Selasa, 08 Maret 2011

DKI Siapkan 3 Rute Penghubung TransJakarta

Bus ini diyakini bisa memudahkan warga mencapai jalur busway


VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta akan mewujudkan pengoperasian feeder busway atau bus penghubung untuk TransJakarta. Upaya ini dilakukan agar warga mudah mencapai busway.
Ada tiga rute bus penghubung yang akan segera dioperasikan. Mulai dari Sentra Primer Barat (Puri Kembangan-kantor Walikota Jakarta Barat), Tanah Abang-Balaikota, dan kawasan Sudirman Center Business Distric (SCBD)-Senayan. 

Ada 15 unit bus penghubung yang akan disediakan pada tiga rute itu. Sistem pengoperasian bus akan terintegrasi penuh dengan bentuk rute feeder melingkar (looping) untuk memudahkan pengoperasian.

"Disediakan 15 unit bus sambil mengevaluasi pelaksanaannya,” ujar Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Senin 7 Maret 2011. 

Lelang pengadaan bus akan dilakukan pada April nanti, dengan tiga paket pengerjaan. Paket investasi, paket operator, serta paket pemeliharaan bus. 

"Tidak akan mengubah trayek angkutan umum yang telah ada. Secara kelembagaan akan terpisah dengan BLU TransJakarta," katanya.

Dengan bus penghubung ini, akan memudahkan mobiliasasi warga Jakarta tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah penumpang bus TransJakarta yang kini sudah mencapai 300 ribu per hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar