Kamis, 17 Maret 2011

Kios-kios makanan (Yatai) ala jepang


Makanan udara terbuka Fukuoka's stand (Yatai) yang mungkin terbaik diketahui simbol kota. Ada lebih dari 150 Yatai di seluruh kota, dengan konsentrasi tertinggi di kabupaten Nakagawa dan Tenjin terletak di pusat.

Hidangan khas untuk dinikmati di Yatai adalah tusuk sate ayam panggang (yakitori), panci panas (Oden) dan paling terkenal Hakata Ramen, mie hidangan lokal yang menampilkan mie ramen relatif tipis dalam sup tulang babi berdasarkan (tonkotsu).

Berbagai minuman beralkohol juga tersedia, dan membantu membuat Yatai tempat yang tepat untuk berhubungan dengan penduduk setempat, meskipun banyak dari "penduduk setempat" kebetulan wisatawan Jepang yang berkunjung ke Fukuoka dari daerah lain di Jepang.

Yatai biasanya buka dari sekitar 6:00 sampai sekitar 02:00, kecuali bila cuaca sangat buruk. Banyak stand tetap tertutup pada hari minggu. Hari penutupan bervariasi dari stand ke stand


Tempat terbaik untuk kunjungan Yatai berada di sepanjang Sungai Naka di sekitar kawasan hiburan Nakasu, yang terletak di sebuah pulau kecil di Sungai Naka. Stasiun kereta bawah tanah terdekat Nakasu Kawabata Station dan Tenjin Station.



Yatai adalah warung makan yang biasanya beraktifitas di musim semi di pinggir - pinggir jalan. Biasanya berjualan pada sore hari dan tutup pada malam hari atau bahkan biasanya ada yang sampai subuh.



Makanan yang mereka jual biasanya makanan tradisional Jepang , bir dan sake. Yatai ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Jepang, namun Fukuoka menjadi tempat yang paling terkenal akan Yatai ini. Biasanya makanan yang mereka sajikan adalah Yakitori, Oden dan Hakata Ramen yang merupakan makanan kebanggaan bagi masyarakat di Fukuoka.



Makan di Yatai merupakan sebuah pilihan alternatif yang bagus dari pada makan di restoran apabila memperbandingkan harga, karena makan di yatai ini relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di restoran. Ya hampir sama dengan warteg di Indonesia. Walau murah meriah, namun soal kebersihannya sudah terjamin, karena telah mendapat izin dari pemerintah kota di Jepang.


video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar