Jumat, 25 Februari 2011

Yuk Jalan Jalan Ke Akibahara, Pusat Elektronik Terbesar Di Tokyo Jepang

Jadi apa itu Akihabara? Akihabara adalah nama Pusat Elektronik Terbesar di Jepang 

Kalau di Indonesia, perbandingannya adalah Pusat Elektronik Mangga Dua 

Sejarah

Di akhir tahun 1869, daerah Akihabara menderita kerugian besar akibat kebakaran hebat. Kaisar Meiji memerintahkan pembangunan kuil yang dipercaya bisa memadamkan api (chinkasha). Di zaman Edo, penduduk setempat salah mengerti dan mengira di kuil tersebut dipuja dewa Akiha Daigon-gen yang dipercaya dapat memadamkan api. Selanjutnya, orang menyebut kuil dan lokasi di sekitarnya sebagai Akiba-sama atau Akiba-san (Tuan Akiba).

Tanah kosong (bahasa Jepang: hara) di sekeliling kuil dibebaskan dari bangunan agar api tidak menjalar bila terjadi kebakaran. Nama lokasi ini kemudian berubah menjadi Akihabara (tanah kosong di sekeliling Akiba-sama), dan kuil Chinkasha ikut dikenal orang sebagai kuil Akiba. Setelah jalur kereta api melewati tempat ini pada tahun 1888, kuil Chinkasha dipindahkan dan namanya secara resmi diganti menjadi Akiba-jinja (Kuil Akiba).


Akihabara (秋葉原?) atau Pusat Elektronik Akihabara (Akihabara denki-gai) adalah wilayah pusat perbelanjaan yang terletak di sekitar Stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang. Pusat perbelanjaan ini tepatnya berlokasi di kawasan Akihabara, distrik kota Taitō dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chiyoda. Akihabara sering disingkat sebagai Akiba.
Akihabara merupakan pusat dari anime, manga, doujinshi, dan komputer di Jepang, sehingga disebut sebagai surganya otaku di bidang anime, manga, dan permainan video.
Akihabara telah memperoleh pengakuan sebagai pusatnya otaku Jepang (penggemar fanatik) budaya, dan berbagai toko dan perusahaan yang ditujukan untuk anime dan manga sekarang tersebar di antara toko2 elektronik di distrik tersebut



Akihabara juga telah mengalami beberapa pembangunan kembali. Baru-baru ini ada penambahan Crossfield Akihabara kompleks yang bertujuan mempromosikan Akihabara sebagai pusat teknologi elektronik global dan perdagangan, serta renovasi utama Stasiun Akihabara dan sekitarnya.



Potongan Map Distrik Akihabara


Elektronik


Ratusan toko elektronik, mulai dari warung kecil yang mengkhususkan diri menjual komponen elektronik tertentu sampai grosir elektronik besar, dari mulai garis jalan utama Chuo Dori dan jalan-jalan yang ramai di sekitar Akihabara. Mereka menawarkan segala sesuatu dari komputer terbaru, kamera, televisi, ponsel, komponen elektronik dan peralatan rumah untuk barang bekas dan sampah elektronik.
Beberapa toko seperti Sofmap, Ishimaru dan Laox , masing-masing mengoperasikan beberapa cabang khusus di sepanjang jalan utama, sementara toko-toko independen kecil dapat ditemukan di jalan-jalan samping.
Perhatikan bahwa beberapa elektronik penjualan hanya ditujukan untuk digunakan di Jepang karena perbedaan teknis lainnya dan tegangan , dokumentasi bahasa Jepang dan jaminan terbatas. Namun, beberapa toko juga menampilkan pilihan model internasional ditujukan untuk penggunaan luar negeri, dan sebagian besar juga menawarkan bebas belanja untuk wisatawan asing pada pembelian lebih dari 10.000 yen (paspor diperlukan).

keitai
contoh hp keitai (hp yang hanya bisa digunakan di jepang)
setau ane hp keitai itu ga usa diragukan lagi soal kualitas & kecanggihan fitur2nya.

Pusat Anime & Manga

Ciri khas kota Akihabara terus-menerus berubah selama puluhan tahun terakhir. Dalam dekade terakhir Akihabara telah muncul sebagai pusat budaya otaku Jepang dan Anime, serta puluhan toko yang mengkhususkan diri dalam Anime, Manga, Retro video game, Patung-patung, Permainan Kartu dan koleksi lainnya telah mengisi ruang2 diantara toko elektronik.

Selain toko-toko, animasi berbagai perusahaan terkait lainnya telah menjadi populer disana khususnya pelayan kafe (maids) di mana pelayan berdandan dan bertindak seperti pelayan atau karakter anime, dan kissaten manga ("komik kafe"), suatu jenis kafe internet di mana pelanggan dapat membaca komik dan menonton DVD selain memiliki akses ke internet.

suasana


















Toko Toko Terkenal Di Akibahara

1.Ishimaru Denki


Ishimaru Denki mengoperasikan tiga toko dekat Stasiun Akihabara, yang meliputi Toko Utama, cabang Akiba mengkhususkan diri pada komputer dan ponsel, dan cabang penjualan CD Soft, DVD, permainan dan terkait barang anime.

2.Sofmap


Selain toko utama mereka, mereka memiliki banyak cabang khusus yang menampilkan jenis item seperti produk Apple, CD atau permainan, serta sejumlah gerai untuk produk yang digunakan seperti komputer digunakan, kamera, CD dan perangkat lunak

3. Laox

Operasi empat toko di Akihabara, termasuk Toko Utama dan Pocket Plus One mobile produk toko serta cabang Musicvox mengkhususkan diri pada alat musik dan cabang Asobitcity yang membawa hobi dan produk yang terkait dengan permainan.

4. Yamada Denki

Yamada Denki mengoperasikan "Labi" toko tepat di seberang jalan dari Kota Akihabara Electric keluar dari Stasiun JR Akihabara. Spesialisasi dalam personal pc, aksesoris pc dan elektronik rumah tangga.

5. Akky

Akky mengkhususkan diri dalam barang bebas bea dan mengoperasikan tiga toko di sekitar Akihabara Station. Akky menjual berbagai peralatan elektronik untuk digunakan di luar negeri, termasuk kamera, komputer, televisi, pemutar DVD dan perangkat lunak.

6.Radio Market

Pasar radio adalah pasar zona hitam bekas yang khusus menjual radio dan komponen elektronik setelah Perang Dunia II. Hari ini adalah kumpulan dari gang-gang sempit yang dibatasi oleh warung kecil dimana ratusan komponen elektronik, monitor keamanan, radio dan bagian komputer ditata bagi pelanggan untuk menelusuri. Komponen biasanya dijual dari banyak grosir dengan harga murah dan tanpa kemasan.

7.Yodobashi Camera

Yodobashi Camera Akihabara membuka cabang besar pada bulan September 2005. Tidak seperti kebanyakan toko-toko elektronik lainnya, toko ini terletak di sebelah timur Stasiun Akihabara. Cabang ini menawarkan one stop shopping untuk komputer, permainan, jam tangan dan kamera.

8.Pembantu Kafe
Kafe Pembantu adalah cosplay bertema restoran dimana para tamu dilayani oleh pelayan yang biasanya berpakaian sebagai pelayan Perancis. Selain menyajikan makanan, para pelayan terlibat dalam percakapan dan permainan dengan pelanggan dan memperlakukan mereka dengan bahasa peduli dan hormat karena tuan rumah. Pembantu kafe yang populer dengan laki-laki dan perempuan, dan beberapa kafe, seperti @ Home Cafe, menawarkan pembantu berbahasa Inggris.

9.Tokyo Anime Center
Saat ini tertutup untuk pembaharuan!
Tokyo Anime Center ditemukan di lantai empat Gedung Akihabara UDX dari Crossfield. Ini menampilkan pameran anime yang terkait, host acara-acara seperti sesi rekaman suara hidup dan wawancara dengan aktor suara anime, dan berisi toko yang menjual mainan, alat tulis dan souvenir lainnya.

10.Gamers
Jam: 9:00-22:00 (lantai atas 10:00-21:00)
Ditutup: Tiada hari penutupan
Gamers menjual berbagai barang anime dan manga terkait termasuk film, video game, CD, alat tulis, perangkat lunak dan barang karakter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar