Rabu, 11 Mei 2011

Orang terkaya tapi orang terkikir


Orang terkaya tapi orang terkikir

Pada tahun 1998, American Heritage Magazine menyusun 40 orang Amerika terkaya dalam sejarah, pada tahun 1998 dolar. Ada 39 laki-laki dan satu wanita yang tercatat. Wanita Amerika terkaya yang pernah hidup adalah Hetty Green, ia meninggal pada tahun 1916 diperkirakan lebih dari $ 100 juta (lebih dari $ 17 milyar dolar hari ini). Hetty Green terkenal di hari itu, bukan karena kekayaannya tetapi karena ke kikirannya. Dia mengenakan baju hitam yang sama, sampai rusak. Dia hanya makan pie yang harganya 15 sen. Dia menyuruh pencuci bajunya untuk mencuci hanya bagian kotor pada bajunya saja, demi menghemat sabun cuci. Dan saat dia menderita Hernia, dia tidak mau dioperasi karena biayanya $150.

Menjadi kikir terhadap diri sendiri sudah buruk. Tapi Hetty Green juga bersikap kikir terhadap keluarganya. Ketika putranya mengalami patah kaki, dia membawanya ke klinik gratis. Tapi sayang, hidupnya tidak bahagia. Orang menyebutnya nenek sihir dari Wallstreet karena wajahnya selalu terlihat sedih dan marah.

Ada pepatah dari Old West kekikiran Hetty Green adalah legendaris. Berikut beberapa cerita tentang dia:

Pada ulang tahunnya yang ke-21 nya Hetty menolak untuk menyalakan lilin pada kue ulang tahunnya agar tidak membuang-buang lilin. Hari berikutnya ia mengembalikan kuenya ke tempat pembelian untuk dikembalikan uangnya.


Googling aja ya 'gan kalo mau liat cerita lainnya... yang pasti lebih-lebih dari paman gober...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar