Jumat, 08 April 2011

Ditjen Pajak: Walau Ada Kasus Gayus, Masyarakat Tetap Percaya


hxxp://us.detikfinance.com/read/2011/04/08/112405/1611654/4/ditjen-pajak-walau-ada-kasus-gayus-masyarakat-tetap-percaya?f9911013

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyatakan kepercayaan masyarakat meningkat walaupun lembaga pemungut pajak ini tengah diserang habis-habisan oleh kasus makelar pajak Gayus Tambunan.

Kepala Subdit Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemantauan, Liberti Pandiangan mengatakan kepercayaan masyarakat yang meningkat terlihat dari naiknya laporan SPT wajib pajak hingga 31 Maret 2011 lalu yang meningkat 30%.

"Kondisi itu terlihat dari tercapai atau tidak angka SPT tadi. Walaupun ada kasus gayus tapi kepercayaan meningkat. Pertumbuhan SPT lebih tinggi dari jumlah wajib pajak," ujar Liberti di kantor pusat Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (8/4/2011).

Liberti mengatakan pihaknya sempat was-was jumlah laporan SPT wajib pajak menurun akibat kasus-kasus pajak yang tengah jadi sorotan.

"Jadi itu tadi artinya selama 1 tahun terakhir, bahwa sempat kita was-was akan jumlah SPT yang masuk terkait kondisi eksternal. Ternyata masyarakat itu rasional melihat," jelas Liberti.

Dia mengatakan, tidak semua pegawai Ditjen Pajak mempunyai sikap yang sama dengan Gayus. Sehingga masyarakat harus rasional menilai kasus-kasus yang terjadi.

"Awalnya kita targetnya SPT ini agak konvensional ke moderat yaitu tumbuh 25%. Dengan asumsi pertumbuhan wajib pajak 20%. Eh ternyata bisa tumbuh 30%. Ini kan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan setoran pajak meningkat," tukas Liberti.

===== 

coba bikin survey sama masyarakat
btw msyarakat bayar pajak karena keharusan kalau ada pilihan gk boleh bayar pajak mungkin pada gk bayar daripada dimakan sama gayus duitnya
masyarakat sptnya sudah pasrah biar di atas yang membalas

1 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Zaskia Gotik

    BalasHapus