Sabtu, 05 Februari 2011

Qingdao Bridge, jembatan terpanjang dan yg pertama memiliki persimpangan di atas air


Jembatan laut terpanjang di dunia dibangun di China timur, Provinsi Shandong. Jembatan yg memiliki persimpangan ini menghubungkan pusat kota Qingdao ke Yellow Island dan Red Island, sehingga membuat akses ke wilayah tersebut menjadi cepat dan mudah.








Panjang total jembatan ini lebih dari 40 kilometer, dan akan mempersingkat perjalanan dari Qingdao ke Yellow Island hampir 30 kilometer, menghemat waktu sampai 20 menit dibanding perjalanan menggunakan Jalan Tol Teluk Jiaozhou.

Jembatan baru selesai telah menetapkan beberapa rekor dunia. Jembatan ini adalah jembatan trans-samudera terpanjang dalam tahap pembangunan, dan yang pertama memiliki persimpangan di atas air. Jembatan enam jalur jalan ini hampir 5 kilometer lebih panjang dari pemegang rekor sebelumnya -Danau Pontchartrain Causeway di negara bagian Amerika Louisiana-.








Persimpangan Red Island memungkinkan pengendara mudah mengakses ke salah satu Qingdao atau Yellow Island.

Jembatan ini dibangun hanya dalam waktu 4 tahun dengan biaya US $ 8,6 miliar. Setidaknya 10.000 pekerja bekerja keras dalam dua tim setiap jam untuk membangun jembatan, yang dibangun dari ujung yang berbeda dan dihubungkan di tengah dalam beberapa hari terakhir. Dengan 450.000 ton struktur baja didukung oleh 5.200 kolom dan cukup kuat untuk menahan gempa berkekuatan 8 SR, topan atau dampak dari kapal 300.000 ton.











Cina telah menjadi rumah bagi 7 dari 10 jembatan terpanjang di dunia.
Dan dengan Beijing menyuntik dana bermilyaran untuk meningkatkan infrastruktur China, Qingdao Haiwan Bridge tidak akan menjadi jembatan laut terpanjang di dunia untuk waktu yang lama. Pada bulan Desember 2009, pekerjaan pembangunan jembatan 31 mil yang akan menghubungkan Zhuhai di Provinsi Guangdong selatan, jantung manufaktur China, dengan pusat keuangan Hong Kong. Proyek £ 6,5 milyar (ini dalam Euro, tadi Dollar US) diharapkan akan selesai pada tahun 2016.




*dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar