 kilowatt sistem surya fotovoltaik, 73 skylight, hemat air perlengkapan dan tahan kekeringan penanaman asli antara fitur utama sekolah hijau. Sekolah ini juga menghasilkan buah-buahan organik dan sayuran tumbuh di taman sekolah yang dikelola oleh para siswa.




10. Umeå University Architecture Academy, Swedia

Baru Umeå University Arsitektur Akademi di Swedia memiliki ruangan yang terbuat dari tebalnya kayu pinus yang tampaknya diselingi berbagai ukuran, jendela yang tidak hanya memberi nuansa visual tetapi memungkinkan dalam banyak cahaya. Jendela ditempatkan secara strategis untuk memungkinkan sinar matahari untuk menyusup kedalam gedung setiap hari. Sistem HVAC dengan efisiensi energi secara keseluruhan telah membantu mengurangi penggunaan energi sebesar 50% dan udara segar ditarik ke dalam gedung dari bawah lantai dan disebarkan ke seluruh interior menggunakan pipa berlubang.




11. Maosi Ecological Demonstration Primary School, China

Demonstrasi Sekolah Dasar di Maosi Ekologis, Cina membuktikan bahwa ramah lingkungan sekolah dibangun di daerah terpencil dengan modal yang sangat sedikit. Dibangun sebagai sebuah percobaan oleh Universitas Cina Hong Kong.

Bangunan yang terdiri dari 10 kelas dengan lantai yang terbuat dari batu bata lumpur tebal dalam gaya arsitektur tradisional setempat. Bahan lokal lain seperti puing-puing, jerami dan alang-alang digunakan serta atapnya yang di daur ulang dari seluruh desa. Sekolah ini telah memenangkan Desain untuk Asia Award sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup.




12. ASU Walter Cronkite School of Journalism, Phoenix, Arizona

Bersertifikat LEED Silver bangunan yang menakjubkan di pusat kota Phoenix, ASU Walter Cronkite Sekolah Jurnalistik menonjolkan perlindungan pintar dari matahari seperti di padang pasir serta multi-panel logam yang berwarna dalam sebuah pola yang terinspirasi oleh Spectrum Radio AS. Fasilitas pendidikan 6 fitur layar matahari di keempat dinding serta 2 fitur layar di beranda depan untuk menjaga matahari dari pemanasan bangunan.




13. Howe Dell Primary School, Hatfield, U.K.

Howe Dell Primary School, Hatfield di Inggris mungkin saja bangunan terhijau di Inggris. Sebuah eksperimen yang dapat mendapatkan bagaimana sekolah hijau, Howe Dell fitur atap hijau ditanami sedum, toilet yang menggunakan air hujan siram, meja terbuat dari pipa saluran, air panas matahari dan listrik dan countertops terbuat dari cangkir yogurt daur ulang.

Tetapi bahkan di antara semua upaya ini mengesankan kepada mahasiswa "Skuad Eco" yang mempromosikan keberlanjutan di kampus , salah satu fitur tertentu menonjol: pertama Heat dunia sistem transfer Interseasonal, dibangun di bawah taman bermain sekolah. Sistem ini mengambil panas dari sinar matahari yang jatuh di aspal taman bermain, yang disimpan di bawah tanah dan kemudian melepaskannya selama musim dingin.




14. School of Art, Design and Media at Nanyang Technological University, Singapore

Desain denngan beberapa atap hijau secara visual dengan karpet hijau yang menyapu mengelilingi Sekolah Seni ini menambahkan nuansa seni tingkat tinggi. Didesain oleh Nanyang Technological University di Singapura,Selesai pada tahun 2006. Fasilitas pendidikan terdiri darilima lantai dengan menggabungkan antara lingkungan organik dan bangunan.

Atap hijau ini menciptakan ruang terbuka hijau untuk pertemuan, sehingga bisa mendinginkan udara sekitarnya. Bangunan ini berorientasi dengan dinding menghadap ke utara dan selatan untuk mengurangi sengatan matahari




SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar