Selasa, 10 Mei 2011

macam-macam buta warna(TEST+pics)

Pernah mendengar buta warna kan?? Apakah anda membayangkan orang yang buta warna berarti orang tersebut hanya bisa melihat putih dan hitam? ternyata anda salah tentang buta warna.

Definisi

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.

Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang wanita terdapat istilah 'pembawa sifat' hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna.


Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. 



Buta warna dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu :
    • Buta warna jenis Trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Ada tiga macam Trikomasi yaitu:
    1. Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah
    2. Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.
    3. Tritanomali (low blue) yaitu kelemahan warna biru. Jenis buta warna inilah yang paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya.
    • Buta warna jenis Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, terdiri dari:
    1. Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang.
    2. Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap hijau.
    3. Tritanopia untuk warna biru.
  • Sedangkan Monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis typical dan sedikit warna pada jenis atypical. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.

Mendeteksi buta warna

Umumnya cara yang diginakan adalah dengan mengidentifikasi angka atau huruf dengan latar belakang warna-warna tertentu, misalnya Ishihara test. Pada setiap gambar terdapat angka yang dibentuk dari titik-titik berwarna. Gambar digantung di bawah pencahayaan yang baik dan pasien diminta untuk mengidentifikasi angka yang ada pada gambar tersebut. Ketika pada tahap ini ditemukan adanya kelainan, test yang lebih detail lagi akan diberikan.

Sampai saat ini belum ada tindakan atau pengobatan yang dapat mengatasi gangguan persepsi warna ini. Namun penderita buta warna ringan dapat belajar mengasosiasikan warna dengan objek tertentu.

Dalam mengemudi misalnya, seseorang bisa menghafalkan letak warna lampu rambu-rambu jalan raya. Buta warna bawaan tidak dapat diatasi, tetapi buta wana akita kecelakaan misalnya dapat diantisipasi dengan hati-hati berkendara.

Buta warna banyak menghambat cita-cita, namun demikian buta warna bukan berarti kiamat. Banyak orang yang buta warna berhasil menjadi orang terkenal. Artis terkenal yang mengalami buta warna antara lain adalah Mark Twain, Paul Newman, Meat Loaf, Bing Cosby, Bob Dole



Marilah kita test mata kita apakah buta warna atau tidak? Anda bisa lihat dulu gambar dibawah ini.

Mata normal dan buta warna dapat melihat angka 12

Mata normal melihat angka 56 sedangkan buta warna ngak dapat lihat nomor apapun

Mata normal akan melihat angka 29 sedangkan buta warna akan melihat angka 70

Orang normal malahan nggak bisa lihat apapun akan tetapi buta warna bisa melihat angka 5

Orang biasa n orang buta warna dapat melihat angka 25

Orang normal bisa melihat angka 26, bila kamu ngak bisa melihat angka hijau akan terlihat angka 2, tetapi jika kamu ngak bisa melihat warna merah, akan terlihat hanya angka 6

Mata normal bisa melihat angka 45, sedangkan buta warna tak begitu jelas melihat angka yang tercetak


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar